Wednesday, 13 September 2017

Media Sosial untuk Apa?

Waktu saya bikin tulisan Gimana Cara Menyikapi Media Sosial?, ada satu komen menarik dari Mbak Vicky yang nanya medsos saya dipake buat apa, selain share link blog dan siapa yang unfollow?

Haha saya malu sendiri jadinya. Padahal yang begitu cuma ada di Twitter saya. Karena saya emang jarang main Twitter. Jadi ya palingan dipake buat share postingan blog aja. Tapi kalau urusan follow unfollow itu emang udah otomatis. Jadi waktu zaman saya masih alay, saya follow aplikasi itu, jadilah hampir setiap hari saya menerima notifnya, yang mana ya muncul di timeline huhu. Mau diunfoll aja kok lupa mulu 🙈
via Pixabay
Oh ya, postingan ini juga terinspirasi dari tulisan Mak Suciati Cristina di KEB tentang Social Media? Untuk Apa? Jadi sebenernya media sosial saya buat apa?

Fyi, saya hanya main 4 medsos sekarang. WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Twitter meski jarang 🙈. Kalo BBM, Line, dan medsos lainnya udah saya hapus karena emang jarang terjamah ((terjamah)) 😂

Jadi medsos saya itu biasanya untuk apa sih?
  • ☑️‌ Sharing tulisan
Hehe ini terutama di Facebook. Biasanya saya share postingan blog ke fanpage saya dan grup-grup komunitas blogger yang saya ikuti. Selain itu, kadang saya juga bikin status agak panjang kalo lagi mood nulis di Facebook. Kalo untuk Twitter, saya pernah juga sih bikin kultwit, tapi sekarang-sekarang ini udah agak jarang. Jadi yauda sekarang Twitter lebih maksimal dipake buat sharing tulisan atau retweet status yang bagus aja. 

  • ‌🔡 Baca informasi (parenting, kepenulisan, blog, atau sekedar artikel-artikel biasa) 
Medsos bagi saya sekarang bukan lagi sekedar pamer foto, atau status. Tapi juga sebagai ladang baca-baca informasi. Apalagi di Facebook saya ngelike, berteman, dan di Twitter follow orang-orang yang suka bikin tulisan-tulisan bagus atau orang yang ahli di bidangnya. Kayak parenting yang ngeshare info tentang anak masalah ASI, tumbuh kembang, MPASI, atau menu bekal anak yang pernah dishare beberapa teman medsos saya. Tentang ngeblog dengan segala seluk beluknya, dari mulai sharingan tulisan teman-teman blogger, ilmu dasar blog, kepenulisan, sampai job-job 😁. Ada lagi info-info tentang kesehatan, kebutuhan rumah,  dll. Ah pokoknya banyak deh.  Trus saya pun suka baca artikel atau berita yang berseliweran di beranda. Ya asal nggak baca berita hoax aja sih hehe.

  • 💞 Berkomunitas
Saat ini saya ikut banyak komunitas. Terutama komunitas blogger dan emak-emak atau parenting. Nah di Facebook dan WhatsApp itu banyak komunitasnya. Jadi yauda aja saya manfaatin medsos buat berkomunitas. Karena di komunitas itu saya nggak cuma dapat jaringan. Tapi juga manfaat yang banyak banget dan pastinya nambah wawasan tentang apa yang saya minati.

  • Keperluan buzzer
Alhamdulillah sekarang saya bisa menghasilkan materi lewat medsos. Jadi mulai kapan tepatnya saya lupa, saya mulai mendapat tawaran menjadi buzzer di media sosial saya. Seperti buzzer untuk promosi suatu produk atau kegiatan begitu. Yang pasti sih saya hanya menerima buzzer yang positif, no politic dan no hoax ya 😊 Saya juga tidak menerima untuk menjadi buzzer yang tidak sesuai dengan prinsip saya.

Baca: 4 Alasan Saya Menolak Job Review

  • ‌🙈 Kepo-kepo akun orang
Haha yang ini agak nggak penting untuk disebutkan sih. Tapi ya itulah kenyataannya 😂🙈 Kadang saya ngepoin akun orang. Misalnya kayak temen lama yang udah nggak ketemu-ketemu. Orang-orang yang sedang viral dibicarakan. Atau ngepoin akun orang-orang yang tulisannya bagus-bagus buat diikuti.

Ya kira-kira gitu aja sih manfaat medsos buat saya. Terlepas dari sisi negatifnya, saya udah ngerasain banyak manfaat dari medsos. Karena seperti yang saya bilang di atas, medsos bisa nambah wawasan dan pengetahuan saya. Apalagi dari medsos saya juga nambah banyak teman baru yang sebelumnya nggak kenal dan sekarang justru jadi akrab 😊 

Kalau kamu, media sosial untuk apa aja? 

14 comments:

  1. Media sosial buat promosi dagangan. Hehehehe :D

    ReplyDelete
  2. Buat sharing sih, ya? :D Tapi sebisa mungkin, aku harus menghindari curhat di sana. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku gapapa curhat, asal curhat yang umum2 aja hihi

      Delete
  3. Manfaatnya banyak sih. :D Salah satunya, jadi tahu kabar sodara2 yang jauh

    ReplyDelete
  4. Sosmed buat saya sih banyak fungsinya hehe, bisa buat buzzer, stalking, jualan, nyari info dan lainnya

    ReplyDelete
  5. dulu sih medsos buat galau-galauan ya... sekarang udah gak jaman. hehe
    medsos buat cari info dan sharing ttg macem-macem kalo sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha aku jadi inget zaman aku masih alay, suka ngegalau di Facebook 🙈

      Delete
  6. Medsos penting buat sharing, nambah ilmu, nambah teman plus nyari job hahaha

    ReplyDelete
  7. toooos mba sama banget sama aku hahha...
    dulu mah cm buat numpang update status kl lagi senang dan syedih ala2 anak ABG, tp sekarang mah jarang nyetatus kl ga urusan blog ma anak hehe...

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.