Monday, 29 January 2018

Kentang Goreng Mustofa, Makanan Andalan Keluarga

Ibu saya punya satu makanan yang jadi andalan sekali di rumah. Plus jadi teman favorit untuk pendamping makan apalagi di saat kepepet kalau tidak ada lauk. Dan ternyata, resep ini sudah turun temurun. Di keluarga suami pun sama. Jadi ya bisa dibilang ini favorit dan sudah jadi makanan paling andalan keluarga besar kami 😁

Apa itu?

Kentang Goreng Mustofa. 

dari ibu tersayang 😁
Kok Kentang Goreng Mustofa? Apaan tuh? Maybe kalau secara umumnya sih, namanya kentang goreng kering biasa ya. Tapi entah kenapa, di keluarga besar kami namanya Kentang Goreng Mustofa. Eh tapi pas saya cari di Google namanya sudah umum kok ada mustofanya haha. 

Saya nggak tahu ya sejarahnya gimana bisa disebut mustofa. Mungkin dulu ibunya mustofa ngidam kentang goreng kering. Jadilah namanya kentang goreng mustofa *ngawur. Kalian bisa googling sendiri aja ya hehe. 

Nah karena sudah ada di Google, berarti sudah banyak tuh resepnya. Bisa dicoba juga di rumah. Cuma kalau resep khusus punya ibu saya, begini nih:

Resep Kentang Goreng Mustofa: 

Bahan: 
  • Kentang
  • Minyak goreng
Bumbu: 
  • Cabe merah
  • Bawang Putih
  • Ebi
Tambahan: 
  • Bawang goreng
Cara membuat: 
  • Kupas kentang dan cuci bersih. Tiriskan. 
  • Potong dan iris panjang kentang setipis mungkin seperti lidi. 
  • Rendam dalam air bersih. Tujuannya sih biar lebih bersih lagi setelah dipotong. Jadi nggak menghitam gitu. 
  • Lalu dicelupkan ke air garam agar gurih.
  • Panaskan minyak goreng.
  • Goreng kentang dalam minyak yang sudah panas hingga kering. Tiriskan. 
  • Haluskan semua bumbu. Blender ajalah ya biar nggak ribet 😂
  • Tumis bumbu sampai kering.
  • Setelah bumbu kering, masukkan kentang yang sudah tiris tadi. Aduk pelan-pelan biar nggak berantakan sampai rata. 
  • Terakhir, boleh tambahkan bawang goreng supaya rasanya lebih mantap.

Nah begitu kira-kira resepnya. 

Lalu muncul pertanyaan, "kok nggak ditulis berapa takaran-takarannya sih, De?" 
Hehe. Ini sih jujur aja ya. Saya belum pernah membuat sendiri di rumah 😂🙈
Foto yang di atas itu hasil bikinan ibu saya hehe. Buat bekal anaknya tercinta ini di Surabaya 😁
Jadi teman-teman bisa menakar aja sendiri. Ya yang kira-kira bisa pas dan sesuailah antara rasa kentang dan bumbunya. Jadi misal kentangnya banyak, ya bumbunya juga banyak. Begitu kurang lebih hehe. 

Kenapa Kentang Goreng Mustofa jadi makanan andalan? 

Di rumah saya dan suami kenapa Kentang Goreng Mustofa ini bisa jadi favorit dan andalan?
Karena makanan ini bisa banget dimakan pakai apa saja. Dimakan pakai nasi dan sayur, dimakan pakai nasi dan kecap doang, dimakan pakai nasi aja juga enak. Atau dimakan begitu saja tanpa nasi pun bisa banget. Alias dijadikan cemilan 😁 Sayangnya yang terakhir biasanya ibu agak pelit haha. Karena bikinnya lumayan ribeeeet. Mbok dimakan gitu doang, bisa habis dalam 5 menit. Huhu sayang memang 😂
Tuh Emir aja doyan ngemil kentang 😁
Selain dibuat untuk persediaan di rumah, Kentang Goreng Mustofa ini juga selalu ada di acara-acara spesial. Terutama Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Sebagai pendamping makan ketupat sayur dan opor. Uuh endeus 😋 *nelen ludah, langsung laper.

Nah jadi gimana, kamu sudah pernah nyobain belum? Atau jangan-jangan sudah pernah buat sendiri? Atau malah jadi  favorit dan andalan di keluargamu juga? 😍

8 comments:

  1. Favorit nih kentang goreng, resepnya boleh dicoba nih :D

    ReplyDelete
  2. Bikin sendiri jadi lebih hemat. Hihi, tapi kalau pas males ya beli yang kemasan aja. :D

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau kalau namanya Mustofa hihihi..
    Tapi biasa beli, nti coba ah resepnya... bikin sendiri. Makasih Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Tar kalo udah jadi, share ya rasanya hihi

      Delete
  4. Aku kok baru dengar ya kentang goreng mustofa ini...sorenya bisa dicoba nih..
    Coba beli maksudnya...#malesmasak

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.