Jenuh Ngeblog Beserta Tips di Kala Jenuh Melakukan Passion

Teman-teman pernah nggak sih ngerasa blogger block? “Apaan tuh?” Ya kayak writer block gitu lho hehe. Entah karena memang malas nulis, nggak ada ide, atau memang karena ya nggak tahu juga kenapa bisa tiba-tiba nggak ada semangat nulis. Kalau saya jelas pernah banget. Buktinya bulan Juni kemarin saya cuma bisa menghasilkan dua tulisan aja huhu. […]

Apa yang Kita Tulis, Tidak (Selalu) Sama di Mata Pembaca

Saya makin yakin kalau perbedaan di antara manusia itu bukan kalimat klise. Tapi memang nyata adanya. Kita diciptakan dengan otak yang berbeda. Maka persepsi yang timbul pun akan berbeda juga. Termasuk urusan “bahwa apa yang kita tulis, tidak (selalu) sama di mata pembaca.” Rasanya mustahil untuk membuat orang punya persepsi sama dengan kita. Pasti akan […]

Suka Duka Menjadi “Pejuang Gratisan”

Setelah Rabu kemarin cerita gimana saya bisa jadi “Pejuang Gratisan” dan kenapa saya suka menjalaninya, hari ini saya mau nulis suka duka selama menjadi “pejuang gratisan”. Hah? Emangnya kalo gratisan bisa ada dukanya juga? Oh tentu bisa dong. Toh hidup ini kan isinya memang tentang suka dan duka *tsah. Baca: Kebahagiaan dan Kesedihan Berjalan Seimbang […]

Kembali Menjadi Diri yang Nyata

Kemarin saya baru pulang lagi dari kampung. Harusnya sih istirahat ya, karena emang capek banget. Cucian baju juga numpuk hiks. Tapi ya ampun, dari kemarin sepanjang liburan, blog-blog saya nggak luput dari pikiran. Gimana enggak, kalau bulan ini saya belum nulis satu postingan pun di ketiga blog 😭😭😭 Bener deh, ini tuh rekor banget hampir […]

Ikhlas, Edukasi, Membangun Personal Branding untuk Kasus Plagiarisme

Baru-baru ini kejadian menggemparkan datang dari dunia kepenulisan. Seorang perempuan memplagiasi lebih dari 24 tulisan. Wow cukup mencengangkan bagi saya. Pasalnya saya juga baru ini dengar kasus plagiarisme sampai segitu banyaknya 😥 Menyedihkan memang. Semoga kejadian ini tidak pernah terulang lagi. Kasus plagiasi: menodai literasi. Saya setuju sekali dengan kalimat dari Mak Siti Nurjanah ini. […]