Thursday, 14 November 2013

Ceritaku Tentang KBM

Dulu, awal tahun 2013 tau KBM dari bunda Asma Nadia. Saat itu bunda posting bahwa baru saja dibuat grup KOMUNITAS bagi yang ingin BISA MENULIS. Kebetulan lagi seneng-senengnya juga sama nulis, tanpa pikir panjang langsung cuss deh ke link nya. Saat itu member belum begitu banyak. Tapi sudah mencapai ratusan!

Pertama kali Pak Isa Alamsyah (suami mbak Asma Nadia dan admin utama KBM) posting "Share karya yang mau dikritik." Nge-share nya masih dikolom komen, sebab wall nya masih ditutup. Pas nge-share kita ngga tau dapet kebagian yang ke berapa, abis banyak banget! Yauda udah berpartisipasi, tinggal tunggu sabarnya sampe dikomen Pak Isa/Pak Agung. Oia Pak Agung itu c.o partner grup KBM.

Karena yang nge-share karya makin banyak, akhirnya antara yang posting cerpen dan puisi dibedain. Ya tujuannya biar gampang dan biar lebih gampang lagi, yang udah nge-share karya dibuatin dokumen sama Pak Isa. Lucunya, dulu, baru dibuatin dokumen aja udah pada jingkrak-jingkrakkan, termasuk saya hehe. 'Yey akhirnya dibuat dokumen sama Pak Isa', 'yee punyaku udah didokumenin'. Dan dulu aku belum kenal sama yang namanya nyolek-nyolekkin member lain biar ikut komen, tapi entah siapa yang memulai, ada member yang berinisiatif colek member lain supaya ikut komen. Jadi ya cuma nunggu dikomen sama Pak Isa/Pak Agung. Bisa sampe berhari-hari baru dikomen hehe.

Makin kesini, member terus nambah. Hmm.. bisa jadi grup nulis yang paling besar kayaknya :D Karena makin banyak juga, Pak Isa mungkin keteteran kalo wall nya terus ditutup dan beliau harus buatin dokumen setiap saat ada member yang nge-share karya. Alhasil, dibukalah wall. Dan saat dibuka, WOW. Berasa lagi nunggu pameran dibuka, pas dibuka langsung WERRRR orang dengan bebas bisa masuk. Tujuannya supaya member bisa langsung posting karya mereka. Etz meski begitu, tetep ada aturannya. Salah satunya DILARANG BERBASA-BASI. Jadi jangan suka posting, 'add me ya' atau 'silahkan like bla bla bla (yang isinya promosiin sesuatu kecuali promo tulisan tentunya)' dijamin bakal ditegur sama member lain hehehe. 

Dan semenjak wall dibuka, barulah semua yang posting karya semakin banyak yang berinisiatif colek-colek member lain. Jadi deh, grup ini semakin aktif, karena sebenarnya yang punya hak komen dan menilai ngga cuma Pak Isa dan Pak Agung, melainkan member lain sebagai pembaca juga berhak komen dan menilai.

Salut deh sama grup ini. Terutama buat adminnya Pak Isa dan Pak Agung. Dari awal nggak kebayang, baca tulisan yang segitu bejibunnya, belum lagi harus menilai tulisan kita yang masih banyak kurang sana-sini. Tapi...akhirnya....
1. Dari grup inilah lahir penulis-penulis baru dan karya-karya member KBM yang berhasil diterbitkan
2. Dari grup inilah yang semula nggak kenal mendadak jadi sahabat/saudara
3. Gara-gara grup ini juga teman facebook ku terus bertambah ^_^ hehehe.

Salut juga sama member yang (selalu) nyempetin waktunya buat baca karya member-member lainnya. Bukan cuma baca, melainkan ikut berpartisipasi menilai. Ya meskipun terkadang komennya jadi suka OOT (baca: Out Of Topic) hehe. Tapi dari OOT itulah makanya kenapa bisa jadi saudara dan sahabat ^_^

Harapanku dari KBM, semoga dengan bertemu teman-teman disini semakin menggairahkan kita untuk terus menulis dan terus memperbaiki tulisan kita. Diterbitkan/tidak yang penting TETAP MENULIS. Jelek/bagus yang penting TETAP MENULIS. MENULIS, MENULIS dan TERUSlah MENULIS.

Salam KOMUNITAS BISA MENULIS ^_^

1 comment:

  1. saya juga dapat jodoh dengan syareat KBM ini (hakikatnya tentu saja dari Allah)

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...