Belajar Sadar dan Hening dari Mas Adjie Santosoputro

Beberapa waktu lalu saya menulis tentang hidup dengan sadar. Yang sebetulnya, ini memang terinspirasi dari Mas Adjie Santosoputro dan workshopnya yang pernah saya ikuti.

Mas Adjie Santosoputro, mengajarkan saya untuk belajar tenang

Yap, sejak kenal bukunya Sadar Utuh Hadir Penuh, Mas Adjie seperti selalu menghipnotis saya dengan setiap kata-katanya. Bahkan hingga saat ini beliau aktif di Instagram, saya masih terus mengikuti lini masa beliau. Buat saya, Mas Adjie punya cara pandang yang beda dari kebanyakan orang. Apalagi di tengah arus informasi yang masif seperti sekarang, di mana orang berlomba-lomba bicara, Mas Adjie justru menyuruh kita untuk belajar sejenak hening.

Buat saya pribadi, hening itu cukup sulit. Apalagi sebagai ibu rumah tangga, saya terbiasa multi tasking. Apa yang saya pelajari dari buku-buku Mas Adjie, multi tasking justru membuat kita lebih lelah. Itu sebabnya kita perlu belajar untuk fokus melakukan satu kegiatan saja. Dan belajar untuk tidak terburu-buru.

Beberapa kali saya berusaha menerapkan hal itu, hasilnya memang lebih menenangkan. Saya belajar fokus melakukan satu hal. Saya harus sadar dengan apa yang sedang saya lakukan saat itu. Bahkan sesederhana me time pun, saya berusaha untuk sadar saya sedang ada di mana, bersama siapa, dan menikmati saat-saat itu. Sesekali memang masih kepikiran anak, tapi kemudian saya switch lagi untuk menikmati momen me time saat itu.

Sekarang saya juga sedang belajar untuk lebih pro aktif. Tidak terburu-buru menanggapi sesuatu. Sekali pun itu ada di media sosial. Lebih baik saya hanya menjadi pengamat saja, ketimbang cepat komentar, tapi ternyata komentar saya justru keliru.

Hening mengajarkan kita untuk lebih tenang dan mengendalikan diri

Beberapa kali postingan Mas Adjie pun bagai cocok dengan kondisi yang sedang saya alami. Itu sebabnya, saya masih ngefans dengan beliau dan membela-belakan ikut workshop Mindfullness nya tahun lalu.

adjie santosoputro

Buat saya, belajar hening seperti yang diajarkan Mas Adjie benar-benar penting di masa sekarang. Kita perlu belajar mengendalikan diri dan hidup dengan lebih sadar. Kita harus sadar setiap kali kita melakukan sesuatu dan sedang ada di mana. Sebab, saya merasakan sekali efeknya bahwa hidup dengan sadar itu benar-benar menenangkan.

Saya merasa juga dengan kita lebih belajar untuk diam dan hening, kita akan lebih banyak berpikir dan tidak tergesa-gesa. Karenanya, dengan belajar tenang, hidup kita bisa menjadi lebih bahagia. Sebab pada akhirnya kita tahu, mana hal-hal yang bisa kita kendalikan, dan hal-hal yang memang harus kita terima sedemikian adanya.

Terima kasih, Mas Adjie 🙂

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Has one comment to “Belajar Sadar dan Hening dari Mas Adjie Santosoputro”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Ikrom - Maret 29, 2020 Balas

    Mas Ajie ini juga favorit aku klo lagi buka twittter
    sama fiersa besari sih
    twtnya adem di tengah kecamuk dunia twit saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.