Tuesday, 28 April 2015

Mau Wisata di Jakarta? Ini Tips Mudahnya

Sebelumnya saya ingin sekali tinggal di sebuah daerah yang jauh dari hiruk pikuk seperti pedesaan atau daerah yang jarang terjamah keramaian. Bagi saya yang terlahir dan besar di kota besar rasanya sudah teramat sumpek a.k.a sesak dengan kesibukan, keriuhan dan berbagai permasalahan khas kota besar. Salah satunya kemacetan. Maka wajar rasanya jika saat itu saya menginginkan untuk hidup di daerah yang tenang. Atau mungkin sekedar berhijrah untuk sementara waktu.

Tapi suatu hari saya merenung. Setelah melihat beberapa teman di daerah mengeluh karena sedikit kesulitan dalam melakukan atau mendapatkan beberapa hal. Misalnya ketika acara-acara bagus diadakan di kota besar, mereka terkendala lokasi. Atau sulitnya mendapatkan toko-toko buku bahkan sulitnya mendapat pekerjaan di daerah. Di sini kemudian saya bersyukur, ternyata hidup di kota besar tak selamanya 'menyebalkan'. Justru berbagai kemudahan telah disediakan. Perkembangan juga lebih pesat di sini.


Beruntung pula tinggal di planet kota Bekasi yang dekat dengan pusat negara Republik Indonesia, yakni Kota Jakarta. Seperti yang saya bilang di atas, perkembangan yang lebih pesat di kota besar membuat siapa pun akan tergoda untuk mendatanginya. Terbagi dari lima Kota Administrasi dan sebuah kabupaten Administrasi membuat Jakarta cukup lengkap. Apalagi kota ini juga berbatasan langsung dan dikelilingi berbagai kota satelit. Selain Bekasi seperti Bogor, Depok dan Tangerang.

Kota ini juga terbilang lengkap. Serba ada. Mulai dari aktivitas bisnis, pendidikan, sampai urusan wisata. Ya, meskipun kota ini cenderung lekat dengan kegiatan bisnisnya, tapi bukan berarti membuat Jakarta tidak memiliki lokasi-lokasi wisata yang menarik dan layak dikunjungi.

Nah berhubung saya masih belum bisa sering-sering keluar kota :D dan sebentar lagi juga long weekend plus masih bingung mau kemana, saya mau memberi tips untuk kalian yang ingin berlibur dan wisata di Jakarta. Terutama bagi kamu yang baru pertama kali menginjakkan kaki di kota besar ini.

Membuat Persiapan yang Matang
Untuk memulai sebuah perjalanan, maka hal pertama dan terpenting adalah membuat persiapan yang matang. Awali dengan memasukkan nama-nama area atau lokasi yang akan kamu tuju di Jakarta. Informasinya bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui internet. Dengan begitu, perjalanan wisatamu akan menjadi lebih teratur, jadi kamu bisa mencocokkan waktu keberangkatan, durasi berada di Jakarta, sampai dengan waktu untuk meninggalkan kota ini. Selain itu, kamu juga bisa memperkirakan biaya maupun pakaian yang harus dibawa, karena sudah telah dipersiapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk mempersiapkan dan membawa selalu tanda pengenal kamu.


Ketahui akomodasi dan transportasi Jakarta
Sebelum kamu menuju Jakarta, salah satu yang perlu kamu ketahui adalah akomodasi dan transportasi di kota ini. Jakarta terkenal dengan kota bisnis, sehingga layanan akomodasi pun tumbuh dengan sangat pesat, tetapi karena konsepnya kota bisnis, maka layanan akomodasinya pun menyesuaikan dan hal ini membuat harga sewa kamarnya lumayan tinggi. Dari sekian banyaknya hotel yang ada, tentu ada beberapa hotel yang menawarkan harga kamar yang cukup kompetitif atau pun yang sedang mengadakan promo di waktu tertentu. Untuk menghemat budget, carilah hotel-hotel yang memiliki kriteria seperti ini. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk menghemat pengeluaran selama di kota ini. Meskipun banyak sekali jumlah hotel yang beroperasi di Jakarta, tapi kamu juga harus teliti sebelum memutuskan untuk memesan. Pilih hotel yang lokasinya tidak jauh dari tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Untuk mempermudah pencarian dan pemesanan, kamu bisa menggunakan layanan Traveloka.com, Skyscanner atau Nusatrip.

Setelah urusan akomodasi, ketahui juga transportasinya. Armada Transjakarta dan kereta rel listrik merupakan moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta. Sebab, kemacetan lalu lintas adalah salah satu ciri khas Kota Jakarta. Dengan menggunakan kedua jenis transportasi ini, memungkinkan kamu untuk terhindar dari kemacetan di Jakarta. Selain itu, kamu juga bisa menyewa kendaraan bermotor apabila ingin lebih leluasa untuk mengelilingi jalanan di ibukota.

Cari Informasi Lokasi Tempat Populer
Cari juga informasi tentang lokasi tempat populer seperti landmark, pusat kuliner, museum, dan obyek wisata lainnya di Jakarta sebelum kamu memutuskan untuk berkeliling dan berwisata.Pastikan lokasinya bisa kamu pahami dan sesuai dengan jenis wisata yang kamu inginkan. Jika kamu berniat ke Jakarta juga untuk menghadiri event besar seperti konser musik artis luar negeri misalnya, maka jadwal, alamat perhelatan akbar tersebut, serta akomodasi lainnya juga harus sudah kamu kantongi sebelum tiba di Jakarta.

Pelajari Iklim dan Cuaca Jakarta
Pelajari juga tipikal iklim maupun cuaca di kota ini. Jangan sampai kamu menghadapi masalah akibat tidak mengetahui kondisi cuaca yang ada di tempat ini. Niat untuk berwisata malah akan jadi petaka kalau kamu mengunjungi Jakarta pada musim hujan yang menjadi langganan banjir. Tapi biasanya, banjir di Jakarta hanya terjadi pada area-area tertentu saja, sehingga  pemilihan lokasi tujuan akan sangat menentukan perjalanan kamu nantinya.

Bagaimana, mudah ya untuk wisata di kota besar seperti Jakarta. Semua sudah ada dan lengkap. Hanya saja jangan lupa, satu faktor lagi yang tak boleh ketinggalan. Kewaspadaan. Kalau kata ibu saya, dimanapun kita, usahakan jangan terlihat seperti orang bingung, karena akan memancing oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkannya. Seperti kata bang napi, kejahatan bukan karena pelakunya, melainkan adanya kesempatan :))


Have fun guys ^^

6 comments:

  1. pengen ke ibukota...aku belum kesampaian foto di Monas :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Iya saya juga terakhir kesana pas baru lulus SMK kayaknya :))

      Delete
  3. Jakarta tempat yang menyenangkan kalo tahu medannya ya, mba. Pasti lebih macet dibanding kota kecil hehe. :D Jadi harus siap-siap dengan waktu berangkat yang lebih pagi daripada biasanya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul. Macet itu pasti :D Huum, harus lebih awal berangkatnya :D

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...