Tuesday, 26 November 2013

Kopdar KBM Bekasi

Alhamdulillah, alhamdulillah. Allah memang selalu punya rencana yang lebih indah. 

Setelah dua kali gagal ikut kopdar KBM, Alhamdulillah kemarin hari Minggu, 24 November 2013 akhirnya tercapai sudah keinginan kopdar bersama KBM Bekasi *tepuk tangan*. KBM Bekasi? Yaph, KBM kini dibagi menjadi per wilayah, namun tidak menghilangkan KBM pusat yang sebelumnya. Tujuan KBM wilayah memang agar ketika ingin mengadakan kopdar jauh lebih mudah. Sebab berdasar pengalaman sebelumnya, mengumpulkan member lewat KBM pusat cukup sulit, karena kabar kopdar tidak tersampaikan secara maksimal, otomatis banyak yang tidak tahu, padahal  ia bisa saja datang.

Kopdar kali ini diadakan di mushola dekat rumah salah satu member di Jati Bening Bekasi. Awal rencana tidak sengaja, namun ternyata Pak Isa selaku Admin (baca: ketua) KBM menanggapi dengan serius, dengan syarat yang datang harus 20 orang. Dan Alhamdulillah, sepertinya tidak sampai hehe. Meski begitu, kopdar tetap terlaksanakan..Horrreeee....

Sesaat Pak Isa dan Pak Agung datang, subhanallah akhirnya bisa ketemu langsung dengan sang guru. Selain itu bertemu dengan teman-teman baru yang selama ini hanya kontekkan lewat dunia maya. Sempat datang juga Mas Ramaditya Adikara (baca: penulis novel duet Mata Kedua). Beginilah enaknya punya komunitas, punya teman-teman yang tujuan dan minatnya sama. Amat menyenangkan!

Dalam perjanjian kopdar, masing-masing member diwajibkan membawa karya tulisnya. Menurut saya ini season paling menarik, dengan membawa karya, kita bisa mendapat kritik dan saran secara gratis dan langsung! Wuwh. Saya sendiri memilih membawa tulisan makalah yang menjadi tugas kuliah, alasannya simple, saya ingin membawa tulisan yang bukan sekedar tulisan, melainkan tulisan yang ingin saya ketahui segala letak kesalahannya. Alhamdulillah masih banyak yang perlu diperbaiki ternyata :D Di season ini juga member dibuat terbahak-bahak dengan segala kesalahannya sendiri dalam menulis. Opening yang bertele-tele, cerita yang biasa saja, kebanyakan tanda baca, puisi yang aneh dengan kata 'bahwasannya' didalamnya. Hihihi. Semuanya terhibur dalam season ini.

Tak terasa kopdar berlangsung seharian, dari pukul 10.00 sampai 16.30 WIB. Benar-benar kopdar yang memuaskan. Jauh lebih memuaskan dibanding kopdar-kopdar sebelumnya yang sempat saya sesali karena berhalangan hadir. Kesampaian juga memiliki novel duet Mas Rama dengan Mbak Achi TM, Mata Kedua dan Hati Kedua. Alhamdulillah ^_^

Beberapa poin yang bisa saya simpulkan dari pertemuan ini:

  1. NO EXCUSE! Tidak ada alasan jika kita punya keinginan, maka lakukan yang terbaik sampai keinginan itu benar-benar terpenuhi. Termasuk dalam hal menulis.
  2. Satu-satunya cara menulis yang baik adalah TERUS MENULIS. Menulis dulu sampai selesai. Setelah selesai, kita bukan lagi jadi penulis, melainkan editor. Sudah enakkah dibaca, sudah benarkah letak tanda baca, sudah benarkah EyD nya. Baru setelah kita yakin semuanya sudah tepat, kita setorkan kepada pembaca.
  3. MAU BELAJAR. Tidak cepat puas dengan hasil. Dalam hal menulis apalagi. Menulis itu punya media belajar yang banyak. Kehidupan, buku bahkan film pun bisa menjadi referensi bagaimana membuat sebuah cerita jadi menarik.

Semoga pertemuan ini tak berhenti sampai disini. Semoga akan ada pertemuan-pertemuan selanjutnya. Saya berharap KBM bisa kopdar besar-besaran. Dari semua penjuru kumpul jadi satu. Aamiin...


Salam Komunitas Bisa Menulis ^_^

No comments:

Post a Comment

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...