Monday, 9 June 2014

Biar NgeBlog Makin Kece

Alhamdulillah. Segala puji bagi Allah yang selalu memberi kemudahan bagi umatNya. 

Seringkali saya bersyukur bahwa saya telah diperkenalkan wadah menulis yang satu ini (baca: blog). Yang awalnya saya tidak peduli mau ada yang baca atau ngga. Tapi sekarang Alhamdulillah kian hari teman terus bertambah. Sekaligus komentar-komentar mulai berseliweran hehehe.

Dalam rangka syukur ini, saya ingin memberi tips buat teman-teman agar tetap semangat ngeblog sekaligus mengembangkan blognya. Jadi nggak stuck disitu-situ aja :) Tipsnya sendiri sih sebenarnya sudah saya muat di sini dan di sini. Tapi kali ini saya mau memberi tips sesuai pengalaman saya sekaligus biar blog kamu juga makin kece :D

1. Menulislah
Ya pasti inilah tips pertama. Nggak ada tulisan ya nggak ada blog dong (kecuali kalau konten blogmu hanya gambar). Tulislah. Tulislah apaaaapun itu. Etz tapi bukan juga ngeluh sia-sia. Namanya media sosial yang nyangkut orang banyak, tentu lebih bijak jika kita menulis yang sekiranya bermanfaat. Tulis aja kayak kegiatan sehari-hari atau pengalamanmu. Pasti ada salah satu yang bisa diambil manfaatnya. Jangan pedulikan soal tata bahasa atau tata cara kepenulisan. Lebih baik tulis saja dulu. Lebih baiknya lagi, jika memang kamu belum paham, bisa kamu konsultasikan dulu kepada yang lebih ahli/berpengalaman untuk menilai tulisanmu layak atau tidak. Barulah setelahnya bisa kamu terbitkan.

2. Jangan Copy Paste
Kalau kamu memang berniat nge-blog, maka niatkan bahwa kamu akan memperkenalkan dirimu pada dunia. Tulis apa yang kamu bisa. Seiring waktu, tulisan itu akan menunjukkan sendiri bagaimana karaktermu. Copy paste boleh asal cantumkan sumber. Ingat ya sumber! Tapi jangan juga sering-sering copas. Nanti blogmu tidak ada keunikkannya. Walaupun pasang sumber, saya yakin orang akan lebih memilih mengunjungi website aslinya langsung. Buat apa bikin blog kalau isinya cuma copas semua. Nggak ada yang menarik dong :)

3. Rajin Update
Menulis saja tidak cukup, tapi kita juga harus rajin. Balik lagi, kalau memang kamu sudah berniat ngeblog, maka uruslah blogmu seperti kamarmu sendiri. Bayangkan kalau kamu punya kamar tapi tidak pernah diurus alias diabaikan, apakah kamu betah? Pasti berdebu kan. Nah seperti itulah. Seperti itu juga para visitor kita. Terlebih jika kita sudah punya 'pengikut'. Saya sendiri tidak akan segan-segan unfollow blog yang jarang update. Tidak perlu setiap hari, tapi paling tidak dalam waktu sebulan atau dua bulan ada tulisan terbarumu. Supaya para visitor tadi tidak jemu :)

4. Pasang Link Blog dalam Akunmu
Punya facebook atau twiiter kan? Kalau punya, manfaatkan. Di sana ada fasilitas website. Nah website itu bisa kita taruh link blog kita. Yakin deh pasti ada salah seorang atau pengikutmu yang suatu saat meng-kliknya hehehe. Bahkan masih ada instagram dan lain-lainnya yang juga punya fasilitas yang sama.

5. Sering-sering Share dan Bergabung dengan komunitas
Kalau sudah dipasang linknya, tinggal kamu share setiap kamu selesai menulis. Tujuannya apa, ya supaya ada yang baca dong. Tidak hanya itu, kamu bisa memberanikan diri untuk mulai bergabung dengan komunitas-komunitas blog atau menulis. Karena di sanalah wadah kamu untuk mulai memperkenalkan blog kamu. Cara ini terbukti efektif saya lakukan. Sebelum saya gabung dengan komunitas, blog saya masih jarang diketahui. Tapi setelah saya bergabung dan memberanikan share tulisan blog saya, masya Allah. Komentar dan visitor merangkak tajam. Hehehe. Rating mungkin tidak begitu penting, tapi tidak akan ada gunanya kalau blog kita hanya kita telan sendiri. Kasian dong nanti nggak ada yang kenal hehe.

6. Jangan sungkan-sungkan colek orang besar.
Maksudnya apa? Misalnya kamu habis menghadiri seminar/kajian, maka seminar/kajian itu bisa kamu jadikan tulisan dalam blog. Atau kamu bisa juga habis menonton/mendengar acara-acara yang bermanfaat, maka bisa kamu jadikan tulisan. Tentulah di sana pasti ada pembicara-pembicaranya. (Tipsnya, selalu bawa buku kecil atau handphone untuk mencatat bagian yang penting. Dengan begitu tulisanmu akan lebih matang). Lalu tinggal kamu share tulisan blog kamu dan colek pembicaranya. Di zaman seperti ini saya yakin mereka pasti memiliki akun. Paling tidak ada facebook dan twitter. Di situlah bisa kamu manfaatkan. Saya yakin tulisanmu akan direspon positif oleh mereka. Terlebih salah satunya di twitter. Dengan fasilitas retweetnya, pasti akan sangat cepat menyebar. Dan pengikut mereka biasanya akan ikut penasaran. Psst cara ini sudah saya lakukan dan Alhamdulillah terbukti luar biasa :D

7. Respon setiap komentar pembaca.
Saya sendiri senang sekali jika mengunjungi blog lain dan komentar saya direspon oleh si empu blog. Karena dengan cara inilah kita dihargai. Saya sempat membuka salah satu blog yang setiap dia posting selalu mendapat komentar yang banyak. Tapi sayang, tidak pernah direspon. Dan inilah yang tidak saya suka. Sebab akan terkesan kita tidak peduli dan sombong. Bukannya terima kasih udah dibaca, tapi malah dicuekkin gitu aja. So, apapun komentar pembaca selama itu masih sopan, maka berikanlah respon. Kalau yang terjadi sebaliknya, kita masih punya fasilitas hapus kok. Tinggal dihapus saja komentar yang sekiranya kurang berkenan atau nyepam. Lebih bagusnya, kita punya fasilitas moderasi. Fasilitas ini sangat berguna untuk menyaring komentar-komentar yang masuk. Tapi jangan juga kelamaan di approve nya ya. Kasian, nanti visitor bosen lagi hehe. 

8. Rajin-rajin Blogwalking
Nggak cukup rajin nulis dan share aja, tapi kamu juga harus rajin-rajin blogwalking. Tujuannya supaya ada timbal balik pada pembaca sekaligus menjadi pembelajaranmu. Share sedikit aja, kenapa saya bisa ngasih tips begini karena saya belajar dari blog-blog lain. Dengan ngeliat blog lain kita jadi tahu, apa yang nggak kita suka, apa yang menurut kita kurang, apa yang menurut kita bagus. Oh ya, saya juga suka banget kegiatan ini. Biasanya kalau lagi waktu senggang, saya sempatkan mampir di blog-blog lain. Untungnya lagi, kadang malah jadi dapet inspirasi buat nulis hehehe.

Insya Allah dengan tips di atas, blog kamu akan makin kece. Lebih kece lagi, kalau kamu juga memperhatikan tampilan luar. Sudah saya tulis di sini dan di sini ya :)

Keep blogging guys ^_^

11 comments:

  1. Semangatnya jangan terlalu, nanti suatu saat pasti ada masa tidak ingin ngeblog dan malas, hehe.. Smoga tetap semangat ya...
    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe,
      Malas itu yang harus dibasmi ^_^
      Smangat! ^^

      Delete
  2. Ade templatemu bagus, enak, nyaman ^___^ naah ini baru the real Ade, yg kemaren2 bukan Ade hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihihi makasih ya kak masukkannya.
      Kalo nggak digituin mungkin belum nyadar" :D
      Hehe makasih ^^

      Delete
  3. boleh juga nih tips2na buat dilakuin. eh sy udah ngelakuin beberapa dari yg ditulis di sini nih, no 6 aja yg ga pernah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap.
      Ayo dilakuin mas. Insya Allah rating visitornya naik hehe ^^

      Delete
  4. Nice tips Mbak...thanks ya. Salam kenal Mbak =)

    ReplyDelete
  5. Setujuuu sama kak Ade.
    Jadi blogger kudu ramah ya kak, kudu baca dan bales komentar yg masuk *getok diri sendiri yang masih doyan nyuekin komentar :|

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...