Monday, 13 March 2017

Cara Saya Agar Tubuh Tetap Langsing

Di saat kebanyakan orang kepingin langsing, saya justru kebalikannya: ingin gemuk! Iya, dari kecil badan saya agak susah diajak gemuk. Entahlah. Padahal ibu dan ayah saya bisa dibilang gemuk. Sebenarnya saya juga pernah gemuk sih pas zaman masih sekolah. Tapi cepat merosot lagi hiks. Bahkan saat hamil sekarang pun orang masih melihat saya kurus dan tidak kelihatan seperti orang hamil. Makanya wajar kalau ada orang yang tidak tahu saya hamil, tidak menyadari bahwa saya sedang hamil.
via pixabay
Padahal percaya atau tidak, saya sudah menerapkan ngemil setiap saat. Makan nasi agak banyakkan. Habis makan tidur. Sering makan malam. Tapi hasilnya tetap saja nihil. Berat badan naik pun mungkin hanya bawaan si baby. Karena pengalaman setelah melahirkan Emir dulu, berat badan saya langsung merosot lagi hehe.

Oke, tapi saya sadar, bahwa yang penting bukan gemuk langsingnya. Tapi sehatnya. Jadi saya mulai meninggalkan kebiasaan buruk, seperti ngemil dan makan berlebihan, setelah makan langsung tidur, dan saya pun sudah tidak makan berat melewati jam 7 malam. Nah, sekarang ini nih kebiasaan yang saya lakukan agar tubuh tubuh tetap langsing:

1. Banyak minum air putih

Percayalah, air putih itu lebih bermanfaat dari minuman apapun. Ya, sejak kerja dulu saya pasti sudah bawa air putih di botol kemana-mana. Selain bermanfaat, air putih juga lebih mampu menghilangkan rasa haus dibanding minuman lain apalagi minuman yang rasanya manis.

2. Jalan kaki 

Jalan kaki ini sudah saya biasakan sejak dulu. Makanya, saya beruntung, dengan saya tidak bisa naik motor, saya jadi tidak punya pilihan kecuali jalan kaki atau naik angkot untuk kemana-mana sendiri hehe. Selain jalan kaki, teman-teman juga bisa olahraga sesuai minatnya. Intinya sih, yang penting keluar keringat. Karena dengan keluar keringat, otomatis kita membakar kalori.

3. Makan teratur

Sebisa mungkin saya selalu berusaha makan teratur setiap hari. Sarapan jam 08.00 pagi. Makan siang jam 12.00. Makan sore jam 16.00. Malam sudah tidak makan berat lagi. Kalau pun masih lapar, ngemil sedikit bolehlah atau lebih bagus ngemil buah-buahan :)

4. Rajin makan sayur-sayuran dan buah-buahan

Ada untungnya waktu kecil saya selalu dicekoki ibu makan sayur. Alhasil sekarang saya jadi doyan makan sayur. Selain itu, saya juga selalu mengusahakan ada buah di rumah untuk cemilan. Pasti kita tahulah kalau sayur dan buah ini sangat bermanfaat. Bukan sekedar bermanfaat untuk membuat kulit bagus dan pencernaan menjadi sehat. Tapi sayur dan buah juga membuat daya tahan tubuh menjadi kuat sehingga tidak mudah sakit. Bahkan saya pernah menonton diet ala Dewi Hughes, bahwa beliau menekankan untuk makan banyak sayur-sayuran. 
Selain itu, bisa juga makan beras merah untuk diet ala tropicanaslim. Karena beras merah ini memang lebih bagus dari beras putih sebab beras merah tinggi serat. Ini solusi yang cocok bagi teman-teman yang ingin menjaga berat badan tetap ideal dan memiliki tubuh yang sehat.


5. Berbahagia dan berpikir positif

Hidup itu harus disyukurinlah. Apapun yang terjadi dengan kita, pasti sudah menjadi kehendak-Nya. Memang tidak mudah, tapi kalau kita mencoba berpikir positif pada segala sesuatunya, insya Allah bahagia itu mudah diraih :) 

Dan poin terakhir inilah yang penting. Sebab pada akhirnya kita jadi berbahagia, apapun bentuk badan kita. Langsing ataupun gemuk, selama kita mensyukurinya, insya Allah kita akan tetap bahagia dan tidak menjadikannya beban. Karena sekali lagi, bukan gemuk langsingnya, tapi yang terpenting adalah kita bisa menjalani pola hidup sehat dan tidak berlebihan :)

12 comments:

  1. Aku kelimanya dijalani. Tapi.. gak langsing langsing..heheheh

    ReplyDelete
  2. Belum waktunya aja :)
    Nanti gemuk juga.
    Ibu saya langsing terus, begitu anak ketiga.. umur bertambah, susah sekali kurus.

    ReplyDelete
  3. Aku sekarang gemukkk huhuuuuu syediiiih mbak
    Moga2 langsing lagi, meskipun nggak gendut2 amat sih wkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Enaklah udah gemuk. Lagian badan Mbak Mei ideal kok kayaknya :D

      Delete
  4. Kalo aku, habis anak pertama eh langsing. Kurus malah. Suami sampe ditanyain terus, istrimu kok kasian kurus gitu. Eh habis lahiran anak kedua, gendut stabil. Pdhal pas anak kedua udah tinggal misah sama ortu gak ada yg bantu, semua dikerjain sendiri. Malah gendut. Mungkin berusaha bertahan hidup dan gak stress dengan banyak makan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, apakah setelah lahiran anak kedua aku juga seperti itu? :D

      Delete
  5. setelah lahiran dua kali, alhamdulillah balik berat badan seperti jaman masih gadis.. hihi... alias kurus...

    ReplyDelete
  6. Orang gemuk minta kurus, orang kurus kepengen gemuk. He he... Btw saya juga langsing berkat point-point diatas :)

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.