Menjaga Kebersihan Ruang Keluarga

Selain kamar, ruangan favorit saya dan keluarga adalah ya ruang keluarga. Soalnya ruang keluarga itu besar. Jadi asyik buat santai-santai malas-malasan. Makanya ruang tengah atau ruang keluarga memang harus selalu bersih dan terawat. Apalagi ruang keluarga juga tempat berkumpulnya sanak saudara yang berkunjung ke rumah kita. Kalau nggak mau repot, kita bisa menggunakan jasa kebersihan untuk membersihkan ruang keluarga di rumah kita.

Ruang keluarga ini bisa dibilang serba guna. Ya tempat main sama anak, bisa nonton TV (tapi saya nggak punya TV sih haha), main game, mengerjakan pekerjaan rumah, bayar tagihan, baca majalah, sekedar duduk-duduk dan menghibur diri. Masalahnya seringkali karena serba guna itulah ruangan ini bisa berakhir sebagai tempat yang sangat berantakan.
via Pixabay
Kalau lagi capek banget dan pengennya santai di ruang keluarga, paling males deh kalau nemuin mainan anak-anak sembarangan sampai-sampai di setiap sudut dan celah yang tidak kelihatan aka kolong. Hadeuh.
Solusinya sih ya mau nggak mau tetap harus dibereskan. Kita bisa bersihin semua kekacauan yang terjadi di ruang keluarga. Caranya ya bersihkan  ruangan dan siapkan keranjang atau wadah khusus untuk mengambil atau memisahkan barang-barang untuk dipisahkan nanti.
Bersihkan debu-debu yang terlihat sampai ke debu yang ada di celah terkecil sekalipun. Ambil dua kain elektrostatik atau microfiber. Keluarkan dan cuci kain kotor atau pilih penghilang debu yang terbaik untuk membersihkan kotoran yang membandel di ruangan kita.

Rapikan dan susun bantal-bantal dengan rapi sesuai dengan tempatnya. Penyesuaian kecil ini bisa bikin dampak visual yang besar bagi ruang keluarga kita lho.

Vacuum atau pel kering lantai ruang keluarga kita. Ini bisa memakan waktu cukup banyak, tapi penting untuk dilakukan. Kotoran yang menumpuk bisa merusak serat karpet dan merusak lantai kayu ya.

Jangan lupa juga untuk tangani kebersihan dan perawatan pada jendela. Dengan cara mengelapnya menggunakan kain microfiber yang tidak akan merusak kaca kita.

Selalu bersihkan kain pelapis pada sofa atau kursi di ruang keluarga kita. Gunakan sikat vakum untuk membersihkan debu dari sofa dan kursi. Bersihkan semua debu yang bersembunyi di bawah dan belakang bantal.  Tutup tirai dan gunakan seluruh perlengkapan vakum untuk membersihkan secara menyeluruh. Untuk tirai, bersihkan setiap lipatan dengan kain microfiber yang lembab.

Lap atau bersihkan jendela. Untuk meminimalkan goresan, gunakan pembersih kaca dan bahan bebas serat, seperti kain lembut yang bersih atau kaos tua. Sarannya sih bersihkan kotoran dengan mengelap area secara vertikal di bagian dalam dan di horisontal di bagian luar luar (atau sebaliknya) sehingga kita akan tahu pada sisi mana kotoran masih tersisa.

Bersihkan dinding, bagian luar juga bagian dalam lemari di ruang keluarga kita. Keluarkan remah-remah dari dalam lemari dengan vakum atau kain yang lembab.

Bersihkan kotoran dan debu yang tersembunyi. Biasanya kita bisa menemukan noda membandel ini di bagian belakang dan di bawah atau di kolong peralatan kita. Dan juga bersihkan kotoran di atas perabotan yang agak tinggi dengan lap panjang. Kita bisa membalik karpet di ruang keluarga dan bersihkan lantai di bawahnya.

Ruang keluarga memang harus rajin dibersihkan untuk mencegah penyebaran penyakit dan menjadi sarang bakteri atau kuman yang dapat membahayakan kita atau anggota keluarga yang lain. Kebersihan di setiap ruangan rumah kita tentunya juga harus terjaga agar kesehatan keluarga dapat terjamin setiap waktunya.
Jangan lupa untuk mengajak anggota keluarga yang lain untuk selalu senantiasa menjaga kebersihan diruang keluarga kita. Agar ruang keluarga selalu terjaga kebersihan juga ke-higienisan-nya dan juga supaya kita bisa betah dan santai diruang keluarga tanpa harus terganggu oleh debu.

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

8 comments to “Menjaga Kebersihan Ruang Keluarga”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Efi Fitriyyah - Maret 11, 2018 Balas

    Bersihin perabotan yang tinggi kayak lemari itu suka kelewat sama aku, Mak. Sekalinya bersihin pun itu rentang waktunya hitungan bulan hihihi *tutupin muka*

    • adedelina - Maret 11, 2018 Balas

      Haha iya kalo tinggi emang susah buat rutin yaa. Akupun biasanya berapa bulan aja :))

  2. Victor Martin - Maret 11, 2018 Balas

    Bagian celah dan kolong yg paling sulit dibersihkan,, klo mau dibersihkan jd nya ngbersihin total deh..

    • adedelina - Maret 11, 2018 Balas

      Iya betuul. Memang harus usaha lebih hehe

  3. Nanik Nara - Maret 12, 2018 Balas

    Ruang keluarga ku bisa bersih dan rapi paling nggak sampai 1 jam. Setelah itu ya kembali berantakan lagi

    • adedelina - Maret 12, 2018 Balas

      Hihi kalo saya biasanya benar-benar bersih dan rapi ya pas malam hari. Anak-anak udah tidur soalnya 😀

  4. Santi Dewi - Maret 12, 2018 Balas

    ruang keluarga memang tempat yg paling berantakan mba, di rumah saya juga begitu. karena anak2 lebih bnyk berkumpul di ruamg keluarga 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.