Wednesday, 9 March 2016

Antara Ponsel Pintar, Harga, dan Kebutuhan

Gawai atau lebih sering disebut gadget rasanya sudah masuk dalam kategori yang menjadi kebutuhan ya. Apalagi di era media sosial saat ini. Gawai tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat telepon atau mengirim pesan lewat SMS. Tapi dengan kemudahan berbagai fitur di dalamnya, gawai mampu melakukan lebih banyak hal. Berfoto lewat kamera, mengeditnya dengan berbagai aplikasi edit foto, sampai-sampai kebutuhan yang awalnya seperti tidak bisa dilakukan, jadi lebih dipermudah hanya dengan mengunduh aplikasi tersebut ke dalam gawai kita. Tentu saja gawai yang saya maksud adalah kategori ponsel pintar atau smart phone.
pict by http://www.apple.com/, edit by me
Dari sekian merek, iPhone 6 misalnya. Siapa juga yang tidak mengenal ponsel pintar satu ini. Di luar harganya yang bagi saya pribadi 'menengah atas' :v ponsel ini memang menawarkan fitur yang lebih dibanding ponsel pintar lainnya. Bahkan jika di jalan bertemu dengan seseorang yang memegang ponsel ini, sepertinya masih menjadi hal yang terlihat 'wah'. Kalau dijadikan hadiah pun rasanya sulit untuk ditolak :D Ya iya, siapa juga yang tidak tertarik dengan ponsel yang spesifikasinya bagus.
  • Kapasitas bisa mencapai 64GB. 
  • Layar retina HD atau lebar Multi-Touch dengan lampu latar LED 4,7 inci (diagonal) dengan teknologi IPS, resolusi 1334 x 750 piksel pada 326 ppi.
  • Kecerahan layar maksimum 500 cd/m2 (umum), standar sRGB penuh, piksel domain-ganda untuk sudut pandang yang lebih luas, lapisan oleophobic anti sidik jari di bagian depan. Mendukung tampilan berbagai bahasa dan karakter secara bersamaan, pembesar Tampilan, Reachability (Keterjangkauan).
  • Memiliki Chip A8 dengan arsitektur 64 bit, Koprosesor gerakan M8.
  • Kamera iSight 8 megapiksel dengan 1,5 µ piksel. Fokus otomatis dengan Focus Pixels. Bukaan ƒ/2.2. Penstabilan gambar optik (hanya iPhone 6 Plus). Flash True Tone. Lensa lima elemen. Filter IR hibrida. Penerangan sisi belakang sensor. Penutup lensa kristal safir. Penstabilan gambar otomatis. HDR otomatis untuk foto. Deteksi wajah. Kontrol eksposur. Panorama (hingga 43 megapiksel). Mode beruntun. Ketuk untuk fokus. Penanda lokasi foto. Mode timer.
  • Mampu merekam video HD 1080p (30 fps atau 60 fps). Flash True Tone. Video slo-mo (120 fps atau 240 fps). Video selang waktu. Penstabilan video sinematik. Video fokus otomatis kontinu. Memotret sambil merekam video. Deteksi wajah lebih baik. Zoom 3x. Penanda lokasi video. Kamera FaceTime HD. Foto 1,2 megapiksel. Bukaan ƒ/2.2. Mampu merekam video HD 720p. Sensor penerangan sisi belakang. HDR otomatis untuk foto dan video. Deteksi wajah. Mode beruntun. Kontrol eksposur. Mode timer. Touch ID.
  • Juga memiliki sensor identitas sidik jari terpasang di tombol Home.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Hmm... maka tentu saja dengan spesifikasi yang tidak sedikit itu, wajar jika harga iPhone 6 dibandrol dengan harga yang tidak murah. 

Yayaya, tapi barangkali kembali lagi. Kebutuhan apa yang kita perlukan. Sah-sah saja memiliki ponsel pintar harga tinggi jika memang benar-benar dibutuhkan. Yang jadi soal, rasanya akan jadi percuma jika memilikinya tapi hanya sebatas mengikuti tren atau gengsi. Alih-alih jadi kebutuhan, justru si pemakai malah tidak mengerti kegunaan fitur yang ada di dalamnya. Wah jangan sampai ya :)

Referensi: http://www.apple.com/id/iphone-6/specs/

14 comments:

  1. Dari 3 tahun lalu saya belum ganti smartphone mbak. Ini pun saya dapat dari lomba. Pengen sih punya smartphone yg spek nya lebih bagus tapi itung2 lagi duitnya bisa buat kebutuhan yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe betul mbak. Selama masih bagus dan bisa dipakai ya :)

      Delete
  2. ahaaa, aku suka nih tulisannya. teknologi adalah kebutuhan, jika tidah butuh dengan teknologi yang paling baru buat apa membeli

    ReplyDelete
  3. aku pun merasa ini ponselnya oke nis... tapii tapiii aku bkan jenis orang yang gonta ganti gadget demi kelihatan wah... semoga ponselku awet sampek 10 tahun ke depan deh, maunya sih hahahahhaa

    ReplyDelete
  4. dan aku pun, utk kesekian kalinya, hanya bs menganga, ngowoh, dg kemajuan teknologi yg cepet bgd, #LaluBayanginPunyaIphone6, hehe

    ReplyDelete
  5. sekarang makin pusingya pilih ponsel dg harus banyak pertimbangan dari segi harga, model, fitur yang ada, jadi hrs pinter2

    ReplyDelete
  6. Iphone, semua orang kenal iphone, ingin memiliki iphone, tapi kadang gak kesampaian beli Iphone kayak gue. :3

    Siap ini bakalan ada iPhone 7 kah?

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...