Tuesday, 24 January 2017

Keep smile, keep spirit, positive thinking!

Masalah atau pun ujian kehidupan kadang membuat seseorang menjadi lebih kuat. Ia menjadi lebih tegar karena masa lalu-masa lalu yang telah dilewatinya. - Ade Delina Putri

7. Tulislah tulisan yang dapat membuatmu merasa kuat!

Keep smile, keep spirit, positive thinking! Satu kalimat itulah yang barangkali bisa membuat saya merasa kuat. Terlebih di saat masalah menghimpit dada, di saat saya kembali ingat kalimat tersebut, rasanya saya menjadi lebih tegar dan lebih bisa menerima.
credit: Pixabay

Ujian berat dan bertubi-tubi

Kalau tidak salah, kalimat itu saya buat tahun 2012. Ya, artinya empat tahun yang lalu. Sebelumnya saya pernah merasa mendapatkan ujian yang cukup berat dan bertubi-tubi. Rasanya susah sekali tersenyum. Susah semangat. Apalagi untuk berpikir positif. Rasanya hanya saya yang dapat ujian seperti itu. Mau curhat pun, tidak ada orang yang mengerti. Semua hanya berbicara sesuai sudut pandangnya. Jauh dari harapan saya. Ah, mungkin karena saya hanya ingin mendapat persetujuan atau mungkin pembelaan (?)

Akhirnya, saya mulai mendekatkan diri pada Allah. Di situlah saya merasa bahwa ternyata Allah begitu dekat. Entah bagaimana caranya, ada saja petunjuk-Nya yang diperlihatkan pada saya. Saya mendapati begitu banyak masalah yang masuk ke telinga saya lewat curhatan teman-teman. Nyatanya apalah masalah saya dibanding mereka. Tiba-tiba saja saya merasa begitu kerdil. Merasa bahwa masalah saya hanya setitik dibanding mereka.


Allah tidak menguji hamba-Nya di luar kemampuan umat-Nya

Pelan-pelan saya bangkit. Saya rutinkan sholat malam, sujud sambil menangis di hadapan-Nya. Sampai menyibukkan diri agar saya lupa pada keluhan-keluhan saya. Beruntung Allah pertemukan saya dengan teman-teman yang positif. Bersama mereka, saya mengisi hari dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermakna.

Barulah pada akhir tahun 2012, tercetus kalimat "Keep smile, keep spirit, positive thinking!" itu. Tujuannya sih untuk menyemangati diri sendiri :)) Meyakini bahwa apapun yang terjadi, saya harus tetap tersenyum, tetap semangat, dan selalu berpikir positif.

Dan jadilah kalimat tersebut saya tulis di semua bio media sosial saya. Supaya saya selalu ingat. Dan orang-orang yang membacanya pun juga bisa hidup lebih optimis. Karena memang bukan hanya kita yang punya masalah. Tapi seeeemua orang di dunia ini punya masalahnya sendiri. Hanya saja semua berbeda sesuai tingkat keimanan dan kemampuan seseorang :)
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebaikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo’a): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”. (QS. Al-Baqarah: 286)
So, keep smile, keep spirit, positive thinking! ^_^

Mari kita tetap tersenyum, tetap semangat, dan berpikir positif. Yakini diri bahwa apapun yang terjadi tidak ada yang kebetulan. Semua terjadi atas kehendak-Nya. Dan setiap ujian yang menimpa kita semata-mata untuk membuat kita lebih kuat dari sebelumnya :)

2 comments:

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.