Wednesday, 1 November 2017

Mau Ngeblog? Gampang Kok! Ini 9 Langkahnya!

Akhir-akhir ini banyak banget teman-teman dari komunitas kepenulisan yang saya ikuti nanya gimana caranya ngeblog. Saya seneng banget sih kalau ada pertanyaan itu. Karena emang udah unek-unek sejak lama kalau saya kepingin teman-teman yang suka nulis juga bikin blog.

Sayang aja kalau misal kemampuan nulis mereka cuma sebatas file pribadi atau cuma posting di facebook. Selain postingannya bisa tenggelam, jangkauannya pun seringkali hanya yang diterima sebagai teman saja. Berbeda dengan blog yang jangkauannya lebih luas.  Ya kecuali kalau mau sengaja diprivat sih. Lagi pula dengan ngeblog, hitung-hitung meskipun kita belum bisa nulis buku, paling tidak kita punya kesempatan kalau tulisan kita dibaca orang kan ya 😊
via Pixabay
Nah kembali ke pertanyaan teman-teman soal bikin blog, sebenarnya saya selalu menjawab kalau udah banyak banget tutorial di Google. Tinggal searching ajalah. Apa-apa sekarang udah tersedia di Google 😁

Tapi kalau boleh saya tuliskan lagi, mungkin saya punya step-stepnya gimana caranya supaya kita bisa ngeblog.

This is it!

9 Langkah NGEBLOG:

  • ‌Punya email.
Saya rasa sekarang memang siapa saja harus punya email ya. Apalagi untuk buka media sosial dan belanja online di marketplace/e-commerce pasti butuh email. Nah di blog, email ini berguna untuk bikin akun. Kalau sudah punya email, maka kita tinggal pilih mau pakai platform apa.

  • ‌Tetapkan tujuan.
Pengen bikin blog untuk apa sih? Apakah buat curhat hore atau buat nyari penghasilan? Tetapkan apapun tujuan kita. Kalau sudah ditetapkan, maka kita akan lebih mudah menulisnya. Kita sudah tahu apa yang harus ditulis. Dan bisa juga kita sesuaikan dengan platform apa yang sekiranya cocok untuk jenis tulisan kita.

  • ‌Pilih platform blog.
Platform blog ada banyak. Tinggal pilih mau pakai yang mana. Mau pakai Blogspot, Wordpress, Tumblr, BlogDetik, Kompasiana, atau Wattpad. Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan atau keinginan kita.
Gampang, tinggal masuk aja ke website mereka. Misal Blogspot ya berarti masuk ke Blogger.com lalu login dengan akun Gmail kita. Pilih deh Blog Baru. Nanti kita akan diarahkan untuk langkah selanjutnya. Tutorial lebih lengkapnya coba kamu googling aja ya  😊
Tapi kalau kamu berniat serius (mencari penghasilan), kamu bisa membeli domain sendiri seperti .com, .id, .co.id, dll. Konon, yang berTop Level Domain seperti itu akan lebih mudah untuk segala macam penawaran kerja sama. Tapi kalau sekedar pasang Google Ad Sense, katanya sih nggak apa kalau tidak TLD. CMIIW yaa.

  • ‌Mulai nulis.
Sebelum bikin blog, kalau bisa sih kita sudah punya basic ilmu kepenulisan. Jadi walaupun tulisan kita belum bagus-bagus banget, minimal tulisannya ngga terlalu berantakan.
Ya minimal kita udah tahu bagaimana meletakkan tanda baca. Udah ngerti awal kalimat atau setelah titik koma hurufnya harus gimana. Udah paham kapan harus pindah ke paragraf selanjutnya, ect yang dasar-dasar kayak gitu pokoknya.
Urusan tata bahasa itu nantinya bisa menyesuaikan sendiri. Yang jelas jadi diri kita sendiri aja. Keluarkan sesuai yang ada di kepala kita. Tapi tetap patuhi aturan dan norma yang berlaku ya. Jangan sampai tulisan kita menyinggung pihak lain, apalagi itu dipublish. Zaman now bisa kena UU ITE ntar 😜

  • ‌Perhatikan tampilan blog
Antara nomor 3 sama 4 ini sebenarnya bisa ditukar sih. Tapi menurut saya, untuk awal lebih baik kita fokus menulis saja dulu. Ini berdasar pengalaman saya hehe. Kelamaan utak-atik tempatle (tampilan) blog, alhasil baru nulis sebulan kemudian 🙈 Jadi lebih baik kita fokus nulis aja dulu. Pilih tampilan yang sudah ada dan simpel, nanti ketika sudah nulis, bisa dibarengi dengan merapikan tampilan blog.
Apa gunanya? Memperhatikan penampilan itu semata agar blog kita enak saat dilihat, saat dibaca. Jadi usahakan pilih yang defaultnya background putih, dan font tulisannya warna hitam. Jangan dibalik ya hehe.

  • ‌Share tulisan di media sosial
Kalau kita bikin blog sekedar untuk curhat yang hanya boleh dibaca diri sendiri, poin ini bisa diabaikan. Tapi kalau kita mau tulisan di blog kita juga dibaca orang-orang, bolehlah kita bagikan tulisan itu di media sosial. Caranya cukup dengan copy link, lalu paste di medsos kita dengan tambahan caption sebagai bumbu supaya orang mau tertarik mengunjungi blog kita 😁

  • ‌Bergabung dengan komunitas-komunitas blogger.
Terutama kalau kita memang ingin mendapatkan tambahan semangat ngeblog. Maka bergabunglah dengan komunitas-komunitas blogger. (Baca: Manfaat Aktif di Komunitas). Selain itu, di komunitas blogger, kita juga bisa dapat manfaat lebih banyak: bisa saling sharing ilmu, saling berbagi informasi, bahkan bisa saling berbagi info job blogger *eh 😁

  • ‌Rajin-rajinlah baca, update informasi.
Mau jadi penulis, tapi malas baca? No no no! Jangan ya! Apalagi kalau kita masuk ranah publik. Supaya nggak kudet, kita juga harus update dong *asal jangan berita hoax aja. Dengan kita update, maka kita akan selalu punya hal baru yang bisa dibagikan. Selain itu, rajin baca juga bikin kosakata kita jadi bertambah. Sehingga tulisan kita jadi nggak monoton.

  • ‌Materialis boleh, tapi tetap original.
Katakanlah kita menulis blog untuk materi, itu boleh. Tidak dilarang. Tapi TETAP usahakan untuk membuat tulisan yang original. Tulisan yang berasal dari tangan kita sendiri. Karena seringkali tulisan yang asli akan SELALU LEBIH DISUKAI. Jelas karena orang akan lebih percaya dibanding jika kita mengcopas tulisan orang lain. Karena yang original biasanya juga akan selalu unik.

Begitu sekiranya teman-teman. Ngeblog itu sebetulnya gampang kok! Dan di sini, kita tidak terbatas ruang. Kita bebas menulis sepanjang apapun *ya asal jangan bikin buku aja sih haha*.

Hanya satu yang perlu diingat. Ketika kita sudah masuk ke dunia publik, maka jaga jari kita. Jangan sampai kita menyakiti hati orang lain atau pihak tertentu. Karena di dunia kita hidup sebagai makhluk sosial.  Yang artinya kita selalu butuh orang lain. Selain itu, kita pun harus bisa mempertanggung jawabkan apapun yang kita tulis 😇

Yuk ngeblog! 🙆

14 comments:

  1. Menulis hal yang disukai emang hasilnya akan lebih luwes dan lebih enak dibaca. Selain itu, perasaan juga lebih plong.

    ReplyDelete
  2. Bisa dibilang itu langkah paling utama, ya? :D Kalau 9 langkah itu udah lancar, tinggal menyesuaikan, selanjutnya juga akan enak.

    ReplyDelete
  3. Yup. Ngeblog tuh asyik. Siapa tau bisa jadi duit. Ya kan mbak Ade ^^
    #matasayaijo hahaha

    ReplyDelete
  4. terkadang gini ya moms, sedari awal saya niatnya ngeblog buat cari penghasilan tambahan, tapi setelah 3 bulan nulis ternyata hasilnya sangat jauh dari harapan, jadi lemeshh deh, hehe.. jd curhat.

    Makasih mb sudah membuat artikel yg bagus,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ga apa Mas. Yang penting tetep smangat nulis :)

      Delete
  5. Ngeblog tu bikin ketagihan. Kalo teman2ku selalu bilang gini kalo tak ajak bikin blog, nggak bisa nulis. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya ada juga yg bilang gitu. Jd aku khususkan tulisan ini buat yg suka nulis :D

      Delete
  6. Sekarang yang ngeblog banyaaaak banget. Meningkat pesat. Seneng deh, ngeblog jadi banyak temennya xD

    ReplyDelete
  7. Tulisan yang cakep mba. Berguna banget buat yang pengen ngeblog tapi bingung mo mulai dari mana..

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.