jasmine elektrik

Sholat Tepat Waktu, Bukti Kasih Sayang Ibu yang Tak Terbantahkan Waktu

Saya pernah dengar ceramah, yang intinya sang ustaz berbicara, “Ketika urusan kita berantakan, maka coba lihat lagi sholat kita.” Jadi menurut ustaz tersebut, kalau sholat kita benar, tepat waktu, maka insya Allah segala urusan kita akan diselesaikan dengan mudah. Tapi jika sebaliknya, maka jangan heran ketika urusan kita jadi mudah terbengkalai. Ini juga yang sering ditekankan ibu saya sejak dulu. Sholat tepat waktu.

Sebelumnya saya juga orang yang suka menunda. Lebih mendahulukan hal lain, karena toh waktu sholat masih lama pikir saya. Astagfirullah. Tapi kemudian karena setiap harinya saya selalu melihat ibu saya sudah wudhu dan mandi jauh dari jam sholat, lama kelamaan saya mulai penasaran, apa sih ‘hebatnya’ sholat tepat waktu?

Kesadaran sholat tepat waktu itu datang

Saat SMK sepertinya, kesadaran itu mulai datang. Ketika azan berkumandang, saya coba ambil wudhu dan langsung sholat. Setiap hari saya coba seperti itu. Dan hasilnya, Masya Allah hati rasanya jauh lebih tenang. Tugas-tugas menumpuk, tapi ketika azan berkumandang, saya berhenti dan ambil wudhu. Setelah sholat, saya jadi jauh lebih fresh.

Entah bagaimana cara Allah bekerja menenangkan hati saya. Tapi barangkali karena sholat adalah perintah Allah dan sudah ditetapkan waktunya, maka ketika kita mencoba menepatinya, Allah lah yang akan langsung turun tangan memudahkan segala urusan kita.

…. Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa ayat 103)

Mungkin ini sebabnya ibu senang sholat tepat waktu. Selagi tidak ada halangan yang berarti, beliau akan terdepan untuk langsung wudhu bahkan sebelum azan berkumandang. Mengaji sebentar, ketika azan langsung sholat. Hasilnya, beliau selalu menjadi orang yang tenang di setiap urusan :’)

Kasih sayang ibu tak terbantahkan waktu

Tapi kasih sayang ibu tak terbantahkan waktu, maka ia tidak akan berdiri sendiri. Ia juga ingin anak-anaknya dimudahkan segala urusan. Ketika Jasmine Elektrik bertanya apa pesan ibu yang paling saya ingat? Bukan hal dunia yang ibu tekankan pertama kali seperti layaknya hari ibu. Tapi sholatlah yang menjadi nasihat utama ibu. Dimana pun kita berada, kapan pun itu, jangan pernah tinggal sholat. Saat azan, bersegeralah ambil wudhu. Insya Allah urusan kita akan lebih dimudahkan.

Nyatanya, hingga kini saya praktekkan, itu benar sekali :’) Saya selalu sholat tepat waktu dan tidak pernah mau menunda. Jika ada halangan dan sholat harus tertunda, hati rasanya malah seperti meronta-ronta untuk minta segera sholat. Bisa jadi karena kebiasaan yang sudah lama dilakukan. Alhasil ketika tidak dilakukan, maka kita akan merasa ada yang kurang.

sholat tepat waktu

Allah akan memudahkan urusan orang yang sholat tepat waktu

Ustman bin Affan RA dalam riwayat lain juga berkata, β€œBarang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yakni dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, rumahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dia akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka, dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.”

Masya Allah benarlah jika Allah sudah memerintahkan. Bukan saja sholatnya yang penting. Tapi juga bagaimana kita memerhatikan waktu sholat. Allah tidak akan pernah ingkar. Ketika kita mentaati perintah-Nya, maka ia akan mudahkan segala urusan kita. Sebagaimana jika kita sholat tepat waktu, maka Allah akan terdepan menolong kita, Menunjukkan kita jalan untuk mencapai segala keinginan. Dan memudahkan kita menyelesaikan masalah πŸ™‚

Maha Benar Allah dengan segala firmanNya 🙂

Jika belum bisa sholat tepat waktu, jangan tinggalkan sholat 5 waktu.
Jika sholat 5 waktu sudah terpenuhi, belajarlah untuk sholat tepat waktu.
Dan rasakan dampaknya 🙂

#JasmineElektrikCeritaIBU

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

7 comments to “Sholat Tepat Waktu, Bukti Kasih Sayang Ibu yang Tak Terbantahkan Waktu”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Eta Rahayu - Januari 4, 2019 Balas

    MasyaAllah, salute banget sama mba, dari SMK udah mulai solat tepat waktu. Saya masih belajar banget solat tepat waktu, apalagi kalau pas ada meeting gitu. πŸ™
    btw terimakasih mba, sudah menjadi pengingat.

    • Ade Delina Putri - Januari 4, 2019 Balas

      Sama-sama. Semoga semangat sholat tepat ya Mbak πŸ™‚

  2. Amiria - Januari 5, 2019 Balas

    Semoga tetap istiqomah ya mbak. Semoga aku bisa sholat tepat waktu. Kadang berat, godaan syetan sungguh dahsyat huhu

    • Ade Delina Putri - Januari 5, 2019 Balas

      Aamiin Aamiin ya Rabbal Alamin πŸ™‚

  3. Damar Aisyah - Januari 6, 2019 Balas

    Subhanalloh, Allahu Akbar. Satu hal yang kurasakan dari manfaat salat tepat waktu adalah rasa lapang. Rasanya seperti diluaskan hati dan waktu kita. Kalau salatnya mepet akhir waktu biasanya semua jadi grusa-grusu alias tergesa-gesa, beda banget sama ambil salat di awal. Selain itu, seseorang pernah menasihati tentang manfaat tiap waktu salat. Maksudnya mulai subuh sampai isya’ semua ada manfaat khusus jika dikaitkan dengan kehidupan dunia. Kapan-kapan aku tulis juga deh. Sekedar untuk pengingat saja. Nice sharing, Mbak.

    • Ade Delina Putri - Januari 6, 2019 Balas

      Betul Mbak kalo sholat tepat waktu rasanya semua urusan jadi lebih mudah. Yuk ditulis juga biar jadi dakwah untuk orang-orang

  4. Maria Widjaja - Januari 16, 2019 Balas

    Tak heran pepatah mengatakan “Surga berada di telapak kaki ibu.” Semoga segala niat baik Kakak dan Ibunda selalu berkenan bagi-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.