Friday, 14 April 2017

Hindari Hal Ini Saat Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci

Mesin cuci, bagi saya pribadi adalah salah satu benda wajib karena jadi penolong banget dalam pekerjaan rumah tangga 😁 Apalagi modelnya di pasaran udah banyak. Mulai dari mesin cuci satu tabung, dua tabung, dan lainnya. Kita juga bisa mendapatkan mesin cuci dengan mudah di MatahariMall. Toko online ini menawarkan harga mesin cuci terbaik yang bisa menghemat pengeluaran rumah tangga kita. 
via MatahariMall
Saya yakin mesin cuci ini memang alat yang dibutuhkan. Mesin cuci mempermudah urusan cuci mencuci pakaian. Sayangnya dibalik kemudahan proses mencuci dengan mesin, terkadang kita para ibu rumah tangga melakukan beberapa kesalahan saat mencuci. Kesalahan ini tentu bisa menimbulkan dampak buruk mulai dari pakaian sampai mesin cuci menjadi rusak huhu. Well, kalau mesin cuci rusak pekerjaan pun akan menumpuk. Dan kita harus mencuci lagi dengan cara tradisional alias memakai tangan 😞 Maka itu untuk menghindari kerusakan pada pakaian serta mesin cuci kesayangan, yuk hindari kesalahan ini saat mencuci pakaian dengan mesin cuci!

🙅 Tidak Memilah atau Memisahkan Cucian 

Memang, rasanya lebih mudah bisa langsung memasukan cucian sekaligus ke dalam mesin cuci. Tapi kalau kebiasaan ini terus menerus dibiarkan, mesin cuci yang kita miliki beresiko besar untuk mengalami kerusakan. Kenapa? Pasalnya mesin cuci mempunya batas berat maksimal. Belum lagi kalau ada beberapa pakaian yang rentan luntur. Jika dicampurkan dengan pakaian lain bisa membuat warna pakaian menjadi rusak. Jadi biasakan untuk memilah pakaian terlebih dulu mulai dari warnanya, bahannya, dan modelnya ya. 

🙅 Lupa Mengosongkan Kantung pada Pakaian 

Selain memilah baju, kita juga wajib untuk mengosongkan kantung pada pakaian. Cara ini ditempuh supaya tidak ada uang yang tertinggal benda seperti logam yang masuk ke dalam mesin cuci. Benda logam seperti uang koin apabila masuk ke dalam mesin dapat membuat mesin terselip ke saluran selang air, filter, atau di antara drum. Akibatnya alat pemutar mesin cuci menjadi rusak. 

🙅 Terlalu Banyak Menggunakan Deterjen 

Semakin banyak menggunakan deterjen tidak menjamin cucian kita menjadi bersih lho! Terlalu banyak menggunakan deterjen bukan hanya dapat membuat pakaian rusak, tapi juga bisa membuat mesin cuci kesayangan kita rusak. Jadi pastikan kembali deterjen dalam takaran yang tepat. Kita bisa mengikuti petunjuk yang tertera pada setiap kemasan deterjen. 

🙅 Menggunakan Air dengan Suhu yang Salah 

Tidak semua pakaian bisa dicuci dengan air hangat atau air panas. Misalnya bahan rajutan, kalau dicuci dengan air panas justru pakaian berbahan rajutan bisa menyusut. Selama ini mungkin kita berpendapat bahwa menggunakan air panas bisa membuat pakaian jadi lebih bersih, tapi jika tidak justru akan merusak pakaian kesayangan kita. Belum lagi mesin cuci yang kita pakai juga akan mengalami kerusakan jika menggunakan air panas dalam mesin. 

🙅 Tidak Menutup Keran Usai Menggunakan Mesin Cuci 

Siapa yang begini? Semoga tidak ada ya 😊 Usai mencuci pakaian pastikan keran mesin cuci ditutup kembali. Jika dibiarkan terbuka maka bisa menimbulkan kebocoran pada pipa atau selang mesin cuci. 

Yap, itulah kelima kesalahan yang kerap dilakukan ibu rumah tangga saat mencuci menggunakan mesin cuci. Untuk menghindari kerusakan pada mesin cuci kesayangan kita, hindari kelima hal tersebut ya!

7 comments:

  1. keran mesin cuci maksudnya yang buat ngeluarin air ya mb? waduh sering aku biarin aja kebuka XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keran air. Besok2 jangan dibiarkan mak, sayang airnya juga kan hihi

      Delete
  2. Aku sering kelupaan nutup kran,walhasil banjir hehe. Untung mesin cucinya di depan ruang terbuka,jadi aman hehe

    ReplyDelete
  3. Saya yg sering lupa, meriksa kantong, mba.. Tau2 bunyi kletek2 deh.. Hehehe. Maafkan boim, ya Allah.

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.