Thursday, 15 June 2017

Thursday, June 15, 2017 24

Menekan Pengeluaran di Bulan Ramadhan

Dibanding bulan-bulan lain, saya akui kalau bulan puasa ini sepertinya lebih boros. Apalagi sejak hari pertama puasa, saya memang nggak masak sendiri alias beli jadi buat buka puasanya suami (FYI, Ramadhan ini saya memang nggak puasa karena hamil dan melahirkan). Otomatis pengeluaran pun lebih membengkak. Ya iya, kalo dalam sehari yang dibeli takjil, makanan nasi, dan makanan-makanan lainnya bisa habis berapa tuh huhu. Untungnya sih ini cuma berapa hari aja, karena awal Juli kemarin saya sudah hijrah ke rumah mertua hehe.

Tapi tetep dong ya, pengeluaran keluarga sendiri pasti ada aja. Nggak peduli dimana pun. Nah biasanya kalo udah gini, kita harus dituntut untuk pintar-pintar memenej keuangan supaya nggak jebol pas lebaran. Nggak lucu dong ya pas lebaran, uang malah habis tak tersisa akibat pengeluaran yang nggak bisa dikontrol. 

Menekan pengeluaran di bulan Ramadhan

So, kalo sudah begitu pengeluaran harus ditekan. Biasanya saya terapkan cara seperti ini:

💁 Catat dan Beli hanya yang dibutuhkan 

Setiap kali mau belanja, saya pasti catat list dulu apa yang dibutuhkan. Supaya pas sampai di tempat, saya bisa fokus belanja yang ada di list dulu. Kalau nggak gini, dijamin nggak terkontrol karena bisa saja tergiur yang lain-lain padahal barang itu belum dibutuhkan.
Trus gimana kalo kita punya keinginan yang lain? Like jajan-jajan misalnya? Ya dilihat dulu, sekiranya belanjaan kita tidak over budget, bolehlah ambil satu dua tambahan. Asal tetap dengan catatan bahwa jangan sampai pengeluaran jadi membengkak karena lebih banyak keinginannya daripada kebutuhannya. 

😍 Memanfaatkan promo atau diskon
Siapa sih yang nggak suka promo atau diskon? 😆 Pasti semua suka dong ya. Begitu pun saya. Nah kalau saya tahu ada promo, biasanya nggak bakal saya sia-siakan. Apalagi kalau barangnya memang saya butuhkan.
Salah satunya promo #PakRahmatdiAlfamart. Jadi, Pak Rahmat ini adalah singkatan dari Paket Ramadhan Hemat. Dengan promo Pak Rahmat, kita bisa belanja minimal 75.000 dari produk sponsor (lihat flyer di bawah), maka kita pun bisa tebus murah Wafer Tango, Nissin, Nabati, Sirup ABC, Marjan, Minyak Goreng, dan kurma senilai 500 rupiah saja! Iyes, kapan lagi bisa tebus wafer sekaleng, sirup, minyak goreng, dan kurma seharga 500 perak kan 😍
Saya sendiri hari Minggu kemarin sudah belanja dan nebus 500 rupiah Wafer Nissin. Lumayan, buat lebaran hehe 😆
Selain bisa tebus murah 500 rupiah dari promo Pak Rahmat, kita juga bisa langsung mengikuti racing poin dan berkesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti mobil, motor, kamera mirrorless dan masih banyak hadiah lainnya. Caranya cukup dengan mendaftarkan email dan submit kode unik yang ada di ekor struk. Info lebih lengkap mengenai Loyalti Program Racing Poin Pak Rahmat ini bisa langsung dibaca di sini ya.

‌😇 Memikirkan hari esok

Maksudnya apa? Jadi gini, kalau kita sadar bahwa hari esok masih ada, otomatis kita tidak akan menghambur-hamburkan uang hari ini, dengan kata lain kita bisa menyiapkan tabungan untuk hari esok. Toh tabungan memang tetap perlu kan. Apalagi di hari lebaran nanti biasanya kita yang sudah dewasa juga harus bagi-bagi THR pada anak, keponakan, sepupu, dan lain-lain. Nah jangan sampai uang keburu habis sebelum lebaran tiba huhu. Dan di bulan Ramadhan memang seharusnya kita bisa berbagi kan 😊

So, poin intinya adalah kita harus mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Juga memiliki kesadaran akan hari esok, agar kita tetap bisa menabung dan berbagi pada saudara dan orang lain yang membutuhkan 😊

Monday, 12 June 2017

Monday, June 12, 2017 14

Pocky, Share Happiness di Bulan Ramadhan

Bagaimana puasanya hari ini muslim, muslimah? Semoga masih lancar ya 😊 Alhamdulillah kita sudah masuk hari ke 17 Ramadhan 😍 Nggak terasa sudah setengah bulan kita jalanin Ramadhan.

Saya sedih tahun ini cuma bisa puasa di hari pertama aja karena hamil dan menyusui. Dokter kandungan saya pun tidak mengizinkan saya puasa dengan alasan berat badan bayi sempat kurang, plus mau melahirkan juga, jadi butuh banyak asupan makan dan minum supaya nantinya kuat saat melahirkan. Ya demi dua bayi juga sih, semoga Allah memahaminya dan kelak saya bisa menggantinya 🙏

Ramadhan tahun ini saya memang nggak ada persiapan apa-apa selain persiapan lahiran hehe. Dan Alhamdulillah nya tanggal 8 Juni kemarin bayi kedua saya sudah lahir 😍 Pas juga lagi di rumah mertua hehe. So, Ramadhan ini saya bisa bener-bener fokus melahirkan aja. Soal makanan pun sudah siap semua 🙈 Tapi biasanya kalau pun puasa, saya nggak banyak makan berat. Yang penting bagi saya adalah  harus ada cemilan 😂 Yes, puasa nggak puasa saya lebih doyan ngemil. Wajar kalo jadinya suka jajan juga 🙈 

Pocky, stik premium Jepang dengan berbagai varian rasa

Ngomongin cemilan, saya baru nemu satu cemilan yang asyik banget buat dimakan, yaitu Pocky 😍 Sudah pada tahu kan ya? Pocky ini biskuit stik premium Jepang yang berbalut krim warna-warni dan punya berbagai varian rasa. Seperti Pocky Chocolate, Pocky Strawberry, Pocky Matcha, Pocky Double Chocolate, Pocky Vanilla Cocoa, dan Pocky Choco Banana. Saya sendiri paling suka yang Double Chocolate hehe. Cokelatnya berasa banget deh. 
Kelebihannya, Pocky dibuat dengan teknologi khusus, yang menjadikannya biskuit unik tanpa remah (no crumbs), pas dibawa dalam kantong (pocketable), dan cocok untuk dibagi dan dinikmati bersama (shareable). 

#PockyInMyPocket

Nah di bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Pocky biskuit stik premium Jepang, dari PT. Glico Indonesia ini hadir dengan kampanye #PockyinMyPocket. Kampanye ini bertujuan untuk memudahkan kita ketika harus buka puasa di jalan atau ketika kondisi yang tidak ideal padahal azan sudah berkumandang. Buka puasa di tempat umum seringkali kan ada aja ya kendalanya, misalnya tidak ada tempat untuk membeli makanan dan minuman, khawatir tangan menjadi kotor atau berminyak, atau takut makanan akan mengotori pakaian atau merusak penampilan. Tapi dengan kelebihan  Pocky yang dibuat dengan teknologi khusus yang sudah dijelaskan di atas, Pocky sangat bisa jadi pilihan karena kita nggak perlu lagi khawatir mikirin tangan yang kotor karena di bagian bawah stik Pocky terdapat bagian biskuit yang tidak terkena lapisan cokelat sehingga tangan akan tetap bersih dan tidak mengotori pakaian maupun make up kita 😍

Apakah Pocky halal? 

Beberapa waktu lalu sempat santer berita kalau Pocky ini diragukan kehalalannya. Tapi sekarang Pocky sudah memegang sertifikat Halal dari CICOT Thailand sejak awal hadir di Indonesia pada tahun 2014. Dan juga sudah mengantongi sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk seluruh merek produk yang sudah dan sedang dijual di Indonesia, yakni Pocky, PRETZ dan Pejoy. Supaya masyarakat Indonesia lebih yakin dan tenang lagi dalam mengonsumsi produk, mulai pertengahan tahun 2017 Pocky akan menambahkan logo Halal pada seluruh kemasan yang sedang dan akan dijual di seluruh Indonesia. Alhamdulillah 😊

So, dengan bentuk biskuit stik Pocky yang khas, membuat kita mudah untuk berbagi dengan keluarga, teman-teman dan orang terdekat lainnya. Berbuka bersama sambil curhat tentang serunya aktivitas ngabuburit sebelum berbuka, bisa meningkatkan kebersamaan dan menambah kebahagiaan, sesuai dengan tujuan Glico, share happiness! 🙆

Wednesday, 7 June 2017

Wednesday, June 07, 2017 9

5 Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan di Dalam Grup Komunitas

Kamu tergabung dalam komunitas nggak? Ada berapa sih komunitasmu? Terus komunitasmu membuat sebuah grup di media sosial nggak? 

Kayaknya sekarang komunitas udah nggak asing lagi ya. Apalagi (biasanya) digunakan memang untuk mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama. Nah di era media sosial ini sudah bisa dipastikan kalau komunitas juga membuat grup di media sosial. Ya apalagi kalau bukan untuk kemudahan komunikasi dari para anggotanya.

Tapi teman-teman pernah kepikiran nggak sih, kalau ternyata ada hal yang sebaiknya sih nggak dilakukan di dalam sebuah grup komunitas? Bahkan beberapa memang jangan dilakukan. Kalau saya kumpulkan, mungkin jadinya seperti ini:

5 Hal yang sebaiknya tidak dilakukan di dalam grup komunitas:

🙅 Membicarakan komunitas lain yang sejenis
Nggak semua grup komunitas menerapkan aturan supaya anggotanya tidak berbicara komunitas lain. Tapi saya merasa justru aturan ini ada benarnya. Misalnya kita bergabung di grup komunitas menulis A. Di sisi lain kita juga gabung di komunitas menulis B. Nah sebaiknya di dalam masing-masing grup tersebut tidak saling membicarakan. Seperti membanding-bandingkan, "di komunitas menulis A bla bla bla. Kok di sini (komunitas menulis B) begini ya?" "Di komunitas menulis B saya dapat ini. Kok di sini (komunikasi menulis A) nggak dapat?" Intinya sejenis itulah. Paham kan ya 😁  Karena pada dasarnya setiap komunitas pasti dibentuk karena memiliki visi misi sendiri. Mungkin jenisnya sama, tapi tidak bisa dibandingkan juga. Lagi pula rasanya tidak elok. Apalagi jika kita memang secara sadar yang memilih sendiri untuk bergabung di dua komunitas sejenis dan kita sudah tahu aturan-aturan apa yang ada di dalamnya. 

🙅 Share berita Hoax, SARA, dan pornografi. 
Kalau ini sih memang seharusnya jangan dilakukan dimana pun. Baik di dalam grup komunitas maupun di luar (media sosial sendiri). Jadi coba sebelum berbagi, ditabayyun (ditelaah) apakah berita itu memang benar. Dan jangan sekali-kali untuk berbicara SARA seperti menjelek-jelekkan ras, suku, atau agama apapun bahkan yang menimbulkan kebencian. Apalagi menyebarkan konten pornografi dengan sengaja, duh jangan deh! 

🙅 Menjelek-jelekkan komunitas itu sendiri
Agak lucu ya, kita memilih bergabung di sebuah komunitas, tapi kita juga menjelek-jelekkan komunitas tersebut apalagi secara langsung di dalam grupnya. Duh ya mending out aja kalau menurutmu komunitas itu nggak ada baik-baiknya 😛

‌ 🙅 Adu domba
Hampir sama seperti poin nomor 2. Jangan sekali-kali mengadu domba orang lain atau bahkan sesama anggota grup. Kalau memang ada masalah, lebih baik selesaikan secara pribadi. Dan sebaiknya sih memang tidak perlu membawa masalah pribadi ke dalam grup. 

‌🙅 Screenshot obrolan di dalam grup dan disebarkan ke grup lain atau media sosial.
Ada lelucon "omongan emang nggak bisa dipegang, tapi bisa discreenshot."  Menurut saya, ini sudah ranah tidak sopan. Apapun alasannya, mau untuk kebaikan sekalipun, kalau kita mengambil omongan orang secara sembarangan tanpa izin, menurut saya sudah tidak sopan. Apalagi jika sedang membicarakan masalah dan grup itu  sifatnya privasi atau tertutup. Huhu sangat tidak sopan sampai di sebar di grup lain atau media sosial. Ya lagi-lagi kalau kita punya masalah lebih baik diselesaikan secara pribadi dan tidak mengumbarnya ke luar grup. 

Yah, grup komunitas memang bisa jadi hiburan. Tapi jangan sampai ada hal-hal yang tidak elok untuk kita lakukan. Kembali lagi, era media sosial ini memang sangat dituntut untuk lebih bijak menggunakannya 😊

Kamu sendiri, punya tambahan nggak? Kira-kira apa sih yang sebaiknya tidak dilakukan di dalam sebuah grup komunitas? Share di komen ya. Mau bikin postingan sendiri juga boleh 😊

Sunday, 28 May 2017

Sunday, May 28, 2017 7

Acara TV Lokal yang Pernah Jadi Favorit Saya

Televisi, aih rasanya sudah lama saya nggak nonton TV. Padahal mah baru awal Mei kemarin nonton TV di rumah mertua hihi. Maklum karena di rumah nggak ada TV, jadilah nonton TV nya kalau lagi di rumah mertua aja 😁
Sebenarnya pilihan saya sendiri sih nggak mau ada TV di rumah. Dan saya sudah terbiasa tanpa TV sejak TV di rumah orang tua dulu rusak. Plusnya lagi biar hemat listrik hehe, dan biar lebih fokus aja lagian udah nggak ada acara yang seru. Fokus ngurus rumah, anak, suami.  Hiburan? Tinggal buka media sosial dan internet aja karena udah terhubung WiFi hehe. So, liburan saya sekeluarga ya memang cuma dari koneksi internet aja 😋

Saya jadi inget waktu TV di rumah orang tua belum rusak, ada beberapa acara TV yang saya suka banget. Bahkan hampir setiap tayang rasanya nggak pernah ketinggalan. 

Ini dia acara TV lokal yang pernah jadi favorit saya:

😍 Paradiso
https://twitter.com/paradisotrans7
Ada yang tahu nggak acara ini? Dulu tahun 2010 tayang di Trans 7 setiap hari Sabtu jam 4 atau 5 sore (kalau nggak salah hehe). Tentang apa? Tentang pantaaaai dan lauuuut. Haha iyess saya suka banget kan sama pantai dan laut. Dan Paradiso ini selalu mengexplore laut-laut yang ada di Indonesia! Percaya atau tidak, acara ini pula yang manambahkan rasa cinta saya pada laut. Laut-laut di Indonesia ternyata memang tidak ada duanya. Dan acara ini kadang menayangkan pulau dengan laut-laut indah yang jarang terjamah wisatawan alias masih sepiiii. Aduuh, sayangnya acara ini nggak bertahan lama hiks. Ada sih Jejak Petualang, tapi entah kenapa Paradiso lebih menarik. Mungkin karena lebih fokus ke pantai dan laut aja kali ya.


😎 Kacamata
credit: http://archive.tabloidbintang.com/film-tv-musik/ulasan/10366-kacamata-trans-7-menjadikan-hal-hal-sepele-terasa-penting.html
Kalau ini acara yang dipandu Indra Herlambang dan tayang di Trans 7 tahun 2010an juga. Tentang apa ya, pokoknya tentang pertanyaan penting atau sepele yang diajukan Indra kepada orang-orang di sekitar, dan seringkali jawabannya tuh lucu atau ngawur :D Nah dari jawaban-jawaban itulah yang bikin acara ini menghibur banget. Saya kalau udah nonton ini nggak mungkin nggak ketawa :v Ditambah Indra Herlambang sebagai host juga emang berpembawaan ceria dan lucu, jadi ya klop aja 😀

👀 John Pantau
http://olinep.blogspot.co.id/2011/11/nama-lengkap-john-martin-tumbel-nama.html
Selain Kacamata, acara ini nggak kalah seru dan lucu. Jadi biasanya John akan memantau orang-orang yang melanggar peraturan. Dan kalau ditanya, jawaban orang-orang itu biasanya ngeles bin ngawur dan lucu. Agak nyeleneh sih kadang, karena seringkali orang-orang yang melanggar peraturan ini nggak diblur wajahnya dan kasihan jadinya huhu.

👨 Mario Teguh Golden Ways
credit: https://seleb.tempo.co/read/news/2016/10/05/219809895/terjawab-siapa-yang-hentikan-acara-mario-teguh-golden-ways
Siapa yang nggak tahu acara ini sih? Hehe. Terlepas dari kontroversinya kemarin, beliau adalah salah satu tokoh favorit saya. Kata-katanya selalu bijak dan menghangatkan. Makanya saya nggak pernah ketinggalan acara MTGW yang ditayangin di Metro TV setiap Minggu jam 7 malam ini. Temanya selalu seru. Apalagi sebelum acaranya ditutup, ada sesi curhat yang kadang lucu, atau sedih. Saking favoritnya, saya sampai bela-belain dari Bekasi ke Metro TV di Jakarta demi menonton secara langsung di studio 😌

👨 Kick Andy
http://www.remotivi.or.id/amatan/10/Delusi-Kick-Andy
Nah ini satu-satunya acara yang masih tayang sampai sekarang di Metro TV setiap hari Jum'at malam. Acaranya memang bermanfaat banget. Dari mulai wawancara tentang hiburan, pendidikan, film, sampai hal-hal yang berbau melow atau sedih. Sayangnya saya nggak pernah kesampaian untuk nonton langsung di studio hiks. Padahal kalau nonton langsung bisa dapat buku gratis. Pernah sih kebagian diundang, tapi pas saya udah menikah dan di Surabaya, hiks 😑 Tapi saya sempat ikutan undian bukunya, dan dapat *yey. Waktu itu saya dapat buku Kreatif Sampai Mati nya Wahyu Aditya. Pas masih kerja sih suka mantengin websitenya buat ikut undian, tapi eh kesini-sini udah nggak pernah 😁

💅 Acara masak-memasak
https://alviansyahkuswidyatama.wordpress.com/2016/04/08/edisi-nostalgia-acara-memasak-yang-pernah-tayang-di-tv-tahun-90-an-awal-2000an/
Acara yang nggak kalah saya favoritkan dari dulu (bahkan mungkin sampai sekarang kalau masih ada TV) adalah acara masak-memasak. Dari mulai acara Aromanya Sisca Suwitomo, Rudi Chaeruddin, Masakan Nusantara, sampai acara-acara terbaru kayak Gula-gula, Ala Chefnya Farah Quinn, sampai kompetisi masak kayak Master Chef Indonesia dan Iron Chef (di Indosiar). Walaupun cuma sedikit banget yang pernah saya praktekkin sih haha tapi saya suka aja nonton semua acara berbau memasak 😍

Kuis-kuisan
http://www.hipwee.com/hiburan/10-ragam-kuis-lawas-yang-sempat-membantu-wawasanmu-jadi-semakin-luas/
Ini juga favorit dari dulu. Saya suka banget nonton berbagai macam kuis. Komunikata, Family 100, Benar/Salah (di Trans TV), Who Wants to be a Millionaire, Siapa Berani, dan banyak kuis lainnya yang saya lupa banget nama-namanya. Selain menghibur, kadang kuis ini juga menambah wawasan dari pertanyaan-pertanyaannya yang ilmiah dan serius.

Wah ternyata acara TV zaman dulu seru-seru ya. Entah kemana semua acara yang bermanfaat itu dan sudah nggak tayang lagi hiks. Semoga ke depannya, TV lokal lebih memperhatikan tayangan-tayangannya. Jangan sampai komplain tentang kurangnya acara yang mendidik terus berdatangan dan membuat semua orang jadi beralih ke TV kabel huhu.

Kalau kamu, acara TV lokal yang jadi favoritmu apa sih? 😀

Jangan lupa juga simak acara TV favorit punya Mbak Diah di sini dan Mbak Liza di sini.

Monday, 22 May 2017

Monday, May 22, 2017 6

Mudahnya Liburan dengan Satu Paket

Saya pernah cerita kalau saya suka banget sama laut. Entah kenapa di mata saya, laut itu selalu memesona dan memukau. Meskipun panas, tetep aja melihat hamparan biru yang luas itu bikin hati tenang dan bahagia :)


Saya juga bersyukur banget bisa lahir dan tinggal di Indonesia yang terkenal dengan negara agrarisnya (perairan). Itu artinya Indonesia punya buanyak sekali pantai dan laut. Dan salah satu yang jadi impian saya dari dulu adalah bisa mengunjungi Pulau Lombok. Why Lombok? Karena pesona pantai dan laut di Lombok itu sungguhlah luar biasa. Duh kalau saya lihat foto teman-teman yang sudah pernah berkunjung ke Lombok, masya Allah deh pemandangannya. 
credit: http://www.tipswisatamurah.com/2015/08/mengenal-keindahan-pulau-lombok-ntb.html
Bahkan dibanding Pulau Bali, rasanya Lombok yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini lebih menggoda buat saya. Yang mana Bali itu kesannya kan udah biasa ya, tapi Lombok yang terletak di pedalaman ini menawarkan sesuatu yang bisa memanjakan mata banget. Duh belum juga ke sana, tapi saya udah bisa bayangin bagaimana keindahannya hiks. Makanya saya kepingin banget bisa liburan ke sana sama keluarga. Whua pasti seru! Aamiin. 

Nah ngomongin liburan, hal pertama yang pasti dilakukan adalah harus mulai booking tiket pesawat untuk transportasi ke sana. Plus hotel untuk penginapannya. Sayangnya, kebanyakan dijual terpisah. Harus booking tiket pesawat sendiri, tiket hotel sendiri. Jadi kayaknya bakal makan waktu banget. Ada nggak sih yang langsung digabung aja gitu?

TERNYATA ADA LHO! 

Saya sudah lihat di Traveloka, kalau mereka membuka pemesanan tiket plus hotel sebagai 1 paket! Saya coba buka disini. Misalnya saya coba order untuk saya dan suami, serta 2 bayi (anak saya sebentar lagi kan dua hehe).
Setelah itu, klik Cari Paket yang ada di bagian bawah sebelah kanan (di bawah tulisan Kamar). Nah, nanti muncul deh pilihan-pilihan paketnya. 


Udah deh, tinggal saya pilih mau paket yang mana.

Dengan adanya paket tiket pesawat plus hotel ini, jelas banget kita bisa dapat beberapa keuntungan:
  • Paket tiket+hotel ini mudah digunakan, jadi sekarang kita nggak perlu lagi memesan tiket dan hotel secara terpisah. Pastinya ini akan menghemat waktu sekali karena lebih efektif bila langsung dijadikan satu paket.
  • Kalau dilihitung-hitung, dengan dijadikan satu paket harganya lebih murah dibanding kalau kita pesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Nah kalau lebih murah, sisa uangnya kan bisa untuk jajan-jajan pas wisata di sana atau ditabung hehe.
  • Pembayarannya pun mudah, karena tersedia banyak metode pembayaran :)

Gimana? Asyik banget kan! 

Itu baru simulasi aja sih hehe. Tapi saya jadi punya gambaran kalau nanti sudah benar-benar mau liburan :)) Aaiih, jadi nggak sabar pengen cepet-cepet liburan :))

Teman-teman ada yang punya rencana liburan juga nggak? Boleh banget tuh dicoba. Selain mudah, kita pun mendapatkan banyak keuntungan :)

Friday, 19 May 2017

Friday, May 19, 2017 12

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Dimarahi

Saya punya pengalaman nggak enak tentang dimarahi. Pastinya dimarahi orang tua ya, secara kalau di luar rumah saya jarang banget bikin ulah yang gimana-gimana sampai harus dimarahi hehe.
via Pixabay
Dulu sih cuma bisa ngedumel aja, duh kenapa sih aku harus dimarahi? Tapi kalau dipikir sekarang, ada benarnya juga kata orang tua dulu, "kalau orang tua marah, tandanya sayang." Dan ya iya, dimarahi itu tandanya kan ada sebab. Mana pula kalau anaknya baik-baik aja kita dimarahi. Ya kan? Yeah, saya sadar, selama marah itu memang dibutuhkan dan yang penting tidak menyakiti fisik pun mental (dengan menghardik anak dengan kata-kata buruk misalnya) rasanya sah-sah saja kalau kita dimarahi 😁

4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Dimarahi

So, misalnya saya ada di samping diri saya yang sedang dimarahi dulu, mungkin 4 hal ini yang akan saya bilang ke diri saya sendiri:
1. Bersabar
Ini harus ada di posisi pertama. Kenapa? Karena dengan bersabar, kita akan lebih bisa menerima dan tidak membalas orang tua atau orang yang memarahi kita dengan emosi atau kata-kata kasar. Karena bila emosi dibalas dengan emosi, suasana pasti akan menjadi semakin panas dan perang dunia ketiga bisa jadi tidak terhindarkan

2. Cari tahu sebab kenapa bisa dimarahi
Kenapa bisa dimarahi? Ini PASTI ada sebabnya. Apakah kita lalai, apakah kita melakukan kesalahan, atau apapun yang intinya sikap kita memang sudah keliru. Kalau memang kita salah, ya AKUI. Tapi kalau tidak, kita bisa jelaskan dengan baik-baik pada orang yang sedang memarahi kita ketika kondisinya sudah tenang. Yap, jangan coba menjelaskan sesuatu pada orang yang sedang emosi. Karena percuma, orang yang sedang dikuasai emosi biasanya tidak bisa berpikir jernih. Jadi tunggulah sampai kondisi hatinya lebih tenang agar suasananya lebih kondusif untuk berbicara baik-baik. 

3. Introspeksi diri
Setelah kita tahu kesalahan kita, apalagi kalau bukan waktunya introspeksi diri. Barangkali kita merasa sikap kita tidak salah, tapi terkadang orang juga bisa menilai sejauh mana sikap kita keliru atau tidak. Jadi ya tidak ada salahnya mulai berbenah diri dengan mengakui kesalahan dan mulai introspeksi sikap-sikap yang dirasa keliru 😊

4. Ambil hikmahnya 
Segala hal di dunia ini pasti mengandung hikmah. Percaya atau tidak, kejadian buruk atau masalah dan ujian yang menimpa kita pun pasti ada pelajaran yang bisa kita petik dibaliknya. Tergantung kita yang mau mencoba lebih peka atau tidak 😊 Dengan kepekaan insya Allah sikap kita ke depan pun bisa lebih hati-hati dan lebih baik 😊

Yah, dimarahi memang tidak enak sih. Maka itu, sebelum kita dimarahi ya sebaiknya kita juga tidak memarahi orang. Selama masih bisa dikomunikasikan dengan baik, kenapa harus marah? Ya nggak? 😁

Nah kalau menurut kamu sendiri, bagaimana sikap yang seharusnya saat kita dimarahi? 

Baca juga tulisan Mbak Diah di sini dan Mbak Liza di sini.

My Community

kumpulan-emak-blogger Warung Blogger Blogger Perempuan Blogger Reporter Indonesia