Thursday, 26 June 2014

Cerdas Belanja Online

Entah kenapa sekarang saya suka sekali berbelanja online. Apapun itu. Mau buku atau bahkan pakaian sekalipun. Maklum, setelah menjadi orang sibuk *halah* saya sudah jarang kemana-mana. Eh dari dulu juga jarang sih, hihi. Paling-paling jalan dengan keluarga atau teman. Itupun kalau mampir ke toko buku atau outlet pakaian, seringnya saya hanya menemani saja :D Tapi semenjak kenal dunia online dan dunia 'perbelanjaan,' yang ada saya malah tergila-gila (belum akut yaa). Tetep dong yang dibeli harus yang sekiranya memang dibutuhkan :) Entahlah sekalipun terkadang harus membayar lebih karena ongkos kirimnya, saya tetap suka dengan online. Kenapa? Karena saya jadi lebih fokus dengan apa yang dibeli. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, tidak usah ada embel-embel lain seperti makan misalnya, eh belum lagi kalo online biasanya lebih dimurahkan hihi. Kita tinggal duduk manis, dalam 2 atau paling lama seminggu mas-mas atau bapak kurir siap mengantar barang pesanan.

Tapi apakah semua toko online terpercaya? Di sinilah kita harus cerdas-cerdas memilih. Kalau saya biasanya berpanduan pada testimoni-testimoni dan rating website tersebut. Menurut saya itu sudah cukup membuktikan. Biasanya toko online yang sudah berpengalaman akan memasang kontak yang jelas. Dimana ia bertempat, nomor telepon kantornya berapa. Serta menyediakan kolom testimoni dari pelanggan yang sudah pernah membeli di tempatnya. Dan lebih bagusnya lagi jika si toko menyediakan kolom daftar member. Biasanya, yang sudah menjadi member akan mendapat keuntungan khusus hehe. Pengalaman beud dah yak :D Alhamdulillah. Sampai saat ini toko-toko online yang saya kunjungi selalu terpercaya dan memberi kepuasan tersendiri. Meski masih ada satu dua yang sempat mengalami keterlambatan pengiriman.

Lalu, kalau belanja online buku sih mungkin tak masalah. Tapi bagaimana dengan pakaian? Tak jarang konsumen merasa 'ditipu' karena barang yang datang tidak sesuai dengan harapan. Lebih banyak sih biasanya mengeluh bahan yang tidak sebagus di gambarnya. Ini juga harus cerdas. Dan toko online yang terpercaya, biasanya sudah memberi tahu sejak awal bahannya apa. Warnanya seperti apa. Bagusnya lagi zaman sekarang, jika diklik gambarnya bisa diperbesar, jadi terlihat lebih jelas.

Salah satu toko online pakaian yang terpercaya dan saya sudah pengalaman beli di sana yaitu Zalora. Ah, bukan saya jika tak iseng, jadi ceritanya waktu itu saya sedang mencari flatshoes dan kesasarlah di Zalora hehehe. Untungnya lagi, waktu itu saya memilih sistem COD. Cash On Delievery. Barang datang, baru kita bayar. Andai semua toko online memasang sistem ini, pasti saya senang sekali hehe. Jadi sama-sama untung. Tapi terkadang masih ada konsumen yang nakal. Pernah saya dengar ada seseorang yang berjualan online dan memakai sistem ini eh malah ditipu. Huhu. Makanya, mungkin sistem kebanyakan, transfer dulu, baru barang diantar. Dua-duanya sebenarnya tak masalah sih. Hanya saling jaga kepercayaan saja. Eh balik lagi ke Zalora, memang sudah tidak diragukan lagi toko online yang satu itu. Mau mencari apapun lengkap. Mulai dari kepala hingga kaki hehe. Termasuk jika kamu mungkin sedang mencari kebaya. Kamu bisa lihat di sini. Meskipun sayang, lengan panjangnya masih sedikit. Hiks. Lain kali sediakan yang panjang ya hehehe. Eh tapi gamisnya bagus-bagus lho :D Hihi jadi mupeng.

Nah, kamu sendiri lebih suka yang mana? Online atau tidak? :)

6 comments:

  1. Saya juga suka berbelanja online. Tapi biarpun shopping online tetap kudu pinter pinter jaga kantong. Nanti yang nggak dibutuhin malah dibeli lagi. :))

    ReplyDelete
  2. hai mba ade... p kbr?sama sy juga suka'y blnja online,soal'y klo blnja offline repoootttt bawa syafieq :D,gadget,sepatu,baju sy,baju syafieq,mainan sampe coklat n cilok goreng pun sy bli online,heu heuuu...^-^

    ReplyDelete
  3. Kalau aku suka belanja online busana muslim di sini, soalnya lebih jelas juga mengenai deskripsi bahan dan detail ukuran nya. Jadi kalau meleset gak terlalu jauh dari pengharapan :)

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...