Di Indonesia, barangkali mukena merupakan sarana ibadah wanita muslimah yang sangat penting untuk dimiliki. Saat ini mukena tidak hanya didesain untuk memenuhi fungsinya sebagai penutup aurat wanita saat melakukan ibadah shalat, namun juga dirancang dengan berbagai warna yang semakin menarik dipandang. Selain warnanya, banyak mukena saat ini sangat mudah dibawa kemana saja, sehingga untuk melaksanakan ibadah kita tidak akan menemui kendala seperti tidak tersedianya mukena. Model mukena cantik dengan aksen warna-warni karya perancang busana terpopuler seperti Dian Pelangi contohnya, bisa dilihat di situs hijab online hijup.com. Selain warna dan cara pengemasannya, mukena modern juga dibuat dari beberapa jenis bahan yang akan menentukan kenyamanan saat beribadah. Penggunaan bahan ini juga disesuaikan dengan selera pasar. Berikut tips memilih mukena berdasarkan bahan pembuatnya:
https://www.hijup.com/id/Praying%20set%20(mukena)/10994_-silk-santung-pop-batik-prayer-set?from=recommendation
1. Mukena sutra
Sutra merupakan bahan kain yang dikenal sangat kuat dan elastis, sangat nyaman dipakai untuk beribadah dan tidak akan mengganggu pemakainya. Kain sutra juga bisa menyesuaikan dengan cuaca di sekitar. Jika cuaca sedang panas, maka kita tidak akan kepanasan. Begitupun saat cuaca sedang dingin, maka kita pun tidak akan merasa kedinginan. Selain memberikan kenyamanan, bahan sutra juga membuat penampilan menjadi lebih mewah. Karenanya mukena jenis ini cocok dipakai saat melakukan ibadah hari raya dan hari istimewa lainnya.
2. Mukena katun
Mukena berbahan katun sangat cocok digunakan untuk ibadah sehari-hari di rumah. Bahan katun ini memiliki tekstur kuat dan halus, serta memberikan kenyamanan karena mampu menyerap keringat sehingga tidak panas saat digunakan. Mukena berbahan katun cukup empuk dan tidak kaku. Namun mukena ini sedikit sulit dibawa bepergian karena saat dilipat akan sedikit tebal dan lebih berat dibanding bahan lainnya.
3. Mukena parasut
Mukena jenis berikutnya, mukena berbahan parasut. Mukena yang dibuat dari bahan ini akan memberikan rasa sejuk dan ringan saat dipakai ibadah shalat. Selain itu, mukena berbahan parasut ini sangat mudah dibawa bepergian karena kain parasut mudah dilipat dan dimasukkan ke dalam tas mungil. Bahannya sangat ringan dan tekstur kainnya memang kusut alami. Bahan parasut juga cepat kering saat dicuci.
Yap, itulah 3 bahan mukena yang barangkali bisa kalian pilih untuk berbagai kesempatan. Untuk model mukena cantik terkini karya Dian Pelangi, bisa kalian lihat di hijup.com yang menyediakan berbagai model busana muslim terbaru karya perancang busana ternama di Indonesia 🙂

9 thoughts on “Bahan Mukena yang Nyaman untuk Berbagai Kesempatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *