Friday, 5 June 2015

Ramadhan Manis, Semalam Bersama Yatim #SBY

Kalau ada Ramadhan yang paling manis, mungkin Ramadhan 2014 kemarin. Komunitas Man Jadda Wa Jada Bekasi mengajak saya dan anggota Sajada (Sahabat Man Jadda wa Jada) bersama komunitas Sedekah Harian Bekasi melakukan kunjungan di sebuah pesantren anak yatim piatu di bilangan Tambun Bekasi dan menamai acaranya Semalam Bersama Yatim. Ya, kami juga menginap di sana.

games
dok. @MJWJ_Bekasi
Ini merupakan pengalaman pertama bagi saya. Pertama kali datang, saya hanya merasakan keharuan yang luar biasa. Rupanya pesantren ini merupakan pesantren penghafal Al-Qur'an, ma sya Allah. Melihat wajah-wajah polos mereka, semangat mereka mengaji dan beribadah, masih bisa senang tanpa kehadiran orang tua, sungguh membuat saya berdosa rasanya jika tak bersyukur.

Di sana kami melakukan beberapa kegiatan. Games, berbuka bersama, tarawih bersama, sesi motivasi diri bersama seorang trainer, Mas Sakti. Sesi motivasi diri inilah yang paling seru. Kami semua berhasil dibuat tertawa untuk kemudian menangis dan tafakkur bersama. Mas Sakti mengajak kita untuk selalu ingat pada orang tua, sementara kita seringkali membantah atau durhaka pada mereka. Bagaimana jika orang tua sudah tiada, masih sanggupkah kita berdiri seperti saat ini atau bahkan mampukah untuk sekedar membayangkannya? Allah, semoga kita senantiasa menjadi anak yang berbakti pada kedua orang tua sekalipun mereka sudah lebih dulu meninggalkan kita. 

Pukul 03.00 WIB masuklah waktu sahur yang dilanjutkan dengan sholat subuh dan kultum dari pihak pesantren. Lucunya, yang ceramah adalah anak-anak itu sendiri. Ternyata selama bulan Ramadhan, mereka semua kebagian untuk giliran memberikan kultum. Tak jarang gelak tawa karena kepolosan mereka dalam berceramah menghibur kami. 

Tepat pukul 06.00 WIB selesai sudah seluruh acara. Saatnya pemberian santunan, maaf-maafan dan pulang ke rumah masing-masing. Semoga pada lain waktu, saya masih bisa merasakan kehangatan seperti ini. Kehangatan yang membuat saya menjadi orang yang lebih bersyukur dengan kehadiran orang tua serta segala nikmat Allah SWT. 

dok. @MJWJ_Bekasi



4 comments:

  1. Mak. Yah ampun kalau dah masuk bulan Ramadhan kenapa rasanya sedih karena syahdu banget yah Maks.

    Kalau ada kegiatan di Ramadhan, berbagi lagi yah, Mak. :D

    ReplyDelete
  2. seru ya ramadhan bareng anak yatim ....feelnya terasa banget

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...