Wednesday, 15 January 2014

Behind the Sohibunnisa's Blog

Nggak terasa blog ini sudah berjalan satu tahun lebih *tepuk tangan* ehehe. Etz meski begitu rasanya masih jauh banget perjalanannya. Masih banyak yang harus diperbaiki. Tentunya dalam hal menulisnya. 

Kali ini saya mau cerita tentang "Behind the Sohibunnisa's Blog" *Ceileeeh gayaa kan* Saya udah punya niat lama banget buat nulis tentang ini, tadinya mau di bulan November tahun kemarin, pas ulang tahun blog ini. Tapi apa daya, saya lupa. Dan terlewatlah jadinya -__-.
Oke tanpa babibu lagi begini ceritanya... dugdugdug tengtengteng..


Kapan terjun di blog?
Tepatnya sih bulan Oktober 2012, tapi baru berani posting tulisan pas bulan November 2012. Jadi saya tepatin ulang tahun blog ini jatuh di bulan November 2012. Kalo soal tanggalnya, waduh saya lupa hehe.


Kenapa pilih blogspot?
Ini yang lucu. Saya juga lupa kenapa saya bisa nyasar disini hehehe. Yang jelas saya itu orangnya iseng. Kalo lagi browsing kadang suka main klik-klik aja. Saat itu saya baru punya akun gmail. Entah gimana ceritanya saya masuk website blogger. Saya penasaran, daftarlah saya saat itu. Tapi anehnya, saya juga langsung ngerti bahwa ini website buat nulis. Pertama kali saya cuma desain-desain aja, belum posting tulisan. Cari-cari nama yang kira-kira kece dan nggak kepanjangan buat nama blog ini. Dan blog inipun sempat nganggur, jadi deh seperti yang saya bilang di atas. Baru berani posting tulisan pas bulan November.


Kenapa namanya Sohibunnisa?
Saya sempat bingung, awal rilis, blog ini memakai nama asli saya, tapi saya pikir kayaknya kepanjangan. Terus ambil nama tengah Delina, tapi kurang kece juga. Akhirnya kepikiran nama saya dan sahabat saya. Seperti yang sudah dijelaskan di page Sohibunnisa, saya sangat senang dengan nama ini. Nggak tahu persis artinya juga. Mungkin kalo dijabarin begini, Sohib artinya sahabat. Nisa artinya wanita. Jadi bisa diartikan sahabat wanita. Kapan-kapan insyaAllah akan saya ceritakan tentang sejarah nama ini hehe. Nah berhubung saya pikir nama ini juga simple, jadilah memakai nama ini. Lagi pula nama ini kayaknya belum pernah ada yang pake :D *otomatis jadi yang first one di Mbah Google hehe


Apa kamu suka nulis?
Yaph. Sangat suka. Dan saya sangat bersyukur bisa dipertemukan dengan website ini, meskipun awalnya saya nyasar hehe. Tapi pada akhirnya saya merasa punya wadah buat nulis. Jujur saya nggak terlalu berani posting tulisan di notes facebook, bukan apa. Saya merasa tulisan saya masih kacangan banget. Jadi kalo teman-teman facebook saya baca, rasanya kok ya mempermalukan diri sendiri hihihi.

Tapi dengan blogspot, saya merasa punya ruang khusus, ruang yang nggak setiap orang mau ngunjungin dan hanya orang tertentu aja. Anehnya saat masuk sini, saya berubah jadi orang yang cuek. Ngga peduli mau ada yang baca atau ngga, yang penting saya nulis. Ya kayak tadi saya bilang, disini kan ngga setiap orang buka. Hohoho. Jadi saya ngerasa lebih bebas dan suka-suka gue.


Dimana biasanya nulis blog?
Sebagian besar tulisan blog ini saya kerjakan di sela-sela jam kantor atau jam istirahat kantor. Kenapa? Entahlah ya, inspirasi itu emang bisa dateng kapan aja. Dan sebagian besar inspirasi itu datang saat saya sedang kerja. Jadi begitu kerjaan beres, langsung cus ke blog dan hmm lancar banget nulisnya. Hal itu yang jarang banget saya temukan ketika saya di rumah. Hanya sebagian kecil tulisan dalam blog ini ditulis di rumah. Dan Alhamdulillah nya kerja di kantor yang baik hati, yang punya akses internet bebas dan asal kerjaan nggak terbengkalai hehehe.


Gimana proses nulisnya sampe bisa diterbitkan?
Kalo soal prosesnya, ya itu tadi saya mau nulis kalo lagi mau nulis aja dan ada inspirasi. Inspirasi sebagian besar dari pengalaman sendiri, karena memang saya lebih suka dan lebih mudah menulisnya. Dan ngga setiap pengalaman saya tuliskan, tapi hanya pengalaman yang menurut saya sekiranya juga bermanfaat buat yang baca.

Biasanya satu tulisan memakan waktu sekitar setengah jam sampai yang paling lama bisa hampir seharian. Tergantung tingkat kelancaran dan panjangnya tulisan. Ada juga beberapa tulisan yang harus ngendap dulu di draft. Bisa bermacam-macam alasannya. Bisa karena writer block alias buntu, karena tiba-tiba ada kerjaan, karena dirasa kurang pantas untuk dipublikasikan (untuk yang ini agak jarang). Kalo buntu biasanya saya tinggalin dulu tulisannya. Saya browsing-browsing yang lain, saya keliling-keliling ke tempat lain. Setelah balik, baru saya baca lagi dan biasanya lebih lancar nulisnya. Trik itu selalu saya pakai kalau tiba-tiba buntu di tengah tulisan.

Bagi pengunjung, sadar atau nggak ada beberapa tulisan yang sudah saya terbitkan atau bahkan sudah lama saya terbitkan, tapi saya edit lagi. Saya pernah baca, ketika kita menulis, jangan langsung dikirim, tapi tunggu satu sampai tiga hari, setelah itu dibaca lagi, baru dikirim, karena kita pasti akan menemukan banyak kesalahan. Tapi saya kan orangnya rada ngga sabaran, jadi setelah tulisan kelar, langsung saya terbitkan. Setelah diterbitkan saya baca lagi, baru kalau ada kesalahan saya edit lagi. Begitupun saat saya baca tulisan-tulisan yang lama, kalau sekiranya ada yang keliru ya saya edit lagi. Hehehe mungkin karena ngga begitu besar kesalahannya jadi pengunjung nggak kan sadar :D

Satu hal lagi yang bikin saya konsisten dengan blog. Saat bulan November sampai Januari, disaat saya lagi seneng-senengnya nulis di sini, saya ngeliat wah kok urut ya bulan November, Desember, Januari. Akhirnya saya buat komitmen, oke saya akan nulis setiap bulan. Tujuannya supaya saya dan pengunjung blog ini enak ngeliatnya. Ngeliat postingan ada di setiap bulannya. Soalnya saya pernah ngunjungin salah satu blog, tapi postingnya jarang-jarang. Misalnya dari bulan November langsung ke April. Agak gimana gitu buat saya. Ya meskipun mungkin si empu blog punya alasan tersendiri kenapa ngga bisa sering-sering posting.


Oia tadi katanya pertama nulis bulan November, kok ngga ada?
Hehehe postingan itu sudah saya hapus. Kalo yang sudah mengunjungi blog ini dari tahun 2012, mungkin sudah tahu apa postingannya. Terus alasan dihapus? Ada deeeeh :p


Di sela-sela tulisan kok masih ada yang copas?
Maka itu kenapa saya buat kategori kutipan. Kutipan-kutipan itu sebenernya buat ngingetin diri saya sendiri. Ketika saya baca sesuatu yang menurut saya menarik, bermanfaat, dan saya nggak mau hilang gitu aja, jadilah saya copas ke blog ini. Supaya saya bisa baca lagi. Tapi tenang aja, saya selalu pasang sumber kok. Supaya ngga dituduh ngejiplak kan :)


Kenapa kolom komentarnya harus dimoderasi?
Karena dengan adanya moderasi, saya bisa menyaring komentar-komentar yang masuk. Layak atau tidak. Sekaligus saya jadi tahu kalo tulisan saya dikomentari. Dan bukan main ya senangnya kalo saya liat tulisan 1 komentar menunggu moderasi. Dalem hati langsung girang, yey tulisanku dibaca. Tulisanku dikomentarin. Apapun itu komentarnya, buat saya selalu berharga. Ya asal masih sopan aja ya.


Kenapa desain blog selalu berubah-ubah?
Ini dia jeleknya. Saya orangnya rada bosanan. Kalau saya udah ngerasa bosen dengan desainnya ya saya ganti. Entah sudah berapa kali -_- Sebenernya pengen sih kayak blog-blog lain yang konsisten desainnya, tapi dasar saya. Ngga tau juga belum bisa begitu. Dan lagi saya ngga pandai nge-desain, jadi ya seringnya saya nyari template-template lain yang udah mateng. So ngga usah kaget kalo blog ini nanti berubah warna lagi -_- *lah macem bunglon yak.


Segitu dulu deh ya, saya udah bingung mau ngejelasin apa lagi hehehe. Terlepas dari bermanfaat atau tidak, saya nulis ini cuma mau berbagi aja. Plus mewujudkan keinginan saya yang sudah lama terpendam :D

Kalo ada yang mau nanya atau nambahin tentang blog ini boleh di kolom komentar, atau mau tanya tentang saya juga boleh, eeeh :D

Enjoy with me, with Sohibunnisa ^_^

3 comments:

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...