Monday, 12 December 2016

Mencintai 100% Produk Kreatif Asli Indonesia

Saya ingat sekali ada pelajaran Kewarganegaraan sejak SD yang selalu mengajarkan, "cintai produk dalam negeri sebagai wujud cinta tanah air." Saya pikir penerapannya mudah. Nyatanya, kini justru banyak bermunculan produk-produk luar negeri yang diimpor ke Indonesia. Belum lagi ketika harga yang ditawarkan produk impor tersebut lebih murah, maka banyak yang beralih ke produk impor dan semakin tergeruslah produk dalam negeri. 


Dampak negatif impor

Padahal memakai produk impor bukan hanya membuktikan bahwa kita belum bisa cinta dengan produk dalam negeri. Tapi impor sendiri pun sebenarnya memiliki dampak negatif. Yakni:
  • Dengan adanya impor, artinya negara kita tidak bisa memproduksi barang dengan jumlah yang cukup dan sesuai kebutuhan masyarakat. 
  • Kualitas barang di negara kita tidak sebaik kualitas produk di negara eksportir.
  • Hampir sama dengan poin pertama, itu artinya negara lain atau eksportir justru mampu memproduksi barang dengan jumlah yang melebihi kapasitas kebutuhan masyarakatnya.
  • Negara eksportir pun dapat memproduksi barang dengan harga modal yang lebih murah.
Dan apakah produk impor selalu sebanding dengan kualitasnya? Sayangnya, tidak juga. Di sinilah mungkin kita bisa optimis bahwa kita masih bisa membuat produk-produk dalam negeri yang lebih baik. Bahkan kian hari sudah banyak produsen dalam negeri yang sudah membuat produk asli Indonesia dan memperhatikan kualitas produknya agar menjadi yang terbaik.

Ya, kita harus bersyukur, karena sekarang kita patut berbangga dengan anak-anak dalam negeri yang sudah memikirkan hal ini. Semakin banyak warga kita yang berlomba-lomba untuk membuat produk-produk kreatif asli Indonesia. Bahkan banyak di antara mereka yang mampu menghasilkan produk kreatif 100% Indonesia yang mendunia. Wow keren!


Blibli.com, e-commerce yang turut berperan mencintai produk dalam negeri

Salah satu yang ikut berperan dalam memaksimalkan produk dalam negeri ialah Blibli.com. E-commerce atau toko online terkemuka di Indonesia ini juga turut andil untuk mengkampanyekan 100% produk kreatif asli Indonesia.

Di Blibli.com, kita bisa mendapatkan produk-produk kreatif tersebut secara lebih mudah karena bisa didapatkan secara online. Well, tentu kita sudah paham bahwa dunia online sekarang memang semakin merebak termasuk dalam hal belanja sekalipun. Maka dari itu, Blibli.com kini sudah menyediakan halaman Galeri Indonesia, dimana kita bisa mendapatkan produk-produk asli Indonesia yang dijual di sana. Mulai dari kerajinan khas Indonesia, pakaian batik, buku dan musik asli Indonesia, kriya Indonesia, kuliner, pakaian muslim, produk kecantikan, sampai tiket dan travel yang semuanya merupakan asli dari Indonesia.
halaman Galeri Indonesia di Blibli.com
Dengan adanya kemudahan yang disediakan Blibli.com tersebut, maka kita tidak perlu susah atau repot-repot lagi untuk mencari produk-produk asli Indonesia. Dengan membelinya, itu artinya, kita pun turut berperan untuk mencintai produk dalam negeri.

Manfaat mendukung produk asli Indonesia

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kita rasakan jika kita mampu mendukung produk-produk asli Indonesia?
  • Kita bisa menunjukkan rasa cinta terhadap tanah air. Tentu saja hal ini akan memperlihatkan rasa cinta dan syukur kita terhadap negara Indonesia
  • Menjaga nama baik bangsa. Dengan kita memakai produk dalam negeri, kita bisa melindungi nama baik bangsa Indonesia di mata dunia internasional
  • Menunjukkan rasa cinta terhadap produk Indonesia. Dari sini kita bisa membuktikan bahwa kita sebagai anak dalam negeri, juga menyukai produk-produk buatan dalam negeri.
  • Meningkatkan pendapatan negara. Apalagi jika kita mampu melakukan ekspor atau penjualan ke luar negeri, hal ini akan meningkatkan pendapatan negara kita. Pembayaran yang didapatkan dalam bentuk dolar, secara otomatis akan ditukarkan ke mata uang negara yang menjadi cadangan manfaat devisa negara Indonesia.
  • Memperluas lapangan pekerjaan. Dengan membuat produk di dalam negeri sendiri, kita juga bisa memperluas lapangan pekerjaan di Indonesia.
  • Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ketika lapangan pekerja sudah luas, maka kesejahteraan masyarakat Indonesia pun akan terjamin karena bisa mempunyai penghasilan yang layak.
  • Meningkatkan kualitas produksi. Setiap produsen pasti akan berpikir untuk meningkatkan kualitas produksi dari produknya, agar memiliki daya jual yang lebih tinggi lagi.
  • Mengurangi tingkat kemiskinan dan kriminalitas. Jika lapangan pekerjaan sudah luas, pun daya jual produk sudah meningkat, maka kemiskinan dan kriminalitas pun akan berpengaruh dan berkurang. Tidak bisa dipungkiri kemiskinan dan kriminalitas didorong oleh sedikitnya lapangan pekerjaan.
  • Pertumbuhan ekonomi negara yang meningkat.
  • Jumlah investasi negara yang banyak.
  • Skala usaha dalam negeri yang lebih besar.
  • Memperbaiki sumber daya manusia negara Indonesia.
  • Sumber daya alam bagi kehidupan akan bermanfaat sangat maksimal.
  • Memperluas pasar produk Indonesia.
  • Dapat mempererat hubungan internasional.
Ya, ternyata memang banyak sekali keuntungannya jika kita mau turut andil menggunakan produk kreatif asli Indonesia.

So, dengan adanya beragam manfaat yang menjadi keuntungan tersebut, semoga kita tidak ragu lagi untuk memakai dan mencintai 100% produk kreatif asli Indonesia. 😊

Blibli.com Blog Competition

24 comments:

  1. Karena sy adalah emak dr 2 anak, pengalaman membandingkan produk dalam dan luar adalah mainan hehe. Banyak produk dalam negri terbuat dari kayu dan kebanyakan masih buatan tangan ya? Otomatis lebih mahal. Sementara mainan plastik dari cina dibuat masal dengan mesin dan harganya jauh lbh murah. Tapi kualitasnya juga beda lho. Mainan2 plastik yg murah2 itu sekarang rata2 sdh rusak pecah. Sementara mainan kayu produksi dlm negri masih ada sampai sekarang padahal anak2 sdh besar2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, harga sebanding dengan kualitas ya. Lebih bagus dan lebih awet :)

      Delete
  2. Setujuuuuu mbak, skrg g hanya produk kreatif lokal yg bagus, makeup lokal jg bagus bagus dan murah lg.... *hidup irit!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, saya juga lebih sering pake makeup lokal :D

      Delete
  3. saya juga suka beli produk2 Indonesia, bagus2 juga kok

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, saya suka produk2 lokal. Toh, kualitasnya nggak kalah keren sama produk luar negeri

    ReplyDelete
  5. Suka banget sama kerajinan tangan Indonesia. Unik gitu etnik2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Saya juga suka kalo ngeliat kerajinan tangan gitu :)

      Delete
  6. Betul, kita harus mencintai produk sendiri. Biar negara dan bangsa kita jadi lebih maju

    ReplyDelete
  7. Produk lokal selain bagus harganya juga terjangkau. ^_^ Love Indonesia pokoknya

    ReplyDelete
  8. Suamiku baru minggu lalu beli sepatu keren, aku sempet marah beli ko mesti produk luar mulu eh ternyata salah sepatunya produk asli Indonesia. Langsung dijitak suami, produk Asli Indonesia ternyata ga kalah bagus sepakat sama point2nya mba mari cintai produk2 dalam negeri.
    Gudluck y mba lombanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi saking kerennya ya Mbak sepatunya :D
      Aamiin. Makasih Mbak :)

      Delete
  9. Produk lokal pun sekareang bagus2 dan kalah sama prouk asing ya mbak, plus lbh murah lg harganya ketimbang beli impor :D

    ReplyDelete
  10. Wah.. Blibli sekarang sudah menjangkau kecintaan produk dalam negeri ya mba. Bisa menunjang kearifan lokal negeri kita ini. Kan sayang sekali kalo kita gak bangga produk dalam negeri padahal produknya juga gak kalah keren dan menariknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mas. Sudah didukung, tinggal kitanya saja ya :)

      Delete
  11. Makin bangga dengan produk Indonesia. Produk lokal sekarang keren-keren :D

    ReplyDelete
  12. Udah nggak ragu lagi beli produk asli Indonesia lewat blibli.com, hhheee :D

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.