THR Lebaran, Kemana Aja?

Masih berhubungan dengan lebaran, kalau kemarin ngomongin Bedanya Lebaran Tahun Ini dari Biasanya, kali ini saya mau ngomongin THR aka Tunjangan Hari Raya. Hayoo THR nya udah pada abis belum nih? Kalo saya mah udah nggak dapet THR. Secara udah nggak kerja kan 😆 Beda lho ya kalo THR dari suami mah kekekek 😆
credit: http://mm.narotama.ac.id/2013/07/tunjangan-hari-raya/
Dulu pas masih single dan masih kerja saya masih dapet THR tuh. Agak sedih juga ceritanya. Di saat orang-orang mungkin dibagi THR nya di awal-awal puasa, atau bahkan udah habis sebelum lebaran, saya justru belum dapat THR karena kebijakan perusahaan yang emang lambat. Biasanya mendekati hari libur baru dikasih. Tapi ada hikmahnya juga sih. Di saat orang-orang ngeluh karena THR nya udah terpakai, saya justru baru menikmati hasil THR 😂
Biasanya setelah THR dikasih, langsung saya pecah buat zakat. Buat dibagi-bagi ke adik, keponakan dan saudara-saudara yang masih pada kecil. Sisanya buat ngasih orang tua dan ditabung. Alhamdulillah. 
Saya jarang banget pakai uang THR buat beli baju baru. Biasanya baju sudah saya beli dari sebelum puasa atau jauh-jauh hari. Karena semenjak SMK, emang udah nggak merasa harus pakai baju baru pas lebaran. Selama masih ada yang bagus, kenapa nggak. Mungkin karena udah ngerasain susahnya nyari uang kali ya 😂 Jadi kalau memang budgetnya ada, ya beli aja. Nggak mesti nunggu lebaran 😁
Tapi semenjak nikah dan nggak kerja, otomatis nggak ngerasain lagi dikasih amplop THR. Kalau sekarang ya palingan THR dari suami aja hehe. Ini pun masih sama. Buat zakat, dibagi-bagi ke saudara-saudara, orang tua, dan sisanya baru buat kebutuhan keluarga.
Adanya THR ini buat saya emang bermanfaat banget. Terutama buat saya yang pernah jadi karyawan. Selain bisa jadi tambahan buat kebutuhan, THR juga semacam ngasih hadiah selama jadi karyawan. Akhirnya jadi tambahan energi tersendiri buat makin giat kerja karena rasa terima kasih pada perusahaan. Bukannya bikin foya-foya, bagi saya THR malah jadi ajang hemat karena tambahan begitu rasanya mending ditabung atau dialihkan ke sesuatu yang berguna daripada habis nggak karuan.
Entahlah kalau ngomongin kerja saya suka melow. Mungkin karena ngerasain sendiri betapa dulu susah nyari kerja dan dapetin uang 😂 Makanya saya suka sedih kalau ada orang yang kerja, tapi hasilnya nggak tahu kemana huhu. 
Nah kalian sendiri THRnya dipakai buat apa aja nih? 😆

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

5 comments to “THR Lebaran, Kemana Aja?”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. adedelina - Juli 14, 2017 Balas

    Alhamdulillah THR nya banyak ya Mbak :))

  2. Wahyu Widyaningrum - Juli 14, 2017 Balas

    Alhamdulillah, memang THR harus dimenej biar berguna ya Mbak dan nggak sia2. Kemarin malah fokus sii kecil masuk sekolah, jadi yg peting2 dulu, ada sisa buat keluarga

    • adedelina - Juli 14, 2017 Balas

      Yap prioritas yang penting dulu 🙂

  3. Nchie Hanie - Juli 14, 2017 Balas

    Kemaren THRku udah ada pos2nya, salah satunya bayar utang hahhaaa, legaaa..

    • adedelina - Juli 15, 2017 Balas

      Iya. Utang sih termasuk prioritas penting 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.