10 Blog Ini Membuktikan Kalau Menulis di Blog itu Mudah

Setelah kemarin ngomongin siapa aja blogger keren versi saya, kali ini ngomongin 10 blog yang jadi favorit buat blogwalking. Blogwalking sendiri sederhananya jalan-jalan bloglah. Baca dari satu blog ke blog-blog lainnya.

Nah, pada dasarnya, saya ini random aja kalau baca-baca blog orang. Yang sekiranya menarik, ya udah saya baca. Makanya saya jarang banget ikutan list blogwalking hehe. Soalnya baca karena emang pengen baca tulisannya, bukan semata karena suatu keharusan buat baca.

Sekarang saya mau cerita blog-blog siapa saja yang tulisannya selalu asyik buat dibaca. Ke sepuluh blogger di bawah ini bisa dibilang beruntung, karena saya selalu baca tulisannya sampai habis. Ya gimana, kalau mereka lagi ngebahas sesuatu itu bahasanya enak dibaca sih.

1. https://www.annisast.com/

Lagi-lagi ibu satu ini haha. Tapi emang bener, saya tuh suka baca blog Mbak Annisast soalnya bahasanya mengalir banget dan gampang dimengerti. One again, beliau orangnya realistis. Ini yang bikin saya betah baca tulisan-tulisannya. Terlebih kalau beliau lagi nulis tentang kehidupan, saya juga suka ikutan melow. Kayak tulisan yang baru kemarin saya baca tentang Kehilangan dan Kuota Kepemilikan. Huhu jadi inget hp yang pernah hilang. Mungkin kuota kepemilikan saya emang nggak lama waktu itu 🙁

2. http://amedysadewi.blogspot.com/

Panggilannya Dewi. Entah sejak kapan memilih nama pena amedysa saya juga lupa. Yang jelas dia teman SMK saya. Orangnya gokil. Meskipun begitu, dia suka ngaku intovert dan nggak percaya diri. Au ah, padahal dia kalau tampil di depan kelas pun ya all out kok. Kayak nggak ada malu-malunya *eh maaf ya Wi hehe. Kidding.

Kenapa saya favoritin blog dia? Tulisannya asyik buat dibaca. Dia curhat tapi kayak lagi cerita ke orang. Dan ceritanya enak aja buat diikutin. Dia juga suka buku-buku self-improvement kayak seri Chicken Soup gitu sama kayak saya. Jadi enak juga buat diajak ngobrolin tentang buku. Sayangnya kita belum pernah ketemu lagi ya, Wi? Terakhir tahun berapa ya? Huhu.

3. http://www.irvinalioni.com/

Yang bikin saya suka blog satu ini adalah tulisan dengan gaya khas Betawinya. Saya jarang banget baca blog yang kental dengan bahasa daerah. Nah Mbak Irvina ini blogger pertama yang menyajikan itu.

Tulisannya always panjang. Tapi karena dibawa dengan gaya yang Betawi banget jadi asyik aja dibacanya sampai habis. Tulisannya nggak cuma menghibur tapi juga berfaedah kok. Apalagi waktu beliau bahas tentang masalah kekeliruan feminisme yang selama ini dianggap hedonisme. Wah pandangan saya jadi terbuka juga nih soal feminisme.

4. http://www.gracemelia.com/

Tulisan Mami Ubii juga selalu panjang. Tapi selalu saya baca sampai habis karena gaya ceritanya yang mengalir. Mami Ubii ini selalu bahas parenting. Tapi topik yang paling saya sukai adalah kalau beliau udah bahas masalah pernikahan dan self-help. Tulisan yang masih hangat kemarin contohnya tentang Parenting Self Talk. Seketika bikin aku jadi melow 😭

Oia kalau mau tahu lebih luas masalah imunisasi anak dan serba-serbinya bisa baca blog beliau. Beliau sering cerita masalah imunisasi lengkap.

5. https://www.langitamaravati.com/

Kalau ada yang hobi juara lomba, maka beliaulah orangnya. Bukan cuma karena desainnya yang selalu menakjubkan, tapi dari segi tulisan, beliau memang sudah jago. Ya gimana, orang sebelumnya beliau penulis buku kok. Bukunya aja udah banyak ya, Teh? *eh.

Kalau ngeliat blog dia mah minder haha. Tampilannya keren. Orangnya juga keren. Ditambah diksi-diksi dalam tulisannya selalu bisa aja. Ah, pantas sih, soalnya beliau suka baca buku sastra 😜

6. http://www.sujiwo.com/

Sedih karena blog Sujiwo jarang update lagi huhu. Padahal saya selalu suka tulisan-tulisan orang tuanya Jiwo. Yap, blog ini diasuh oleh sepasang suami istri yang memilki anak yang bernama Sujiwo. Tulisan-tulisan Mbak Pungky dan Mas Topan selalu bisa menghibur sekaligus dalam waktu bersamaan menjadi melow.

Makanya wajar kalau blog ini konon punya page view yang lebih tinggi dari blog utamanya pungkyprayitno.com haha. *Maaf ya Mbak 😛

7. https://www.pikiranrandom.com/

pikiranrandom.com ini didirikan oleh Mas Febryan Lukito. Beliau memang keren bisa bangun banyak blog. Alasan saya suka blognya yang ini karena tulisan-tulisan di dalamnya sering berbicara tentang renungan-renungan kehidupan dari banyak sudut pandang. Ditambah blog ini bisa punya beberapa kontributor.

Beberapa renungan terkadang pas sekali dengan kondisi saya. Seperti tulisan tentang masalah hidup ini. Saya juga pengen sesekali bisa nulis di sana hehe. Kalau ngomongin pikiran-pikiran random rasanya memang nggak ada habisnya. Semakin kita dewasa, pasti akan semakin banyak renungan kehidupan yang kita sadari.

8. http://www.windiland.com/

Sebelas dua belas dengan Mbak Annisast, ibu bankir satu ini kalau nulis juga realistis banget. Bahasa yang apa adanya dan mudah dimengerti. Kalau ngomongin tentang dunia perbankan pun cepat kita pahami. Untuk yang ingin lebih tahu banyak tentang dunia perbankan, bisa main ke blog beliau.

Selain itu, beliau juga suka nulis parenting dan gaya hidup yang seringkali diambil dari berita-berita terupdate. Ah, ibu, sudahlah sibuk, tapi keren masih selalu update berita 😍

9. https://www.ewafebri.com/

Mbak Evva ini tergolong baru untuk jadi list blogwalking favorit saya. Saya tahu beliau dari komunitas Blogger Perempuan. Dan mengetahui kalau beliau suka journalling, saya makin kagum. Soalnya saya sendiri memang suka nulis jurnal. Walaupun nggak sehobi Mbak Evva.

Blognya girly banget. Gambar-gambarnya juga lucu. Tulisannya cenderung baku tapi tetap santai. Saya paling suka kalau beliau sudah membahas jurnal. Rasanya makin cetek wawasan saya tentang journalling haha.

10. https://www.carolinaratri.com/

Mbak Carra ini blogger favorit saya. Saya suka baca blognya karena fokus membahas blog dan media sosial. Beliau sering berbagi ilmu tentang dunia blog, monetisasi blog, dan bagaimana caranya memaksimalkan media sosial yang kita punya.

Semuanya dibahas dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dan yang paling saya suka adalah beliau selalu memberi contoh dalam setiap pembahasannya. Tentu saja ini memperjelas gambaran dari teori-teori yang disampaikannya.

Menulis itu sesungguhnya mudah

Kesepuluh blog di atas membuat saya semakin sadar bahwa menulis itu sesungguhnya mudah. Seperti lagi ngobrol biasa saja. Bisa kita lihat dari tulisan-tulisan blogger di atas yang dengan mudah bisa kita mengerti saat membacanya. Ini juga membuktikan bahwa menulis itu nggak perlu diksi yang muluk-muluk. Cukup tuangkan apa yang ada di pikiran kita, menulis dengan hati, maka akan sampai juga ke hati pembacanya.

Dan media yang paling gampang untuk menuangkannya adalah blog. Di blog kita bebas menulis apa saja yang kita inginkan. Ets, hanya tetap pastikan bahwa tulisan kita memang benar-benar bermanfaat. Atau paling tidak, tidak merugikan diri kita sendiri dan pihak lain 😌

Kalau kamu, suka blogwalking ke blog siapa nih? 😍

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

17 comments to “10 Blog Ini Membuktikan Kalau Menulis di Blog itu Mudah”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Amedysa Dewi - Desember 5, 2018 Balas

    Gue terharu tau-tau dibikinin tulisan kaya gini ❤️
    Ga percaya bgt ya gue introvert hahaha. Aktualnya hue betingkah kaya gini buat nge-challenge dan ngelatih diri biar jadi pede, padahal aslinya gue insecure bgt hahaha.
    Maacih ya del, ternyata kamu suka baca blog akuuuu ❣️ Sukses ya buat nge-blog!

    • Ade Delina Putri - Desember 5, 2018 Balas

      Tapi keren lho Wi ga kentara insecure nya haha
      Smangat juga buat Lu ngeblognya

  2. winditeguh - Desember 5, 2018 Balas

    terima kasiiiih huhuu terharu kirain udah pada ga suka baca blog hahhaa.

    • Ade Delina Putri - Desember 6, 2018 Balas

      Haha justru masih banyak kok 😀

  3. Reyne Raea - Desember 5, 2018 Balas

    waaahhh mostly semua blog tersebut sudah sering saya kunjungi.
    emang ya menulis itu mudah, asalkan ada niat hihihi.
    keren deh mba 🙂

    • Ade Delina Putri - Desember 6, 2018 Balas

      Iyes niat nomor satu 🙂

  4. Ewa Febri - Desember 5, 2018 Balas

    Terima kasih mbaaaknya.. aku terharuuu sekali.. terima kasih juga sudah sering berkunjung ke tempatku.. ❤️❤️❤️❤️❤️❤️

    • Ade Delina Putri - Desember 6, 2018 Balas

      Sama-sama Mbak 🙂

  5. Nur Aliah - Desember 6, 2018 Balas

    Salam kenal mba…ada beberapa blog favorit yang samaan euy..kayak mami ubi sama mba windi saya pun suka..aku malah lupa belum nulis tentang ini..

    • Ade Delina Putri - Desember 6, 2018 Balas

      Ayo tulis Mbak 😀

  6. Pikiran Random - Desember 6, 2018 Balas

    Wahh makasih banyak mbak sudah memasukkan Pikiran Random di dalam daftar BW mbak. Ayolah mbak. Ngerandom kita di sana.

    • Ade Delina Putri - Desember 6, 2018 Balas

      Yey siap. Nanti kalo ada ide buat di sana boleh ya aku kontak hehe

  7. $cocoper6 - Desember 6, 2018 Balas

    Kalian smw luar biasa, blogger perempuan Indonesia yang luar biasa, ramai sx ini sejak ada BPN ini. Dikira Badan Pertanahan Nasional, tw2 nya challange ngepost blog sebulan penuh :o, #mantul buat kalian smw, terutama yg pny blog ini

    Salam kenal 🙂

    • Ade Delina Putri - Desember 6, 2018 Balas

      Haha ayo Mas ikutan 😀

  8. Amerinny - Desember 7, 2018 Balas

    Keren-keren memang blogger ya.

    • Ade Delina Putri - Desember 7, 2018 Balas

      Iya 🙂

  9. Aprilely Ajeng Fitriana - Desember 10, 2018 Balas

    ini banyak juga blog yang diem2 aku kunjungin juga, ewafebri itu baru tahu dari ikutan challenge ini. tapi terus betah baca blognya dia

Leave a Reply

Your email address will not be published.