Memanfaatkan Masa Karantina dengan Mewarnai Adult Coloring Book

Waktu ada anjuran untuk mengkarantina diri di rumah gara-gara kasus Corona, saya nggak terlalu kaget yang gimana. Ya wong sehari-harinya saya sudah di rumah 😂 Apalagi suami juga kerja di rumah. Jadi sudahlah, rasanya rumah adalah hidup kita 😂 Paling yang beda pas weekend aja. Karena biasanya saya, suami, dan anak-anak suka jalan-jalan. Tapi karena kasus ini, weekend kita jadi auto di rumah.

Jujur rasanya mulai bosan 😂 Makanya saya mikirin banget, gimana supaya setiap hari benar-benar di rumah ini jadi sesuatu yang tidak menjenuhkan.

Kegiatan saya nggak beda jauh dari hari-hari biasanya. Masih seputaran urus rumah, suami, dan anak. Tapi sekarang, saya lagi punya hobi baru yang benar-benar saya senangi.

Mewarnai kegiatan yang ternyata menyenangkan!

Cerita berawal waktu saya pengen cari kegiatan di luar rumah. Ketemulah dengan komunitas Main Warna Surabaya. Setelah saya kepoin instagramnya, ternyata komunitas ini adalah komunitas mewarnai – buku mewarnai untuk kategori dewasa untuk wilayah Surabaya. Atau simpelnya komunitas mewarnai adult coloring book.

Wah saya jadi tertarik. Selain karena sudah punya dua buku adult coloring di rumah, saya juga suka mewarnai. Tapi memang hanya sekadarnya aja. Jadi belum terlalu menggandrungi gitu.

Nah buat saya, ada komunitas yang mewadahi kegiatan mewarnai tuh kayak WAH banget gitu lho. Saya ini pengen bisa gambar, sayangnya saya belum bisa-bisa haha. Dan masih belum mau menseriusi. Jadi daripada pusing dengan belum bisa gambar, better saya ikut komunitas yang lebih sederhana aja. Ya itu mewarnai tadi.

Mewarnai itu kebebasan berkekspresi

Mewarnai itu kan sejatinya bebas ya. Saya belajar banget dari orang-orang yang berkecimpung di dunia seni menggambar dan melukis, kalau menurut mereka urusan seni tuh bebas aja. Jadi mau kita mewarnai gajah dengan warna ungu pun nggak masalah. Main imajinasi aja.

Well, singkat cerita, akhirnya tergabunglah saya di dua grup komunitas Main Warna Surabaya, dan satu lagi Coloring Enthusiast. Yang mewadahi teman-teman komunitas mewarnai seluruh Indonesia.

Kedua komunitas ini, memang kegiatannya ‘hanya’ mewarnai saja. Sejak masuk grup ini, saya jadi semangat buat mewarnai buku-buku coloring yang saya punya. Sekarang saya masih berkutat di buku Once Upon a Time nya Mbak Irene Ritonga.

Nyaris setiap hari sekarang saya mewarnai. Apalagi pas kemarin-marin sempat bosan dengan ngeblog. Mewarnai jadi hal yang bisa merefresh pikiran saya. Sampai-sampai saya bikin akun Instagram baru buat mengabadikan hasil mewarnai saya.

 

Boleh difollow ya, Kakak, haha

Manfaat mewarnai untuk orang dewasa

Kelihatannya sederhana ya. Atau malah ada yang menganggap ‘kekanak-kanakkan’ haha. Tapi percaya atau tidak, urusan mewarnai ini sudah ada penelitiannya lho. Kegiatan mewarnai untuk dewasa ini bermanfaat untuk:

  1. Menurunkan tingkat kecemasan
  2. Menciptakan perasaan senang
  3. Mengaktifkan kemampuan otak bagian frontal
  4. Nostalgia masa kecil
  5. Mengasah otak kiri dan kanan

Selengkapnya bisa baca di artikel ini ya https://www.timesindonesia.co.id/read/news/180387/manfaat-mewarnai-untuk-orang-dewasa-salah-satunya-penting-untuk-otak-lho.

Bisa dibilang ke limanya benar-benar saya rasakan. Yang paling kerasa sih saya jadi lebih fokus. Karena dalam buku mewarnai dewasa, gambarnya lebih rumit dari buku anak-anak. Dan banyak elemen-elemen kecilnya. Mungkin mewarnai elemen kecil itulah yang membuat kita jadi lebih fokus.

Dan rupanya, fokus ini jadi terbawa ke kehidupan nyata. Dalam artian berpengaruh ke kegiatan sehari-hari. Masya Allah ya.

Manfaatkan masa karantina dengan mencoba mewarnai

Di kegiatan mewarnai pula saya jadi lebih kreatif. Apalagi sebelumnya saya belum bisa bermain gradasi warna. Setelah lihat-lihat akun mewarnai lain, saya jadi belajar gimana caranya mewarnai dengan bagus.

Saya merasa bebas di kegiatan ini. Apapun warnanya, itu hak penuh saya. Dalam dunia seni menggambar dan mewarnai seperti ini, saya rasa tidak perlu ada kritik bagus dan tidak. Karena semua urusan selera. Awalnya saya memang minder dengan yang lain yang lebih bagus. Tapi lama-kelamaan saya jadi sadar bahwa setiap orang itu punya keunikannya masing-masing. Jadi biarlah saya bebas berekspresi haha.

Ini salah satu hasil mewarnai saya

Jadi, buat yang mungkin belum punya kegiatan seru selama masa karantina ini, nggak ada salahnya mencoba mewarnai. Sekarang banyak kok freebies yang dibagikan gratis. Jadi tidak perlu membeli satu buku mewarnai dulu. Tinggal print freebies, dan punya alat mewarnai, lalu bebas berkreasi deh. Dan rasakan sensasinya seperti apa 😁

Semoga kasus Corona ini segera berakhir. Dan situasi kembali kondusif seperti semula ya. Aamiin ya Rabbal Alamin.

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

2 comments to “Memanfaatkan Masa Karantina dengan Mewarnai Adult Coloring Book”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Ikrom - Maret 23, 2020 Balas

    wah saya mau coba deh sudah lama enggak mewarnai gini
    iya bisa menghilangkan stres itu ya mbak
    terimakasih informasinya

    • Ade Delina Putri - Maret 23, 2020 Balas

      Iya Mas. Refreshing 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.