Saturday, 26 October 2013

Kenapa Ingus Hijau?

Judul: Kenapa Ingus Hijau?
Penulis: Glenn Murphy
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-979-22-8476-8
Jumlah halaman: 248 hlm

Sinopsis: 
Apakah UFO benar-benar ada?
Kenapa ingus hijau?
Seperti apa rasa daging manusia bagi hiu dan harimau?
Bisakah kita menggali bumi sampai ke Australia?
Apakah kita akan punya mobil terbang?
Apakah kelinci kentut?

Resensi:
Apa yang terlintas di benak ketika melihat judulnya? "Ih apaan sih, kok ingus? Jorok!" Mungkin begitu ya hehe. Buku ini pun tak sengaja saya dapatkan bukan karena membelinya, melainkan diberi oleh salah seorang penulis genre komedi yang terkenal. Siapa? Boim Lebon. Yaph saya diberikan buku ini secara langsung oleh beliau ketika saya mengikuti seminar kepenulisan di Bekasi. Saat itu karena saya bisa menjawab pertanyaan beliau hehe :D

Lalu kenapa judulnya seperti itu? Kalian tidak salah baca kok. Memang judulnya seperti itu dan membahas tentang itu di salah satu bab di dalamnya. Dari sekian banyak pembahasannya, mungkin judul ini yang paling pas untuk dicantumkan di cover, bisa jadi agar orang tertarik untuk membelinya ya :D

Buku ini sebenarnya disajikan untuk edukasi anak-anak yang membahas tentang segala hal yang berhubungan dengan sains yang selama ini juga jadi pertanyaan banyak orang. Pembahasan dalam buku ini sengaja dibuat seperti tanya jawab antara seorang anak dengan sang penulis, master sains. Sehingga menarik untuk diikuti. Setiap jawaban sang master selalu ada tanggapan dari sang anak. Jadi seolah sedang berbicara dan saling saut-sautan. Salah satu contohnya:
(A: Anak, M:Master)
A: Apakah kita akan bisa melakukan perjalanan waktu ke masa lalu?
M: Beberapa ilmuwan mengatakan perjalanan waktu itu mustahil. Yang lain bilang mungkin, tapi ke masa depan. Dan yang lain lagi berpendapat kita juga bisa pergi ke masa lalu tapi tidak bisa terlalu jauh. Yang jelas, kita belum melihat ada chrononaut...
A: Mengapa mereka menganggapnya mustahil?
M: Yah, ada teori-teori yang sepertinya mengatakan bahwa hal itu mungkin-seperti teori relativitas khusus Einstei-tapi bahwa kita takkan pernah benar-benar melakukannya, karena alasan-alasan lain. Lalu ada alasan yang umum, berdasarkan logika atau akal sehat.
Saya juga dibuat tertawa oleh buku ini, bahasa yang ringan dan terkadang ada candaan di dalamnya antara si anak dan master tersebut. Kalau mau tahu bisa beli bukunya :)

Kekurangannya, sayang buku ini tidak mencantumkan sub bab. Sehingga ketika kita ingin mencari salah satu bahasan, agak sulit. Mesti dicari satu-satu di setiap halamannya. Dan gitu, jika buku ini memang untuk anak-anak seharusnya dibuat lebih berwarna sehingga anak-anakpun makin antusias membacanya.

Lalu kenapa ingus hijau? Penasaran? Silahkan baca sendiri :P

No comments:

Post a Comment

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...