hidup sehat

Hidup Sehat Nggak Ribet dengan 5 Cara Ini!

Sakit itu tidak enak. Seringan apapun penyakitnya seperti sariawan ya tetap saja nggak enak. Mau makan jadi nggak enak karena kalau kesenggol sariawan jadi sakit. Alhasil timbulnya jadi nggak nafsu makan. Padahal mah perut lapar. Makanya, saya kepingin hidup sehat aja deh. Jadi nggak ada tuh istilah, “Mending sakit ini daripada sakit itu.” Semua sakit tidak enak.

Bahkan suami ngomong, bukan sehat yang mahal, tapi sakit. Mau sehat mah murah banget. Banyak caranya. Tapi kalau sudah sakit, sudahlah harus berobat, waktu jadi nggak produktif karena nggak enak buat dipakai ngapa-ngapain.

Baca: Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Kalau saya, biar sehat pakai 5 cara ini aja nih:

Makan tepat waktu

Apalagi saya punya maag. Makan harus diusahakan tepat waktu. Sesibuk apapun tetap harus sarapan minimal roti atau buah. Siang jam 12 harus sudah makan siang. Dan sore jam 4 atau setengah 5 lanjut makan sore. Yes, saya memang jarang makan malam. Sebab ibu saya pernah ngomong kalau di atas jam 18.00 itu sebaiknya kita sudah tidak makan. Karena perut wajib istirahat. Ini juga berkaitan dengan berat badan. Konon kalau tidak makan di atas jam 6 sore itu tidak bikin cepat gemuk. Pantas aja ya saya susah gemuk 😂

Membatasi makan makanan di malam hari masih menjadi hal yang baik bagi kesehatan Anda. Kebiasaan makan di malam hari membuat Anda cenderung makan berlebihan. Apalagi ketika mengalami susah tidur, makanan sering menjadi pelarian orang untuk menghabiskan waktu malamnya, sehingga Anda makan tidak terkendali dan akhirnya kalori yang masuk terlalu banyak.- https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/tidak-makan-malam-jam-6/

Kecuali misalnya di sore hari saya terlalu sibuk atau nggak sempat makan, mau nggak mau ya makan di malam hari. Ini pun diusahakan supaya nggak berlebihan.

Istirahat yang cukup

Kebanyakan tidur nggak bagus. Tapi kurang tidur juga tidak baik. Jadi yang bagus tengah-tengah aja, istirahat yang cukup. Untuk orang dewasa normalnya 7-8 jam itu sudah bagus. Biasanya saya tidur malam mulai pukul 21.00 dan bangun pada pukul 04.00 pagi. Ini udah bagus banget. Badan enak pas bangun tidur. Tapi kalau tidurnya kurang dari itu, biasanya badan jadi lemas.

Dengan tidur yang cukup, kesehatan kita akan lebih baik dan maksimal. Semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon. Pada saat tidur, informasi yang masuk ke otak akan disusun dengan rapi, sehingga saat bangun tidur kita sering kali menemukan solusi dari masalah di hari sebelumnya. – https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/durasi-waktu-tidur-sesuai-usia-tak-semua-butuh-8-jam-tidur/

Saya juga selalu mengusahakan buat tidur siang maksimal 30 menit. Ya buat recharge aja biar badan lebih fresh setelah seharian sibuk dengan urusan anak dan rumah.

Perbanyak minum air putih

Air putih penting banget buat saya. Kemana-mana saya selalu sedia air putih buat minum di jalan. Dibanding minuman manis, saya lebih suka air putih karena lebih efektif menghilangkan haus.

Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. – https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih

Air putih juga bagus buat metabolisme tubuh. Bikin kulit nggak cepat kering juga. Apalagi kalau sehari-hari kita hidup di ruangan AC, justru harus minum air putih lebih banyak. Sebab sekalipun di ruangan AC, tubuh kita tetap mengeluarkan cairan. Bisa lewat urine, atau nafas. Kalau kurang cairan, kulit juga jadi cepat kering dan kusam. So, jangan lupa minum air putih ya 😉

Makanan seimbang

Saya selalu berusaha untuk setiap hari makanan seimbang. Ada karbohidrat, sayuran, protein nabati dan hewani, dan buah-buahan. Bahkan karena saya pakai catering, di menu catering harus ada sayuran dan proteinnya. Ini berguna juga untuk anak-anak. Di masa pertumbuhan mereka karbohidrat, sayuran dan protein itu penting. Selain itu ya menghindari anak nggak doyan sayur, jadi memang saya kasih mereka sayur dari sejak mereka MPASI.

Walaupun saya pemilih makanan, saya selalu berusaha memenuhi aspek makanan seimbang. Caranya ya diolah sesuai keinginan lidah kita hehe.

Perawatan kulit

Setelah banyak minum air putih, melakukan perawatan wajah juga nggak boleh ketinggalan. Kulit saya sendiri cenderung kering. Kalau nggak dijaga kelembapannya bisa gampang keriput huhu. Jadi minimal banget saya cuci muka setiap hari minimal 2x sehari. Kalau pagi dan malam biasanya pakai day dan night cream. Untuk bibir, juga suka saya olesi pakai pelembap. Dan setiap habis mandi pakai handbody supaya wangi juga.

Ya, apalagi udah punya suami ya, harus pintar merawat diri. Biar nggak makan banyak ongkos, jadi mending dicicil aja perawatan sendiri dari rumah. Kalau mau me time, ya bolehlah sesekali ke salon untuk perawatan 😄

Kan, gampang buat hidup sehat. Semuanya bisa dilakukan di rumah dengan cara yang praktis dan nggak ribet. Dibanding bayar untuk biaya ke dokter, mending kita berusaha hidup sehat aja. Ya kan, Guys? 😍

BTW, teman-teman punya tips hidup sehat apa nih? Sharing ya 😍

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

2 comments to “Hidup Sehat Nggak Ribet dengan 5 Cara Ini!”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Meykke Santoso - Desember 1, 2018 Balas

    Iya mbak, selain badan yang sehat, kulit juga harus sehat. Dan yg tak kalah penting mental juga sehat biar sehat seutuhnyaaa..hehe

    • Ade Delina Putri - Desember 1, 2018 Balas

      Mental yang terpenting 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.