Wednesday, 12 April 2017

Ini Dia 6 Wisata yang Ramah Anak di Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo (sumber : blog.airyrooms.com)
Hari ini saya mau ngomongin kota tempat tinggal saya saat ini. Yap, Surabaya! Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya memang identik sebagai pusat bisnis dan pendidikan. Dikenal dengan sebutan Kota Pahlawan, Surabaya tidak hanya kaya akan pesona sejarah dan budaya, melainkan juga menyimpan pesona wisata yang menarik sekaligus ramah anak.

Nah berikut beberapa destinasi wisata keluarga yang harus teman-teman kunjungi di Surabaya.

Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan yang terletak di Jalan Pahlawan ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dengan bentuk yang unik menyerupai paku terbalik. Pada area seluas lebih dari satu hektar ini, kita bisa mengunjungi museum pahlawan untuk menyaksikan bagaimana perjuangan Bung Tomo dan arek-arek Surabaya lainnya dalam mengusir penjajah. Tidak hanya foto dan barang-barang peninggalan, melainkan juga diorama, replika, bahkan rekaman suara Bung Tomo yang menggelegar bisa kita saksikan di tempat ini. 
Adanya taman yang lengkap dengan sarana edukasi flora memberikan nilai lebih sebagai tempat wisata keluarga dan edukasi anak.

Kebun Binatang Surabaya

Bisa dibilang, Kebun Binatang Surabaya (KBS) merupakan ikon wisata Kota Surabaya setelah Tugu Pahlawan. Ciri khas dari tempat wisata ini adalah patung “Suro dan Boyo” yang juga merupakan lambang sekaligus asal-usul nama “Surabaya”. 
Terletak di Jalan Setail, Wonokromo, dulunya merupakan kebun binatang terlengkap se-Asia Tenggara. Kini, meskipun kepopulerannya telah meredup, kebun binatang seluas 37 hektar ini masih bisa kita kunjungi setiap harinya mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Harga tiketnya pun sangat terjangkau, yakni hanya Rp.15.000/orang.


Hutan Mangrove Wonorejo

Meskipun Surabaya termasuk dalam jajaran kota tersibuk di Indonesia, kenyataannya kota ini juga memiliki tempat wisata yang cocok untuk menikmati ketenangan alam. Ya, kita sekeluarga bisa mengunjungi Hutan Mangrove Wonorejo.
Berada di tempat tersebut, kita bisa menyusuri jembatan bambu—baik dengan berjalan kaki maupun bersepeda—sembari menikmati hijaunya hutan mangrove dengan keindahan alaminya. Di sepanjang jembatan kayu ini juga terdapat papan informasi tentang nama-nama spesies tumbuhan yang sangat bermanfaat sebagai sarana edukasi.


Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Sesuai dengan namanya, monumen ini berupa museum berbentuk kapal selam dengan segala peralatan dan pernak-perniknya. Uniknya, Monumen Kapal Selam bukanlah sebuah replika atau bangunan yang sengaja dibuat menyerupai kapal selam, melainkan sebuah kapal selam yang sebenarnya. Bahkan, kapal selam tersebut dulunya pernah diikutsertakan dalam pertempuran pembebasan wilayah Irian Barat.
Jadi, segala hal yang berada di dalamnya merupakan wujud asli dari sebuah kapal selam. Oleh karena itu, tempat wisata ini sangat cocok menjadi wahana wisata edukasi bagi anak dan keluarga. Lokasinya yang tepat berada di tengah kota Surabaya, tepatnya di Jalan Pemuda, menjadikannya mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Taman Bungkul

Baru-baru ini, Surabaya juga dikenal sebagai kota yang kaya akan taman. Bahkan, salah satu tamannya telah meraih penghargaan sebagai taman terbaik se-Asia Tenggara. Ya, Taman Bungkul. Taman paling populer sekaligus menjadi kebanggaan warga Surabaya. 
Selain sebagai tempat bersantai, taman yang terletak di Jalan Darmo ini juga dilengkapi dengan taman bermain anak, area skateboard, amfiteater, dan jogging track. Acara-acara hiburan dan kebudayaan juga sering diadakan di taman ini.


Ciputra Waterpark

Ciputra Waterpark merupakan wahana wisata air terbesar di kota Surabaya. Terdapat berbagai jenis kolam renang dengan segala jenis permainan air yang bisa kita nikmati di area seluas 5 hektar ini. Melalui konsep ala petualangan Simbad, dijamin anak-anak akan betah bermain air di tempat rekreasi air yang berlokasi di Surabaya Barat ini. 
Jika teman-teman tertarik untuk berkunjung ke Kota Pahlawan, jangan lupa memastikan penginapan. Kita bisa melakukan pemesanan di Airy Rooms baik melalui situs maupun aplikasi untuk mendapatkan hotel murah di Surabaya yang nyaman. 
Tenang saja, meskipun harganya sangat terjangkau, Airy Rooms memberikan jaminan fasilitas yang mumpuni. Selain kamar tidur bersih, perlengkapan mandi, dan shower air hangat, kita juga akan mendapatkan fasilitas AC dan wifi gratis. 

Jadi, tunggu apalagi? Selamat liburan di Surabaya bersama sang buah hati!

5 comments:

  1. kalau kebun bibit dan taman di raya darmo itu termasuk tidak? jadi kangen di surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk. Cuma ya mungkin ga seterkenal tempat-tempat di atas hehe

      Delete
  2. tahun 2007 silam saya pernah ke Surabaya Mba, tapi gak sempat jalan-jalan ke tempat-tempat di atas, cuman sempat ke pasar turi beli daster buat mama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk main lagi ke Surabaya. Banyak tempat kece lainnya juga :D

      Delete
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata .
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pariwisata

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.