Thursday, 18 May 2017

3 Sikap Bijak untuk Menghadapi Promo

Kayaknya hawa-hawa puasa sudah berasa banget ya. Dari mulai iklan sirup-sirup dan biskuit yang konon mulai banyak tayang di TV (berdasarkan cerita teman sih, karena saya nggak punya TV di rumah hehe), tiket-tiket transportasi yang mulai diserbu, sampai hawa panas khas bulan puasa pun sudah kerasa banget, fiewh 😪

Tapi ada satu juga yang nggak ketinggalan nih, menjelang puasa dan lebaran gini biasanya banyak promo dan diskon yang bertebaran! Whuaa! Siap-siap harus tahan diri ya. Apalagi tahun ini mall atau toko-toko baik online maupun offline banyak yang menawarkan promo lebaran 2017. Huh jangan sampai kalap deh! 
via Pixabay
Promo ini memang menggoda banget dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang yang suka berbelanja. Selain bisa membeli barang dengan harga lebih murah, harga promo biasanya diberikan untuk barang-barang yang baru rilis. Karena itulah punya barang yang baru dirilis tapi bisa mendapatkan harga promo, pasti jadi keuntungan tersendiri. Tapi, jangan sampai kita tidak berpikir jernih karena masa promo ini membuat kita para konsumen jadi kalap, bahkan sampai berebut untuk mendapatkan barang yang dijual dengan harga promo tersebut. Seringnya sih, karena teriming-iming harga murah, kita jadi abai pada pertimbangan-pertimbangan lainnya. Padahal belum butuh barangnya, tapi karena ada promo kita jadi tergiur huhu. So, untuk menghindari rasa kalap, kita bisa memiliki 3 sikap bijak untuk menghadapi promo dengan melakukan tips-tips di bawah ini agar tidak menyesal ke depannya:

💁 Harga Promo Tidak Berlaku untuk Semua Produk

Biasanya toko atau mall sering menyebarkan informasi masa promo harga untuk menarik perhatian konsumen. Tapi ketika kita sudah datang ke toko atau mall tersebut, tidak jarang konsumen atau calon pembeli merasa kecewa karena harga promo yang diiklankan tidak berlaku untuk semua barang, huhu 😥
Karena inilah sebagai calon konsumen atau pembeli, kita harus tahu bahwa memang tidak semua produk diberlakukan harga promo. Harga promo biasanya diberikan untuk produk-produk tertentu, terutama produk yang baru dirilis ke pasaran atau justru produk yang masa berlakunya sudah hampir habis. Maka itu, jangan sampai kita langsung tertarik jika sebuah toko atau mall memberikan harga promo. Sebab bukan tidak mungkin barang yang ingin kita beli justru dijual dengan harga normal, hiks 😥

😉 Perhatikan Masa Berlaku

Yang namanya promo, biasanya tidak berlaku setiap waktu. Tapi memiliki tenggat waktu tertentu. Sebagai calon pembeli, kita harus jeli memperhatikan masa berlaku sebuah promo supaya kalau sudah terlanjur mengambil barang tersebut dan membawanya ke kasir, kita tidak terkejut karena barang tersebut ternyata dijual dengan harga normal. Bukan hanya memperhatikan masa berlaku promo, tapi kita juga harus memperhatikan masa berlaku barang tersebut. Misalnya saat membeli makanan, perhatikan masa kadaluwarsanya. Karena tidak jarang, barang yang dijual dengan harga promo justru barang yang sudah mendekati masa kadaluawarsa.

🙆 Bandingkan dengan Harga di Tempat Lain

Sebelum terburu-buru membeli barang yang dijual dengan harga promo, kita harus mencari informasi tentang harga barang tersebut di tempat-tempat lain. Gunanya supaya kita mendapatkan harga sebenarnya atau harga rata-rata. Karena tidak jarang sebuah toko atau mall membuat iklan atau selebaran tentang adanya promo, tapi ternyata harga sebenarnya sudah ditinggikan/dinaikkan hanya untuk menarik perhatian konsumen, sehingga konsumen akan merasa sangat beruntung ketika mendapatkan potongan harga yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan harga di tempat lain, huhu 😥

Nah itulah 3 sikap bijak untuk menghadapi promo agar kita tidak kalap dalam memanfaatkan promo harga. Selalu ingat untuk membeli barang-barang yang memang kita butuhkan. Bukan karena harga murahnya, tapi karena manfaatnya 😊

sumber referensi: https://hargamurah.org/2016/12/01/cara-bijak-memanfaatkan-promo-harga/

2 comments:

  1. Penting bgt tuh ngecek expired datenyaa...
    karena kadang dibuat promo karena barangnya mau expired

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.