Monday, 15 May 2017

Plus Minus AC Low Watt

AC, bagi sebagian orang barangkali sudah jadi kebutuhan rumah tangga yang pokok. Di lingkungan rumah saya sendiri, hampir sebagian memakai AC. Apalagi bagi yang punya anak, AC ini memang berguna banget untuk bikin udara sejuk yang bisa membuat anak nyaman 😊

Nah kalau selama ini kita hanya tahu AC standar, sekarang sudah ada AC yang lebih hemat energi atau biasa dikenal dengan AC low watt. Ya meskipun sama-sama mengusung konsep hemat energi, tapi keduanya memiliki perbedaan lho! 
AC dengan tipe low watt sendiri pada umumnya memiliki cara kerja yang sama dengan AC standar. Hanya bedanya terletak pada kompresor yang dipakai, di mana kompresor pada AC dengan jenis low watt menggunakan daya listrik yang lebih kecil. AC jenis ini juga dibantu dengan kipas angin pada outdoor unit untuk mencapai kemampuan yang sama.

Kelebihan dan Kekurangan AC Low Watt


  • Untuk masalah mendinginkan ruangan, AC low watt membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan AC inverter.
  • Fitur tambahan yang terdapat pada AC jenis ini kurang lebih sama dengan fitur yang ada pada AC standar. Jadi secara keseluruhan AC standar dan AC yang low watt hanya berbeda pada pemakaian daya listriknya.
  • Tarikan listrik awal pada AC jenis ini lebih rendah dibandingkan AC standar dan AC inverter.
  • Pemakaian energi listrik lebih rendah dari AC standar tapi lebih tinggi dari AC inverter.
  • Ada beberapa AC jenis ini yang menggunakan Freon R22 atau R32. Freon R22 ini adalah jenis Freon yang bisa merusak lapisan ozon dan sebaliknya Freon R32 ini ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon.
  • Untuk masalah harga, AC Low Watt berada di antara harga AC standar dan AC Inverter.

Skenario Ruangan yang Cocok Untuk AC Tipe Low Watt

Sebagai informasi dan juga pengetahuan untuk kita, berikut ini adalah beberapa skenario ruangan yang cocok untuk AC tipe low watt:

  • Sangat cocok untuk hunian dengan daya listrik rendah
  • Cocok untuk ruangan dengan pintu yang sering dibuka-tutup atau orang sering keluar masuk
  • AC jenis ini cocok untuk penggunaan yang tidak terlalu lama, misalkan 2-3 jam setiap pemakaian
  • Cocok untuk digunakan di ruangan kantor, ruangan karaoke dan juga ruang tamu di rumah kita. 
Jadi kesimpulannya jika rumah kita memiliki daya listrik pas-pasan, pintu ruangan AC lebih sering dibuka-tutup, AC sering dinyalakan dan dimatikan, AC hanya digunakan pada jangka waktu pendek maka AC low watt adalah pilihan yang tepat untuk kita 😊

No comments:

Post a Comment

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.