Thursday, 22 May 2014

Dialah DRAFT

Dulu, karena terfokus pada janji 'Satu hari cukup satu postingan' maka saya terjebak dengan janji saya sendiri. Jadi kalau idenya  lagi muncul banyak banget dalam waktu yang bersamaan, biasanya saya tunda. Ah udahlah besok aja. Kan nggak boleh ada dua postingan dalam satu hari. Lalu begitu esoknya apakah saya menulis? Tidak. Kenapa? Bukan tidak mau. Tapi saya sudah lupa! Iya lupa. Sampai pernah satu hari karena saya geregetan ingin mengeluarkan unek-unek pada hari itu juga, saya melanggar janji saya sendiri. Bisa dilihat di blog ini ada 2 postingan yang saya tulis dalam satu hari. Psst kalo mau tau, cari sendiri deh yaa :P

Pada akhirnya kita tak bisa hanya mengandalkan ingatan. Maka dari itu tips utama seorang penulis ialah ada ide langsung catat! Nggak pakai tunda-tunda. Kecuali kalau kamu memang punya ingatan luar biasa. Seperti salah satu guru menulis saya. Beliau sudah menulis dalam otaknya. Jadi kapanpun ingin menulis, tinggal mengeksekusinya saja. Dulu saya juga begitu. Dan masih berhasil sih. Tapi sekarang? Masya Allah. Luar biasa hehe. Saking banyaknya pikiran jadi meluap begitu saja. Astagfirullah :(

Sebenarnya ada hal yang saya lupakan. Dan sebenarnya saya tetap masih bisa menulis dalam satu hari atau saat ide saya menumpuk. Daaaan dialah DRAFT. Yaph bagaimana mungkin saya melupakan fasilitas yang satu ini. Draft itu kan artinya konsep. Konsep bisa disimpan dan bisa kita munculkan kapan saja. Semenjak saya 'ideng' (baca: sadar) saya cuma bilang, "Lah iya ya!" -__-

So, jangan remehkan draft. Ingatan kita terbatas, maka dengan mengatasinya, kita bisa memanfaatkan draft ini. Ah ya, tidak hanya berlaku draft di blog tapi juga berlaku untuk semua. Kita punya komputer dengan fasilitas Ms. Word. Bisa juga menyimpan tulisan di sana. Atau kalau mau, kita bisa membawa buku catatan kecil kemana-mana. Jadi kalau ada ide bisa langsung dicatat. (Subhanallah, maka saya suka gregetan kalo ada yang bilang, mau nulis tapi nggak ada ide. Percayalah bahwa ide itu tersebar dimana-mana. Apalagi dalam kehidupan kita). Nah dengan draft, kita jadi punya banyak tulisan kan :)

Bisa jadi saat kamu membaca tulisan ini, saya tulis berbarengan dengan postingan lain :)

6 comments:

  1. Jadi sadar diri kalo saya juga menetapkan usaha untuk 30 hari menulis, dan ini udah bulan ketiga, baru sampai di tulisan ke 20. Hahahahaha.. Tapi nggak saya berhentikan juga karena alibinya: kan 30 harinya gak harus berurutan, jadi yg penting ada 30 hari dimana saya nulis. Hahahahaha... Kadang sih sama Mak. Kadang kalo lancar jaya, bisa sehari 2 postingan. Bisa juga sebulan gak sempet pegang blog. Baru buka laptop udah molor. Kadang juga bikin beberapa draft, akhirnya berhenti di draft dan yg diposting tulisan baru. Hehehe.. Yg penting tetep semangat nulis yaaaaa.. Salam kenal dan mampir-mampir ya Maaak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe nah itu dia :D
      Iya salam kenal juga Mak. Langsung cuzzzz :D

      Delete
  2. Saya juga punya beberapa draft lho. Kadang saya buat ;postingan terjadwal jika akan bepergian keluar kota
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ouh bisa dijadwalkan juga ya Pakde?
      Wah mantap. Jadi pengetahuan baru lagi nih :D
      Makasih Pakde :D

      Delete
  3. Makasi mbak ngingetin draft. Saya juga lagi banyak ide.. dan harusnya dituangkan di draft dulu ya..
    Oya main ke blog saya mbak

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...