google keep

Google Keep Jadi Pilihan Saya untuk Membuat Catatan

Google Keep – Saya bukan orang yang terlalu perencana. Tapi juga bukan orang yang terlalu santai. Terutama untuk urusan kerjaan, saya pasti akan bikin rencana kapan harus dikerjakan, dan harus selesai sebelum tenggat waktu. Mau itu urusan kerjaan domestik alias rumah tangga, pun kerjaan sebagai blogger atau buzzer.

Karena terencana tadi, biasanya saya harus ditulis supaya nggak lupa. Kalau dulu masih pakai notebook, sekarang saya lebih milih jalan simpel dan enak dibawa kemana-mana. Yakni di hape! Iya, nggak salah haha. Saya sekarang lebih suka bikin plan di hape.

Google Keep jadi pilihan saya untuk mencatat

Tapi jangan salah, saya nggak asal nulis di notes hape. Saya lebih memilih untuk install Google Keep. Yang mana si Google Keep ini juga secara otomatis bisa dibuka lewat laptop. Jadi kalau ada kerjaan blog, saya nggak perlu buka hape. Tapi tinggal buka Google Keep dan semuanya sudah terkoneksi di sana.

Selama kita punya akun Google, kita tinggal instal saja Google Keep. Dan masuk menggunakan akun kita. Suatu saat kita harus ganti perangkat, kita nggak perlu khawatir karena semua sudah tersimpan secara online di Google Keep.

Google Keep ini menurut saya sih cukup lengkap ya fiturnya.

  • Membuat catatan biasa.
  • Bisa mencatat to do list rencana-rencana atau pekerjaan kita.
  • Bisa mencatat daftar-daftar apa saja yang kita mau. (Seperti saya misalnya, suka mencatat daftar buku-buku yang sudah saya beli, baca, dan hadiah).
  • Bisa mencatat pencapaian apa yang sudah kita lakukan setiap hari atau bulannya.
  • Bisa membuat label. (Misalnya daftar bacaan, beli dan hadiah buku, saya masukkan dalam satu kategori “Book List”). Label ini biasanya juga bisa berguna kalau kita mau membuat budget bulanan. Atau membuat draft tulisan kita. Bisa juga menyimpan random tulisan curhat jadi satu daftar *eh.
  • Bisa mem-pinned catatan yang kita mau. Jadi kalau sekiranya ada catatan yang penting, bisa kita pin supaya dia tampil di paling atas. Bahkan kita bisa mem-pinned beberapa catatan sekaligus.

Catatan berguna untuk menjadi ingatan kita

Jadi kalau ditanya seberapa penting punya tools untuk membuat rencana, menurut saya penting sekali. Even saya ini orangnya easy going, tapi saya juga orang yang tidak mau dibuat lupa begitu saja akan rencana dan apa yang sudah saya lakukan. Tujuannya supaya saya selalu ingat dan suatu hari catatan itu bisa saya baca terus.

Terhitung mulai tahun kemarin saya sudah aktif menggunakan Google Keep. Dan sampai sekarang Alhamdulillah masih saya gunakan. Bahkan sengaja saya taruh di home screen hape supaya mudah dibuka.

Kenapa nggak nulis di notebook? Aslinya saya juga suka menulis di buku catatan kok. Tapi demi menunjang kegiatan yang kadang harus ke luar, jadi saya memilih Google Keep supaya bisa diakses di mana dan kapan pun.

Kalau teman-teman mau, tak ada salahnya coba install Google Keep. Soalnya aplikasi ini mudah banget digunakan dan nggak ribet sama sekali! Cuss 😁

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Leave a Reply

Your email address will not be published.