Wednesday, 27 August 2014

Semangat dalam Perkembangan Al-Qur'an





Kalau ditanya pemberian, saya selalu senang dengan pemberian yang bermanfaat. Salah satunya Al-Qur'an di atas. Peninggalan almarhum tetangga yang berbaik hati memberikan kenang-kenangan yang sungguh akan jadi pahala yang selalu mengalir baginya. Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba, Syaamil Al-Qur'an di atas menjawab kebutuhan dan keinginan saya selama ini. Bukan saja akhirnya saya bisa memegang sendiri Al-Qur'an yang ada artinya (karena selama ini Al-Qur'an seperti itu hanya milik orang tua hehe) tapi Syaamil Al-Qur'an punya keunggulan khusus dengan terjemahan per katanya. Ya hitung-hitung sekalian belajar bahasa Arab. Dan benar saja, beberapa kata saya jadi hafal. Meskipun belum sempurna jika harus disusun dalam kalimat hehe.

Menurut saya, mungkin umat muslim lain juga butuh Al-Qur'an seperti ini. Dengan adanya terjemahan per kata, pasti akan memudahkan kita untuk semakin mendalami dan memahami isi Al-Qur'an. Jadi tidak lagi sekedar baca tanpa tahu maknanya. Ini juga bisa menjadi pemicu dan penyemangat manakala gundah kita tahu bahwa semua solusi hidup ada dalam Al-Qur'an. Sebab kita sudah tahu maknanya.

Perkembangan Al-Qur'an di Indonesia juga sudah sangat maju. Banyak bermunculan Al-Qur'an berwarna, Al-Qur'an yang didesain khusus untuk wanita yang memuat pengetahuan penting terkaitnya. Dilengkapi dengan hadits-hadits yang berkaitan dengan ayat. Menjelaskan tafsir-tafsir ayat dalam satu Al-Qur'an. Bahkan sudah ada Al-Qur'an yang dilengkapi dengan pena digital yang jika ditunjuk akan keluar suara syaikh-syaikh hafidz Qur'an yang juga mempunyai banyak keunggulan. Tak sampai situ, Al-Qur'an kini juga hadir dalam bentuk digital yang bisa diakses di smartphone. Hmm sampai bingung apalagi Al-Qur'an yang belum ada di negara kita hehe.

Ah ya, mungkin perlu memperbanyak Al-Qur'an yang didesain khusus untuk orang tua. Seperti kemarin, saya agak kesulitan mencari Al-Qur'an yang tulisannya benar-benar besar. Semangat orang tua untuk tetap mengaji patut didukung dengan adanya Al-Qur'an seperti itu.

Dengan kelengkapan Al-Qur'an yang ditawarkan saat ini, tentu kita berharap semua umat muslim semakin giat dan semangat dalam membacanya. Terlebih mendalami, mempelajari dan mengamalkannya. Sebab hanya di sanalah pegangan hidup manusia dijelaskan.


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ 

(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`ân sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). [al-Baqarah/2:185].



تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا 

Maha Suci Allah yang telah menurunkan al-Furqân (Al-Qur`ân) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. [al-Furqân/25:1].

2 comments:

  1. Kalau orang tua saya inginnya Al-Quran yang ada e-pennya, mba. Sayang harganya mahal sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. itu memang bagus. iya sayang banget mahal :D

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...