Thursday, 7 May 2015

Modus Penipuan SMS dengan Iming-iming Hadiah

Mendadak dapat mobil GRATIS? Siapa yang tidak senang sih. Tapi apa benar itu hadiah yang diberi cuma-cuma? Terlebih kita tidak pernah berbuat apa-apa atau ikut undian. Ceritanya semalam. Saya kaget sekali ketika ada SMS yang isinya begitu resmi.


Modus Pertama : Mengaku telah menghubungi
Mengakunya telah menghubungi saya. Kapan dihubungi? Saya tidak pernah merasa ada telepon sejak hari itu bahkan kemarinpun tidak ada sama sekali. Saya langsung tahu ini SMS iseng dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Modus Kedua: Bukan website resmi
Karena iseng, penasaran saya buka website yang dia beri. Dari websitenya saja sudah ketahuan bukan website resmi provider yang bersangkutan.


Wow! Saya dapet mobil Toyota Yaris! Keren banget kalo beneran dapet gratis -_- Saya masih berhaha hihi saja melihat pengumuman tersebut. Sembari scroll ke bawah dan membaca syarat dan ketentuannya.

Modus Ketiga: Transfer Uang!
Setelah tercengang dengan nominal tersebut, saya disuruh mengirim biodata lengkap. Apakah ada jaminan uang yang sudah ditransfer dikembalikan sepenuhnya. NO!

Silahkan baca yang saya lingkari dan email tanda panah kuning
Modus Keempat: Email yang digunakan bukan email resmi provider.
Scroll lagi ke bawah dan ketemu tulisan yang membuat senyum saya semakin geli.

Modus Kelima: Layanan Call Center tidak menghubungi
Bilangnya mencegah unsur penipuan, nyatanya memang sedang menipu -_-

Kalau saya bilang, ini yang menipu kelihatan sekali bodohnya. Kelima modus di atas sudah tak perlu saya jelaskan panjang lebar, orang pasti bisa mengerti. Saya sudah cukup sering mendapat SMS seperti itu. Seringnya saya abaikan. Yang ini sudah kesekian kali dan kali ini saya bagi agar tidak memakan korban. Takut-takut masih ada yang tidak mengerti dan mudah tergiur.

Jika kawan-kawan membaca tulisan ini mohon jangan terkecoh jika mendapat SMS serupa, dan mohon ingatkan juga pada keluarga, teman serta orang-orang terdekat. Apalagi merasa tak pernah melakukan apapun. Terkecuali memang si provider sedang mengadakan program tertentu. Itupun biasanya SMS langsung dari provider yang bersangkutan dengan nama langsung provider bukan nomor-nomor tidak jelas. Bukan hanya lewat SMS sih, lewat telepon juga banyak. Pokoknya jika sudah minta dikirimi uang dengan alasan dan dari orang yang tidak jelas tidak usah digubris. Abaikan saja. Tutup telepon atau hapus langsung SMS. 

Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua. Aamiin.

4 comments:

  1. Dulu sering mak dpet sms gt, anda menang ini itu ini di website ini. Bukn web resmi donk.bahkan sampek tlp2 segala, dakuw cuekin aja, eee malah marah2 ngomel2 misuh2...hadeehhh..prihatin dah..koq bs2nya nyari duit modle begitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum mak sekarang mesti banyak hati-hati. Soalnya sampe ada yang kena hipnotis lewat telepon. ngeri :3

      Delete
  2. Udh ga ane lagi kalo dapet SMS gitu, bisa ketahuan itu penipuan dari nomornya dan juga kalau ngasih website masih pke domain gratisan

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...