target blog

Target Blog Jangka Pendek untuk Menuju Target Jangka Panjang

Sudah Juli 2020, itu artinya saya ngeblog sudah hampir 8 tahun. Yap, kalau teman-teman bisa lihat di sini, saya menulis di blog memang sejak November 2012. Yang dulu awalnya hanya iseng karena nemu platform Blogspot, lalu dapat hadiah lomba domain my.id dari sebuah jasa hosting yang bahkan masih saya pakai sampai sekarang. Mulai dapat job. Ganti domain menjadi dot com. Sampai akhirnya setelah 2018, memutuskan untuk pindah dari hosting blogspot ke hosting sendiri.

Awal mulanya karena memang saya senang menulis

Panjang memang perjalanannya. Dan kalau dihitung, saya sudah menulis hampir 695 tulisan. Mulai dari tulisan ala kadarnya, review-review produk, cerita tentang tempat-tempat wisata dan travelling. Tapi yang paling sering adalah mencurahkan isi hati dan pikiran yang tertulis dalam label Kontemplasi. Seperti yang pernah saya tulis bahwa tujuan saya ngeblog adalah berbagi.

Saya membuat blog karena memang senang menulis. Senang sekali dulu bisa bertemu platform menulis secara publik begini. Meski dulu ingin sekali bisa menulis buku, tapi setidaknya blog bisa menjadi ‘pengalih’ cita-cita saya agar tulisan saya bisa dibaca banyak orang. Bahkan secara cuma-cuma. Ya tentu saja asal ada kuota internet hehe.

FYI, saya punya empat blog. Blog Sohibunnisa yang berisi tulisan-tulisan personal. Blog Celoteh Bunda yang bertemakan parenting, pernikahan, dan keluarga. Blog Delina Books yang berisi review-review dan segala bahasan tentang buku. Dan blog Delina Quotes, yang isinya hanya pikiran-pikiran random saya secara singkat dan kutipan-kutipan dari tulisan yang saya suka.

Blog buku sudah tidak aktif, karena memang saya memutuskan untuk berhenti mereview buku dengan beberapa alasan. Blog quotes hanya sesekali saja, itu pun hanya sharingan dari postingan saya di Instagram. Jadi praktis, sekarang saya hanya fokus di blog personal ini dan blog parenting.

Target jangka pendek saya dalam ngeblog

Maka kalau ngomongin target, target jangka pendek saya dalam ngeblog, tentu saja saya ingin menulis lebih rutin lagi. Usaha awal, saya akan berusaha untuk selalu mengikuti One Day One Post dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur setiap bulannya. Komunitas ISB yang membuat saya semangat lagi untuk menulis. Apalagi untuk saya yang sering kesulitan memikirkan tulisan. Dengan ditentukannya tema dari ISB, saya jadi tidak pusing lagi akan menulis apa.

Target ke dua, saya bisa menjalani tugas-tugas dari SEO Moms lebih baik lagi. Ya, saat ini saya sedang mengikuti kelas SEO Moms, di mana ini merupakan kelas gratis untuk para ibu belajar SEO. Dan berharap kelas ini juga bisa menjadi ilmu saya untuk jangka panjang. Siapa tahu kan, dengan menerapkan SEO yang baik, kelak blog saya bisa dikenal lebih luas lagi. Aamiiin.

Semoga kelak saya bisa hadir di event blogger

Kalau target jangka panjang, saya ingin sekali bisa ikutan event blogger secara offline. Pernah sih datang ke event, tapi hanya beberapa kali. Apalagi sejak punya anak, baru 3 kali saja saya datang ke event. Di saat anak-anak sudah mulai bisa ditinggal, pandemi Covid-19 malah datang. Walhasil makin jadilah saya tidak bisa datang ke event-event blogger. Karena memang tidak bisa kan mengadakan acara di masa begini.

Sedih sekali rasanya belum mengenal semua blogger khususnya yang ada di Surabaya. Iri rasanya setiap mereka update tentang event yang sudah didatangi. Tapi tak apa, toh bukan saya tidak mau datang, tapi karena memang kewajiban menjadi ibu, lebih utama bagi saya saat itu.

Jadi kelak pandemi berakhir, semoga ada kesempatan saya untuk menghadiri event blogger di Surabaya. Aamiin.

Target jangka panjang, semoga blog saya terus ada

Tulisan saya bisa dibilang kebanyakan bernafas pendek. Jarang sekali lebih dari 1000 kata. Karena saya sendiri pun lebih suka tulisan yang tidak terlalu panjang. Meskipun katanya agar blog bagus, kita harus menulis lebih dari 1200 kata. Tapi entahlah, saya sendiri masih sulit menulis sepanjang itu :))

Meskipun tulisan saya kebanyakan pendek, semoga ada yang bisa dipetik oleh pembaca. Entah pembaca menjadi terinspirasi, atau sekadar terhibur.

Dengan demikian target jangka panjang, saya ingin blog ini terus ada. Jadi apapun keadaannya, saya ingin blog-blog saya tidak pernah ditutup. Supaya tulisan-tulisan saya bisa terus menyebar ke semua orang. Mudah-mudahan dengan target-target jangka pendek yang diterapkan, maka semoga target jangka panjang bisa lebih mudah tercapai. Aamiin.

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

2 comments to “Target Blog Jangka Pendek untuk Menuju Target Jangka Panjang”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Pondrafee - Agustus 10, 2020 Balas

    Salam kenal, Mbak Ade Delina Putri. Senang bisa baca-baca di blog ini. Saya terkesan dengan semangat menulisnya. 🙂 Semoga pageblug segera berakhir dan Mbak Ade bisa kumpul blogger lagi, ya.

    • Ade Delina Putri - Agustus 10, 2020 Balas

      Terima kasih ya Mas.
      Aamiin ya Rabbal Alamin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.