Sunday, 14 January 2018

Menumbuhkan Minat Menanam

Waktu SMP seorang temen saya pernah ngomong, "kalo mau ke rumah Ade tuh pokoknya cari aja yang rumahnya nggak kelihatan. Haha abis ketutupan tanaman."
via Pixabay
Haha ada benarnya sih. Depan rumah orang tua saya itu banyak tanaman. Dari dulu ibu saya emang suka banget bercocok tanam. Ditambah punya suami yang mendukung. Cocok deh mereka 😄 Makanya nggak heran kalau di depan rumah dipenuhi tanaman dan pot dengan pemandangan yang hijau 😍

Dan ini ditulari ke kakak-kakak saya. Di rumah mereka pun, ibu dan ayah selalu menanam di pekarangan mereka. Tujuannya ya membuat rumah mereka juga asri. Dan sampai saat ini rumah mereka pun jadi hijau.

Sayangnya ini belum tertular ke saya huhu. Dulu saya pikir bakal bisa kayak kakak-kakak yang juga suka menanam. Lahdalah pas punya rumah sendiri kok malah belum kesampean 🙈

Suami udah pernah beli tanaman jeruk nipis dan ditaro di pot sih. Tapi seringnya saya lupa nyiram. Begitu pun suami. Akhirnya sama suami ditaro di halaman lantai atas, biar disiram sama karyawannya. Lah piye iki? 😂

Sampai-sampai saya berpikir jelek, apa iya saya nggak bakat bercocok tanam? Selain saya nggak ngerti caranya menanam, saya pun bukan orang yang care dengan tanaman *aih. Iya, dulu pas gadis saya memang nggak terlalu peduli sama tanaman-tanaman punya ibu. Nyiram aja kalau disuruh aja sama ibu 😑

Duh maafkan Baim ya Allah 🙈

Meski begitu, saya ini sebenernya suka lihat yang hijau-hijau (bukan duit lho yaa walaupun juga sih haha). Soalnya ngerasain banget pas di rumah lihat banyak tanaman tuh rumah jadi asri dan adem. Selain itu bagus juga kan buat relaksasi mata. Apalagi tanaman yang ditanam ibu juga ada yang bermanfaat. Kayak pandan, lidah buaya, sirih, daun jeruk, dan buah mangga.

Jadi saya mulai kepikiran pengen nyoba bertanam. Apalagi di rumah saya juga punya halaman belakang yang masih kosong. Bakalan lebih bagus kalau diisi dengan yang hijau-hijau. Dan dulu sempat kepengen kayak halaman-halaman yang dishare di Instagram dengan pemandangan hijau dan bunga warna-warni. Di pikiran saya tuh bakal menanam tanaman yang bermanfaat. Kayak buah, sayuran, atau tanaman apapun yang pokoknya bisa dimanfaatkan. Kan bagus buat meminimalisir pengeluaran 😍

Niatnya sih mungkin kalau anak-anak udah mulai bisa diatur. Karena seru kayaknya kalau bisa ngajak mereka buat kotor-kotoran sambil ngajarin caranya bercocok tanam 😍

Semoga yaa. Nanti berguru dulu deh ke ibu 😁

Kamu gimana, punya tanaman nggak di rumah? Atau jangan-jangan malah suka banget bercocok tanam? Boleh dong sharing juga tipsnya 😍

8 comments:

  1. waduh kayanya saya nih yang kudu ditingkatkan minat menanamnya, padahal ayah saya petani. Dikasih tanaman binahong malah mati ><

    ReplyDelete
  2. coba selain mulai bercocok tanam, juga sekalian desain kecil - kecilan mbak tamannya hehe. siapa tahu tambah seru dan mengasyikkan :)

    ReplyDelete
  3. menanam itu kegiatan yang menyenangkan lho kak, membantu menghilangkan stress... kalo aku berhubung agak kurang rajin, hobinya nanam kaktus... hihi, gak perlu rajin disiram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya kaktus. Tapi serem ih banyak durinya :D

      Delete
  4. Aku juga lagi membiasakan diri suka berkebun mbaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.