Blog adalah Sebagian dari Hidup Saya

Kalau ada hobi yang sulit hilang, mungkin itu adalah menulis. Beberapa hari saya sempat vakum menulis di blog karena kehilangan gairah, tapi tetap saja hati rasanya ada yang mengganjal kalau blog tidak terisi-isi. Sampai-sampai saya menjalani hobi baru, yakni mewarnai untuk sekadar rehat dari menulis. Alhamdulillah, sekarang gairah menulis itu muncul lagi.

Saya merasa blog sudah menjadi bagian dari hidup saya. Bahkan di beberapa postingan pun saya sering menjelaskan bahwa sampai kapan pun, blog tidak akan saya tutup, sekali pun mungkin saya sudah tiada.

Blog menggambarkan diri saya lewat tulisan

Blog memang tidak menjelaskan keseluruhan diri maupun aktivitas saya. Tapi blog sudah cukup menggambarkan bagaimana diri saya lewat tulisan-tulisan yang saya tuangkan. Secara khusus, saya membocorkan, bacalah label Kontemplasi di blog ini. Maka teman-teman akan tahu, apa saja yang pernah saya pikirkan. Dan dari pikiran-pikiran itulah, saya merasa tenang karena sudah berani mengungkapkannya secara umum.

Itu sebabnya, bagi saya blog bukan hanya isi pikiran, tapi juga investasi jangka panjang. Kelak, di masa depan saya akan baca ulang semua tulisan dalam blog ini. Mungkin saya juga akan terheran-heran sendiri, apa gerangan yang membuat saya bisa menulis seperti itu. Dan itu sudah saya lakukan sejak dulu, sering membaca ulang tulisan sendiri, dan merasa senyum sendiri, kok bisa ya saya menulis itu?

Blog adalah investasi berharga karena tak terbatas

Investasi tak pandang materi. Malah kalau boleh saya bilang, investasi moril, hal yang berkaitan dengan jiwa lebih berharga. Kita punya karakter yang unik, perbuatan yang baik, itu juga investasi berharga. Begitu pun blog. Dia tidak hadir secara langsung lewat fisik, tapi buah pikiran yang tertuang, adalah investasi yang berharga. Itu sebabnya dia patut dilestarikan dan diabadikan.

Kalau saya tidak menulis isi pikiran saya dalam blog, mungkin orang tidak akan pernah tahu apa pendapat saya terhadap suatu hal. Padahal, pertemuan secara fisik itu selalu terbatas. Itu sebabnya, blog hadir karena ia tidak terbatas tempat dan waktu. Kapan pun orang mau tahu isi pikiran saya, mereka bisa mengetahuinya lewat tulisan-tulisan saya di blog.

So, blog adalah sebagian dari hidup saya. Sebab dengan adanya dia, saya jadi berani berpendapat. Tanpa perlu berteriak secara langsung, sebab saya hanya perlu berbicara lewat tulisan. Dan buat saya, menulis itu selalu menenangkan.

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Leave a Reply

Your email address will not be published.