Bagaimana Melakukan Perawatan pada Wajah yang Benar

Perawatan wajah memang sangat dibutuhkan, apalagi untuk kulit yang mudah berjerawat memang susah-susah gampang. Untuk menanganinya, diperlukan beberapa perawatan khusus, agar jerawat tidak semakin bertambah banyak, yang sering kali menjadi produk andalan adalah Nivea. Umumnya jerawat tersebut dapat muncul pada masa puber karena hormon yang tidak stabil. Namun jerawat dapat datang kapan saja. Penyumbatan sel-sel kulit mati pada pori-pori merupakan peradangan akibat adanya peningkatan jumlah bakteri pada daerah tersebut, disertai dengan stress atau kurang tidur. Dan produksi sebum atau minyak yang meningkat, serta dari faktor genetik, usia, cuaca juga ikut berperan dalam beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat itu terjadi. Siapa yang tidak menginginkan kulit bersih, apalagi wajah yang pada umumnya menjadi pusat perhatian pertama bagi semua orang. Maka untuk mencegah kemunculan berbagai masalah pada kulit kita bisa lakukan berbagai kebiasaan hidup sehat dengan cara:

  • Pemakaian kosmetik secukupnya, tidak berlebihan baik jumlahnya maupun lamanya.
  • Melakukan perawatan atau pembersihan kulit dengan cara yang baik dan benar serta teratur.
  • Hidup teratur dengan istirahat cukup dan berolahraga sesuai kondisi tubuh.
  • Menjauhi hal-hal yang dapat memicu aktifnya kelenjar minyak, seperti : minuman keras, rokok, dan jajanan sembarangan yang belum tentu terjaga kebersihannya.

Wajah berjerawat biasanya memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak, karena minyak yang dihasilkan biasanya menyumbat pori-pori wajah. Dan jika tidak dibersihkan, akan menimbulkan jerawat. Selain dibersihkan, kulit wajah berjerawat tersebut ternyata juga harus diberikan beberapa perawatan agar tetap terdehidrasi dengan baik

Perawatan wajah berbagai macam cara pasti dilakukan agar mendapatkan kulit yang bersih. Salah satunya adalah dengan dilakukannya facial pada wajah. Langkah ini sangat membantu sekali terhadap kulit wajah kita agar lebih terlihat sehat dan tentunya bebas dari berbagai macam masalah seperti jerawat, komedo, dan semacamnya. Berikut beberapa manfaat perawatan wajah dengan dilakukannya facial:

Cegah penuaan

Setiap wanita pasti ingin awet muda, bukan? Berarti kita harus merawat wajah dengan benar. Perawatan wajah seperti facial secara teratur dapat meningkatkan regenerasi sel kulit dan mendorong perkembangan kolagen, yang membuat kulit tampak lebih muda.

Meningkatkan sirkulasi darah

Sebuah penelitian mengatakan bahwa facial wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik pada wajah berarti sel-sel mendapatkan banyak oksigen dan nutrisi yang dibawa dalam darah. Sel-sel ini menjadi lebih sehat dan membuat wajah bercahaya.

Wajah bersih dan lembap

Facial wajah memiliki fungsi untuk membuat kulit wajah lebih bersih dan lebih lembap. Untuk itu kita harus memilih terapis facial seperti saat kita memilih terapis untuk perawatan kuku tangan dan kaki. Sebaiknya kita teliti dalam penggunaan alat facial wajah yang kurang steril. Terapis facial juga harus menggunakan peralatan yang bersih (seperti handuk, sarung tangan, dan khususnya peralatan yang digunakan untuk mengeluarkan lemak atau komedo).

Menghilangkan komedo

Membersihkan wajah dari kotoran adalah bagian terpenting. Ini memang bisa dilakukan sendiri di rumah, namun untuk membersihkan komedo yang tepat bisa dilakukan oleh ahli facial wajah. Komedo menyumbat pori-pori dan membuat kulit kusam. Jadi, jika kulit terlihat sedikit bergelombang, saatnya untuk melakukan facial.

Meremajakan kulit

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kendur dan menimbulkan keriput. Kondisi ini memang alami. Namun gaya hidup dan paparan polusi membuat kulit sulit untuk pulih kembali. Salah satu perawatan seperti facial dapat membantu meremajakan kulit.

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Leave a Reply

Your email address will not be published.