Tuesday, 8 December 2015

Belanja Online itu Asyik dan Mudah


Saat ini hampir jarang rasanya saya pergi ke pusat perbelanjaan. Kalaupun ada kesempatan, paling hanya lihat-lihat saja. Habis sekarang teknologi semakin maju sih. Sejak 2013 kenal belanja secara online, saya lebih memilih jalan satu ini. Awalnya sih cuma iseng, tapi lama kelamaan, asyik juga ya :D healaaah. Selain nggak perlu capek-capek jalan, kita akan lebih fokus dengan apa yang mau kita beli. Coba kalau jalan, ongkosnya, jajannya, belum lagi barang-barang yang sebenarnya tidak niat dibeli jadi terbeli ((terbeli)) karena susah jaga mata :P. Lain kalau online, paling kita hanya menambah ongkos kirim. Keuntungan lainnya belanja online kita juga bisa mendapat barang dengan harga yang seringnya lebih murah daripada di toko-toko offline. Nah ini nih yang saya suka :D

Dulu sih, cuma buku aja yang saya beli online, tapi semakin kesini nyaris semua barang kayaknya haha. Ya gamis, kerudung, sepatu kayak yang dijual di HijUp, pssttt lucu-lucu lho :P jam tangan, sampai sekarang merambat ke peralatan rumah tangga. Kebetulan punya suami yang suka belanja online juga, walhasil baru beberapa waktu lalu saya dibeliin alat potong memotong untuk memasak secara online hehe. Nyari kado untuk saudara yang baru melahirkan juga secara online :v Emang dasar online itu bikin kita males jalan. Tapi kalau ada yang mudah apalagi lebih murah, ngapain dipersulit kan :))

HijUp.com
Bukan cuma karena lebih mudah dan irit aja, senengnya belanja online itu kita punya lebih banyak referensi. Tinggal klik satu toko, kalau tidak cocok kita bisa klik toko lain. Banding-bandingin kualitasnya, harganya, sampai tempat pengirimannya bhahaha. Coba kalau jalan langsung ke toko, paling-paling kita hanya bisa menjelajahi beberapa toko. Kalau online kan bejibun. Bok, toko online sekarang kayaknya sudah nggak terhitung deh. Malah toko-toko offline saat ini juga rata-rata sudah merambah ke dunia online. Mereka juga mulai membuat media-media sosial nama tokonya bahkan membuat website toko onlinenya juga. Nah sudah deh, semakin bejibun lagi.

Iseng-iseng tahun kemarin saya sempet nyoba jualan online. Kecil-kecilan aja sih, cuma via BB sama facebook. Alhamdulillah, bisa balik modal malah untungnya lumayan :D Beberapa teman saya juga saat ini sudah jualan online. Dan menurut mereka memang keuntungannya lumayan. Bagi yang  masih sekolah atau kuliah apalagi, bisa banget nambah-nambah uang saku. Malah ada yang sampai bisa membiayai kuliahnya sendiri dari hasil jual online. Ya zaman semakin maju, teknologi semakin canggih, sayang banget kalau nggak dimanfaatin kan. 

Sekarang apa sih yang nggak bisa dijual secara online, dari mulai barang paling kecil sampai besar seperti barang elektronik sudah dijual secara online. Nggak heran pilihannya jadi semakin banyak. Meski persaingan juga jadi lebih ketat. Ya di sini letak asah kreativitas sang penjual online. Konsumennya? Jadi semakin bingung hihihi. Kayak saya, kadang bisa menjelajahi berapa toko online hanya untuk mencari sebuah gamis. Makanya, kalau misal udah ketemu satu toko online yang cocok biasanya saya like, follow atau berteman dengan toko tersebut. Biar nggak ketinggalan model baru haha, nggak ding. Maksudnya biar nggak ketinggalan kontaknya. Karena saya juga orang yang mudah percaya dan jika kepercayaan itu mendapat hasil yang baik biasanya saya akan setia *tsah* Kalau harganya pas, kualitasnya oke, pengiriman juga selalu lancar, besok-besoknya saya bisa beli di tempat yang sama. 

Oh iya, saya juga mau ngingetin, meski belanja online ini asyik dan lebih irit. Kita juga harus pandai-pandai memilih toko online. Saya sudah dua kali nyaris kena tipu hiks. Nominalnya tidak besar memang, tapi rasa gondok karena barang yang dibeli tak jua dikirim-kirim sangat memuncak. Yang saya lakuin waktu itu saya hubungi terus si penjual. Biarin deh neror orang, yang penting saya nggak rugi. Untung saja, berkat teror itu akhirnya barang dikirim. Nggak salah kalau kalian pakai cara ini jika barang yang kalian beli secara online tidak dikirim-kirim. Lha, wong kita sudah bayar kok. Berhak dong kita menuntut hak kita alias menuntut barang tersebut. Intinya, pilihlah toko online yang terpercaya. Biasanya ditandai dengan nomor kontak atau alamat kantor yang jelas, website yang berdomain TLD semisal dot com. Juga harga yang masih dalam batas wajar dan testimoni yang tidak berlebihan. 

Asyik deh belanja online. Percayalah, hal utama adalah kita bisa lebih fokus dengan apa yang akan kita beli haha. Hitung-hitung juga menjaga mata dan me-rem jajan dari yang tidak perlu :))

Tulisan ini disertakan untuk giveaway #FAMILYTALK Annisa Steviani dan Istiana Sutanti bersama Hijup.com

10 comments:

  1. Wuahh jadi ingat kalo belum nulis ini. :D

    ReplyDelete
  2. hiks hiks...

    Untung saja, berkat teror itu akhirnya barang dikirim. duh, itu dia yang bikin belanja online ngapokin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe yg terpenting cari yg memang sudah pengalaman dan terpercaya saja Mak. Kalo wkt itu kasus sy, krn si olshop ini keliatannya sepi pengunjung dan jarang testimoni.

      Delete
  3. Good luck kak. Semoga menang dan bisa belanjaaaa :D

    ReplyDelete
  4. Aku belanja ol biasanya di tempat yang terpercaya.

    Tapi seneng sih ga mesti keluar rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaps, bagusnya memang yg sudah terpercaya ya mbak. Betul, ga perlu kluar rumah :D

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...