kursus bahasa inggris

Kursus Bahasa Inggris Seru Bersama The British Institute dan Indonesian Social Blopreneur

Kursus Bahasa Inggris – Banyak sekali cerita bahagia di bulan Juli ini. Selain saya yang sudah bisa bertemu dengan keluarga, anniversary saya dengan suami tanggal 22 Juli kemarin, dan yang paling berkesan adalah saya bisa mendapat kesempatan untuk ikut kursus bahasa Inggris bersama The British Institute (TBI) selama tiga hari. Sungguh kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Salah satu bahasa yang memang masih belum saya pahami adalah bahasa Inggris. Padahal bahasa Inggris di masa sekarang tuh semakin penting. Jadi saya tidak mau melewatkan “hadiah” dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur ini yang memberikan kesempatan pada 10 blogger untuk ikut kursus bahasa inggris Creative Writing bersama TBI.

kursus bahasa inggrisSerunya kursus bahasa Inggris Creative Writing bersama TBI

  • Hari pertama, 21 Juli 2020

Kursus dimulai tanggal 21 Juli 2020 di Google Classroom dan dilanjutkan video konferensi lewat Zoom. Materi pertama adalah perkenalan. Tapi sebelum itu, dibuka dengan sebuah permainan yang cukup seru. Di mana kami disuruh menjawab pertanyaan dari 4 pilihan jawaban. Dan setelah salah satu blogger ditunjuk, blogger tersebut akan menunjuk yang lainnya. Begitu terus sampai semua blogger sudah menjawab.

Semacam intermezzo kali ya. Biar belajarnya lebih menyenangkan hehe.

Materi dibuka dengan mengingat memori. Jadi kami para blogger tidak diperbolehkan untuk menulis apapun. Dan guru akan membacakan beberapa kalimat. Setelah selesai dibacakan, maka para blogger akan disuruh untuk menulis apa yang tadi didengar. Materi seperti ini dari dulu buat saya sulit haha. Tapi untunglah hasil saya tidak terlalu buruk 😀

Selanjutnya materi perkenalan diri. Bagaimana cara kami memperkenalkan diri lewat tulisan dengan bentuk paragraf. Lalu belajar struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Dan mengerjakan tugas dalam bentuk grup yang sudah dibagi-bagi. Jadi kami saling terpisah Zoom. Kalau sudah selesai, baru semuanya digabung lagi. Seru juga sih. Di sini saya juga baru tahu kalau Zoom bisa dibreak sebentar begitu :D

  • Hari ke dua, 22 Juli 2020

Hari ke dua lebih dikhususkan untuk belajar writing. Masih lewat Google Classroom dan Zoom. Kali ini kami belajar tipe-tipe kalimat, konjungsi dan konektor dalam kalimat, dan diakhiri dengan materi perbedaan paragraf narasi dan deskripsi.

  • Hari ke tiga, 23 Juli 2020

Hari ketiga kami belajar tentang bagaimana cara mengulas produk. Apa saja kalimat yang positif dan negatif dalam ulasan sebuah produk. Bagaimana struktur kalimat yang benar dalam mengulas produk.

kursus bahasa inggrisMengerjakan tugas setiap pertemuan

Setiap pertemuannya, kami selalu diberi tugas untuk dikerjakan per grup atau per individu. Walaupun agak pusing karena harus menjawab dengan bahasa Inggris haha, tapi worth mengingat ini memang kursus bahasa Inggris. Jadi bahasa yang digunakan pun ya bahasa Inggris. Dalam percakapan saat proses belajar pun guru selalu mengajar dalam bahasa inggris. Jadi bagi saya yang agak lemot ini, kudu tetap harus mengikuti dengan cepat haha. Ya walau masih nyuri-nyuri buka Google Translate :)))

Sebenarnya materi-materi ini sudah dipelajari sejak SMP, tapi dengan pengulangan begini membuat saya bisa lebih paham lagi. Inilah yang pernah saya bilang di postingan Pengulangan dalam Belajar Membuat Kita Naik Kelas. Sebab, menjadi gelas kosong saat belajar inilah yang membuat pemahaman kita akan semakin tajam.

Kursus bahasa Inggris TBI sudah ada sejak 1984 dan tidak diragukan lagi kualitasnya

Sejujurnya saya masih belum puas, karena pengen waktunya lebih panjang haha. Dan kayaknya lebih seru kalau bisa ketemu secara offline. Sayang, TBI ini di Surabaya belum ada hiks. TBI sendiri baru ada Jakarta: Pondok Indah / Kuningan / Kelapa Gading, Cibubur, Depok, Tangerang : BSD / Gading Serpong, Bandung : Riau / Dago / Festlink / Jatinangor, dan Malang.

kursus bahasa inggrisSaya baru tahu TBI ini ya dari komunitas ISB. Dan ternyata, TBI ini sudah ada sejak 18 Februari 1984 lho. Waah sudah 36 tahun berarti. TBI juga menjadi satu-satunya institusi pelatihan Bahasa Inggris di Indonesia yang disertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages), dan ini menjadikan TBI selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan menjadi yang terdepan dalam segala metodologi pengajarannya.

Para pengajar di TBI pun sudah memenuhi syarat kualifikasi yang sesuai dengan standard internasional. Jadi memang mutu dan kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebab metode dan materi pengajarannya juga selalu up to date.

TBI juga rupanya memiliki sistem pembelajaran yang bisa diakses di mana saja alias online. Metode pembelajarannya pun menurut saya menyenangkan. Jadi kayak blogger kemarin. Setiap ada tugas, pengajar selalu membesarkan hati kami dengan kata-kata, “Wah good job!, Nice!, Excellent!” Jadi walaupun murid salah, mereka akan tetap memotivasi.

Program kelasnya pun terdiri untuk berbagai usia dan materi. Mulai dari Children, Pre Teen, Teen, Global English, Exam Preparation for TOEFL or IELTS test, Workshop, In House Training, Private Class, Blended Learning, Online Learning, dan Teacher Training.

Info kursus bahasa Inggris TBI Festlink Bandung

Ada juga yang namanya TBI Festlink Bandung. Yang memiliki sistem pembelajaran:

  • Classroom
  • Online
  • Blended Learning

Dimana, kelebihan dari TBI Festlink Bandung, sebagai berikut:

  • Lokasi di Festival Citylink, menjadikan strategis di daerah Jalan Peta – Bandung
  • Parkiran luas dan akses ke Mall sehingga mudah untuk mencari tempat makan
    dan hiburan.
  • Metode dan materi pengajaran yang up-to-date
  • Terpercaya oleh banyak perusahaan perusahaan besar
  • Menerapkan sistem pengajaran yang praktis dan relevan
  • Jadwal kelas yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karena TBI memiliki kelas dari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 – 19.00
  • Tenaga pengajar baik asing maupun lokal yang berpengalaman dan memiliki
    standard kualifikasi serta sertifikasi Internasional
  • Metode pembelajaran yang menyenangkan dan dinamis
  • Bisa belajar dimana saja karena TBI memiliki kelas yang dapat diakses secara
    online / digital learning.
  • Biaya kursus yang terjangkau

Kontak kursus bahasa Inggris TBI

Untuk teman-teman yang masih penasaran dengan TBI, boleh hubungi kontak di bawah ini ya:

  • Info : 0823-1601-0164
  • Email : info.festlink@tbi.co.id
  • Website : www.tbi.co.id
  • Instagram : tbibandung / my.tbi
  • Facebook: TBIBandung

So, thank you TBI, thank you ISB. I’m satisfied with the results of studying with TBI. Dengan adanya kelas bersama blogger ini, semoga TBI semakin maju, semakin dikenal, dan semakin menjadi tempat kursus Bahasa Inggris yang terdepan 🙂

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Leave a Reply

Your email address will not be published.