Monday, 22 January 2018

Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Musim yang paling saya suka adalah musim hujan 😍 Makanya kalau ada yang menggerutu hujan turun, rasanya gimana gitu. Padahal musim ini kan termasuk anugerah. Ya walaupun mungkin kadang bikin ribet mau jalan keluar, belum lagi kalau rumah jadi banjir huhu. Tapi di biar bagaimana pun, tubuh dan pikiran kita juga harus tetap sehat di musim hujan. 
via Pixabay
Ah ngomongin banjir, jadi inget masa lalu. Di saat rumah masih belum direnovasi, dan setiap kali hujan selalu deg-degan karena takut banjir hiks 😔 Alhamdulillahnya sekarang masa-masa itu sudah terlewati. Setiap kali hujan saya jadi bahagia 😍

Terkadang musim hujan juga dikeluhkan sebagai pembawa penyakit hiks. Padahal mah yang namanya penyakit bukan karena musimnya, melainkan daya tahan tubuh kita yang lemah. Dan hanya saja pas sekali datangnya dengan musim hujan. Kan nggak boleh juga ya menyalahkan musim hujan 😉

Jadi, biar tetap fit saat musim hujan gimana dong? 

✔️ Selalu bawa jas hujan atau payung
Kalau sering pergi atau bekerja naik kendaraan bermotor, usahakan selalu sedia jas hujan di dalam bagasi motor. Atau kalau naik kendaraan umum atau mobil, selalu sedia payung sebelum hujan di tas atau di mobil. Tentu saja agar pakaian kita juga tidak basah dan semua tetap aman dan kering.

✔️ Makan buah setiap hari
Terutama buah-buahan yang mengandung vitamin C. Seperti jeruk dan tomat misalnya. Ini ampuh sekali untuk menguatkan daya tahan tubuh. Tapi buah apapun sebenarnya sehat kok. 

✔️ Perbanyak minum air putih
Memperbanyak minum air putih juga bisa menjaga daya tahan tubuh. Tubuh kita perlu banyak cairan. Jadi walaupun musim hujan, jangan lupa tetap banyak minum air putih ya. 

✔️ Makan teratur
Makan yang teratur setiap harinya juga bisa membuat kita lebih sehat lho. Kalau kepala sering pusing, perut suka sakit, itu bisa jadi karena pola makan kita yang berantakan. Jadi bolehlah kita bikin jam sendiri. Untuk sarapan jam berapa, makan siang, sore atau malam jam berapa. Ya intinya disesuaikan saja dan usahakan harus di jam yang sama setiap harinya. 

✔️ Istirahat yang cukup
Pekerjaan mungkin tak ada habisnya, tapi jangan abaikan soal istirahat. Tubuh dan pikiran kita juga harus diberikan haknya. Jangan sampai saking semangatnys bekerja kita jadi lupa istirahat. Ya bolehlah sesekali kita ambil waktu sendiri untuk baca buku atau melakukan hobi supaya pikiran kita lebih segar.

✔️ Perbanyak syukur
Iya lho ini juga bisa bikin kita nggak sakit. Karena ketika kita bersyukur, pikiran dan hati akan menjadi lebih damai. Kita pun bisa menyelesaikan setiap urusan kita dengan tenang 😊

Tidak ada musim yang memberi penyakit. Penyakit itu sesungguhnya timbul dari diri kita sendiri. Oleh karenanya, kita sendirilah yang harus berupaya menjaga daya tahan tubuh dan juga menjaga pikiran tetap tenang. Semuanya dilakukan agar hati selalu senang 😍

4 comments:

  1. Saya kurang minum air utih, kadang malah suka kelupaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah abis ini jangan kelupaan lagi ya Mbak hihi :)

      Delete
  2. Selalu bawa mantel ke mana-mana. Tapi yang bikin sakit itu mungkin kurang istirahat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak kurang istirahat juga bisa bikin daya tahan tubuh lemah :(

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.