Tahu Kapasitas Diri Sendiri itu Penting Banget!

Saya lagi gandrung banget sama dunia bookstagram. Entah kenapa jiwa untuk posting di akun instagram buku ini malah lebih all out dibanding dua akun saya sebelumnya 🙈 Sampai-sampai rela beli properti foto haha. Tapi ada hikmahnya juga sih kalau ada job lain kan propertinya bisa saya pakai juga *eh. Eh intinya sih bukan mau ngomongin […]

Momen Tak Terlupakan Bersama Pesona Palutungan dan Smartphone Impian

Foto di atas adalah perjalanan waktu saya dan keluarga ke Palutungan, Kuningan, Jawa Barat. Indah kan? Iya, emang indah banget. Di kaki gunung, nanjak, dengan pemandangan depan kanan kiri yang amat menakjubkan. Belum lagi jalan sama orang-orang yang kita sayang dan jarang ketemu pula. Sungguh nikmat Tuhan mana lagi yang harus kudustakan? Ya, saya memang […]

Jenuh Ngeblog Beserta Tips di Kala Jenuh Melakukan Passion

Teman-teman pernah nggak sih ngerasa blogger block? “Apaan tuh?” Ya kayak writer block gitu lho hehe. Entah karena memang malas nulis, nggak ada ide, atau memang karena ya nggak tahu juga kenapa bisa tiba-tiba nggak ada semangat nulis. Kalau saya jelas pernah banget. Buktinya bulan Juni kemarin saya cuma bisa menghasilkan dua tulisan aja huhu. […]

Tidak Ada yang Namanya Tidak Sempat

Waktu saya masih aktif di grup Komunitas Bisa Menulis, saya pernah kirim tulisan. Puisi kalau nggak salah sih. Setelah dikasih kritik dan saran, ada salah satu nasihat guru saya yang menancap sekali sampai sekarang. Mungkin karena pesan ini terlalu nonjok haha. Saya agak lupa pesan pastinya, yang jelas saya disuruh baca gitu deh. Tapi saya […]

Apa yang Kita Tulis, Tidak (Selalu) Sama di Mata Pembaca

Saya makin yakin kalau perbedaan di antara manusia itu bukan kalimat klise. Tapi memang nyata adanya. Kita diciptakan dengan otak yang berbeda. Maka persepsi yang timbul pun akan berbeda juga. Termasuk urusan “bahwa apa yang kita tulis, tidak (selalu) sama di mata pembaca.” Rasanya mustahil untuk membuat orang punya persepsi sama dengan kita. Pasti akan […]