Monday, 1 September 2014

Syaamil Qur'an yang Memiliki Banyak Kelebihan

Pemberian almarhum tetangga yang satu ini mengenalkan saya pada Syaamil Qur’an. Salah satu penerbit Al-Qur’an yang menyajikan Al-Qur’an dengan banyak kelebihan. Kelebihan-kelebihan yang akan memudahkan kita untuk lebih memahami isi Al-Qur’an dan berbagai peraturannya yang disediakan secara lengkap. Apa saja kelebihan itu:

1. Terjemah per kata
QS. Al-Muzzamil: 20
Bukan lagi sekedar terjemahan, tapi Al-Qur’an ini menyajikan arti kata per kata secara jelas. Bagi mereka yang sedang atau bahkan tak mengerti bahasa Arab, ini sangat membantu untuk lebih memudahkan proses pembelajaran dalam memahami isi Al-Qur’an. Tak jarang, beberapa kata saya bisa jadi hafal karena seringnya menemukan kata yang sama.

2. Dilengkapi tiga pita
merah, kuning, biru (tidak kelihatan :D)
Ini juga menjadi salah satu kemudahan. Karena memakainya berdua dengan sang adik, kami tak perlu repot-repot harus melipatnya. Cukup bagi dua pita yaitu merah untuk saya dan kuning untuk adik. Satu lagi pita warna biru yang berisi tiga lembar. 
- Ada indeks di lembar pertama yang memudahkan saya untuk mencari lafadz-lafadz pada ayat yang mirip (menyerupai) yang terdapat dalam Al-Qur’an.

- Lembar kedua yaitu jadwal sholat dan perubahannya dari tanggal ke tanggal. Selain itu saya juga bisa mengetahui konversi waktu kota-kota di Indonesia. 
Dan di lembar ketiga, tanda-tanda waqaf yang tak kalah penting untuk dipahami dalam Al-Qur’an yang memudahkan saya membaca Al-Qur’an secara tartil. Kapan sebuah ayat harus diteruskan, kapan saatnya berhenti. Serta dibaliknya saya juga bisa mengetahui ayat-ayat mana saja yang terdapat ayat sajdah (ayat yang jika dibaca atau kita dengar maka kita harus sujud tilawah) doa sujud tilawahnya pun sudah disediakan. 

3. Doa khatmil Al-Qur’an
Tentulah do’a yang satu ini takkan tertinggal. Do’a yang cukup panjang namun disertai terjemahan. Tak jarang, membacanyapun membuat saya menangis. Terharu akan kebesaran firman dan petunjukNya.

4. Halaman belakang yang penuh dengan guna
Di akhir Al-Quran saya masih menemukan kelebihan lainnya.
a. Tanda-tanda baca di antaranya: tanda-tanda waqaf, nun wiqoyah (nun masal), ayat-ayat sajdah, tanda Sifir, ayat-ayat Saktah, imalah, isymam, tashil, naql. Semua itu akan dijelaskan secara detail beserta contohnya.



b. Klasifikasi ayat-ayat Al-Qur’an.
Klasifikasi ini akan memudahkan saya untuk mencari petunjuk-petunjukNya dalam bentuk yang lebih spesifik. Klasifikasi tersebut dibagi menjadi 15 bab. Sekitar Arkanul Islam, Iman, Al-Qur’an, Ilmu dan Cabang-cabangnya, Amal, Dakwah kepada Allah, Jihad, Manusia dan Hubungan Kemasyarakatan, Akhlak, Peraturan yang Berhubungan dengan Harta, Hal-hal yang Berkaitan dengan Hukum, Negara dan Masyarakat, Pertanian dan Perdagangan, Agama-agama. Dimana 15 bab tersebut dibagi lagi menjadi beberapa pasal dan pasal-pasal tersebut dibagi lagi ke dalam bentuk yang lebih spesifik hingga saya bisa sangat mudah menemukan ayat yang menjelaskan sebuah petunjuk.

Itulah kelebihan-kelebihan yang menjadikan Al-Qur’an ini menjadi Al-Qur’an favorit saya yang saya gunakan di rumah. Dengan kelebihan-kelebihan tersebut tentulah Syaamil Qur’an telah menyajikan produk yang bermanfaat sekaligus lebih memudahkan umat Islam dalam menggunakan dan mempelajarinya.  

Sebenarnya Al-Qur’an sendiri sudah melimpahkan begitu banyak kelebihan kalau saja kita mau mempelajarinya. Penerbit-penerbit Al-Quran lainpun tentu tak kalah menyajikan kemudahan dengan berbagai kelebihan. Lalu dengan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dalam setiap Al-Qur’an, masih malaskah kita walau sekedar membacanya?

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ 

(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`ân sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil). [al-Baqarah/2:185].


تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا 

Maha Suci Allah yang telah menurunkan al-Furqân (Al-Qur`ân) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam. [al-Furqân/25:1].

16 comments:

  1. Indahnya artikel ini. Izin menyimak dulu ya
    Salam

    ReplyDelete
  2. wah memang benar-benar komplit dan banyak kelebihannya ya mak :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga pakai Al Qur'an syaamil mbak. Kertanya bagus jadi dibacanya enak. Susunan ayatnya juga memudahkan perhitungan juz. Sukses lombanya mbak ^^

    ReplyDelete
  4. saya butuh banget yang seperti itu, terjemaahannya per kata

    ReplyDelete
  5. Saya juga pake yang syamil, tapi terjemahan yang kecil, dari jaman kuliah sampe sekarang tuh...

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...