Monday, 5 May 2014

So, Please 2

Hei-hei masih ingat dengan postingan So Please Februari lalu? Kalau ada yang lupa atau belum tahu bisa klik di sini ya. Tulisan So Please ini sebenarnya bukan untuk mengkritik blog-blog lain atau mengganggu 'suka-sukanya' orang, melainkan hanya untuk berbagi pendapat subjektif saya. Namanya subjektif tentulah boleh setuju atau tidak. Tapi meski begitu, subjektif bukan subjektif asal, melainkan subjektif yang masih dalam batas pandangan objektif. Nah lho bingung kan? Sama saya juga buahaha. 

So please ini sebenernya berasal dari hobi saya juga > blogwalking. Tentulah sebagai blogwalking berarti kita menempatkan diri sebagai readers alias pembaca. Nah kalo pembacanya nggak nyaman, gimana blognya mau laku (baca: rajin dikunjungin)?

Kali ini saya nggak akan kasih judul apa yang mengganggunya, tapi langsung saja saya kasih 'saran' nya hehehe.

Cekidot>>

~ Adakan kolom search
Dulu saya meremehkan kolom yang satu ini. Ah, buat apa gunanya. Tapi setelah saya sempat menagalami yang namanya nyari-nyari postingan lama, barulah saya merasakan betapa pentingnya kolom ini. 
So, Please: Buat para blogger-blogger lain, adakan kolom ini. Siapa tahu juga ada pemuja rahasia yang selalu memantau blogmu dan ingin mencari sesuatu yang sudah kau tulis di waktu lampau. Kan kasihan kalau harus mencari-cari secara manual. Makan waktu lama cyiiiiin..

~ Alamat blog simple saja
Aduhai saya suka seliwer sendiri kalau ngeliat blog yang alamatnya panjang syekali. Plus bahasa inggris pula. Rrrrr rasanya pengen bilang, "Nggak ada nama alamat lain apa!" Lagi pula saya rasa ini nggak ada bedanya dengan (maaf) anak-anak alay hehehe. 
So, Please: Cari alamat yang sederhana saja. Like nama sendiri gitu. Nggak masalah sih kalo namanya panjang asal namanya juga gampang. Jujur saya nggak akan balik lagi ke blog yang namanya susah buat dihafal. Kecuali jika memang sudah ada dalam daftar history. Ini sih enak tinggal klik aja. Kalo memang masih ngotot buat bikin nama panjang, usahakan pakai bahasa Indonesia saja. Ya mungkin bisa juga begini akusayangkamu.blogspot.com hahaha.

~ Sudah bukan jamannya pakai bahasa 4l4y
Ini lagi. Saya pikir si 4l4y itu sudah lenyap. Ternyata masih ada. Iya masih berseliweran ternyata. Meski tak se-ekstrem jaman saya sekolah hihihi. Dalam dunia blogpun ternyata masih ada yang menggunakan bahasa ini. Biasanya bukan hanya alay di hurufnya, melainkan alay di penempatan tanda baca. Saya yakin tipe ini adalah tipe yang baru mengenal blog. Atau dia memang belum paham tentang cara menulis yang baik hehehe.
So, Please: Menulis memang boleh bebas. Tapi bukan boleh asal-asalan. Perhatikan letak tanda baca. Kapan saatnya harus titik, kapan saatnya harus koma, kapan saatnya bisa ditambahkan tanda kutip. Oh ya, jangan kebanyakan titik-titiknya juga, nggak bagus. Suwer nggak bagus. Kesannya lo lagi mikir banget gitu!

~ Kreatif cari ide
Zamannya copy paste sudah tak bisa dipungkiri. Tapi kalo emang kamu berniat bikin blog, aduuhh jangan semuanya di copy paste dari website lain. Lah kalo semua copas, ciri khas dari blog kamu apa dong? Apa kamu bilang? Kan masih nyantumin sumber. Iya iya emang masih nyantumin sumber, tapi saya yakin orang akan lebih milih klik sumbernya langsung. Secara tentulah si sumber akan lebih menarik karena yang menyediakan artikelnya.
So, Please: Inspirasi tuh banyak kok. Dari mana-mana. Inget! Dari mana-mana. Terlebih dalam kehidupanmu sendiri. Simple nya. Ambil saja kegiatanmu sehari-hari lalu ceritakan dalam blog. Sama halnya dengan kamu menulis di diary. Lama-lama kamu akan berkembang sendiri seiring rajinnya kamu membaca dan menulis.

~ Sering-sering update
Agak gimanaaa gitu ngeliat blog yang seakan-akan hilang dari peredaran. Entah si empunya memang sibuk atau males update hehehe. Kalau sibuk sih mungkin masih bisa dimaklumin lah ya. Tapi kalau males, lah tutup ajalah blognya. Sangat disayangkan kalau saya lihat blog yang isinya bagus-bagus tapi fakem. Pernah saya bahas di sini
So, Please: Seperti di poin kreatif cari ide, inspirasi tuh banyak kok. Selama kita hidup, yakin deh bahwa kita nggak akan kehabisan inspirasi. Kalau memang masih niat punya blog, rajin-rajinlah update blog kayak saya. Nggak usah setiap hari deh, minimal satu bulan sekaliiii aja. Itu udah bagus banget. Alhamdulillah saya sendiri meniatkan begitu. Minimal satu bulan sekali saya update. Biar teman-teman setia saya nggak bosen liat tulisan yang itu-itu aja hehehe.

~ Kurangi iklan lewat!
Uh, pake tanda seru tuh. Hehehe. Satu lagi yang buat saya gerah. Kalo ngeliat blog yang ampuuuuuun banyak banget iklannya. Ada bunyinya, "Mau gaji 20 juta sebulan?" "Ingin badan gemuk/kurus?" Rrrrr. Emang pernah saya baca, kalau kita pasang iklan kayak gitu dan ada yang nge-klik, kita akan dibayar per-kliknya. Jadi misalkan per kliknya dibayar Rp 5.000. Misal ada 20 orang yang nge-klik jadi 20 dikali Rp 5.000 sama dengan Rp 100.000. Ya lumayan sih. Tapi buat saya, enggak banget!
So, Please: Kurangi iklan seperti itu jika memang blog kita bukan mengenai konten jualan atau berbisnis. Mungkin kamu untung. Tapi kasihan visitor yang mengunjungi blog kamu. Dikit-dikit muncul iklan. Dikit-dikit ditawarin mau gemuk/kurus. Saya yakin pasti akan risih.

~ Jangan ngeluh mulu ah

Blog emang bebas. Bebas sebebas kita menulis diary. Tapi jangan 100% disamakan dengan diary yang semau-semau dan sesuka gue. Ini arena publik. Yang jelas dan pasti akan dibaca oleh orang sedunia. Hohoho.
So, Please: Daripada ngeluh nggak guna, mendingan cari solusi buat keluhanmu sendiri. Trus kalau sudah ketemu baru deh di share. Siapa tahu tips itu juga berguna bagi mereka yang mengalami masalah yang sama denganmu :)


~ Background tidak menghalangi tulisan
Poin ini sebenarnya sudah sampaikan di So, Please kemarin. Tapi ternyata perkaranya bukan hanya warna yang nyaris sama. Tapi sudah melebar menjadi tulisannya benar-benar tidak terbaca. Saya tidak tahu apa tujuan orang ini memasang background yang haduh benar-benar menghalangi tulisan. Parahnya, tulisan baru dibaca kalau kita block dulu. Kesannya, lu bikin blog buat pamer background apa mau nulis?
So, Please: Pilih background warna saja. Karena kebanyakan gambar nyaris selalu menghalangi tulisan. Tidak mau kan kalau orang justru pergi setelah melihat blog yang seperti tidak ada tulisannya. Oh ya, pilih warna yang kontras dengan tulisan. Lebih bagusnya sih warna background putih saja. Selain aman, warna ini juga tidak membuat mata pegal.

~ Template/background sesuai
Blog saya kontennya personal. Maka dari itu saya selalu cari template yang sesuai dan simple buat blog personal. Malah saya sukanya yang lucu-lucu hehehe. Makanya, jangan heran ya kalau saya suka banget ganti-ganti template. Buat saya biar lebih fresh aja gitu hehe. Pernah saya bahas di sini.
So, Please: Cari template yang sesuai konten blog kamu. Kalau misalnya jualan ya cari yang kira-kira cocok buat jualan kamu. Kalau tentang tugas-tugas kuliah cari yang kira-kira pas buat tugas. Nah kalau personal, jangan cari template-template yang terkesan resmi. Jujur ini enggak banget hehe. Template udah resmi banget tulisannya bergaya diary semua. Kan nggak kece cyiiin :D Malah lebih bagus lagi kalau men-desain sendiri beuh ini saya demen banget. Tapi sayang, saya sendiri belum bisa men-desain hiks.

Udah deh segitu ajah. Hihihi. Setuju nggak setuju up to you :)
Tapi semoga tetap bermanfaat ya :D

8 comments:

  1. Setju bangeett...karna sangat mewakili ...:)

    ReplyDelete
  2. nahh... yang point pertama.. teman-teman yang mampir ke blogku (www.adeanita.com) juga pada bilang tuh buat ngasih kolom search... masalahnya adalah, aku tuh gaptek banget. parah lagi. jadi gak bisa bikin kolom search. sementara pas aku pasang kolom search otomatis ternyata gak jalan kolom searchnya. dah pernah nyoba akunya. jadilah... aku gak pasang itu kolom. Eh, ada sih, tapi kayaknya ya itu deh.. gak jalan. gak ngerti kenapa gak jalan. Mau ngutak ngatik takutnya nanti malah kacaunye melebar kemana mana. hahahaha. aku sayang banget sama blogku soalnya kalau sampai kacau dimana mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak kolom ini memang penting banget.
      Kalo Mak masih kesulitan ini langkah-langkahnya:
      Pilih pengaturan blog lalu pilih Tata letak, tambahkan gadget (kalo bisa letaknya ada di atas), trus tinggal pilih Kotak penelusuran deh. In syaa Allah kolom ini akan lebih berfungsi alias jalan :)
      Saya juga pake cara ini. Krn dari template ini sendiri ga disediakan kolom searchnya hiks.

      Delete
  3. salah satu alasan kenapa dari dulu aku gak pernah pake kolom search itu karena trauma dikulik-kulik.. hadoooh yang postingan lama aja kalo masih bisa ditemuin di chache-nya google, ya gak papa sih tapi karena sering ketemu sm org asing yg menyalahgunakan postingan lama akhirnya saya nggak pake. yaa semoga temen2 bisa memaklumi hehehe

    ReplyDelete
  4. Haiiiiii

    Nah, yang paling bikin bete, adalah kalau mau komen ternyata pake chapca, hiii, aku keseringan pake hape, dan itu bikin susah. kalau pas pakai pc mah enak.

    heheh btw, kalau ke blogku bermasalah gak, MAk? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Maak Rinz hehe

      Untungnya captcha di komenku sudah tak hilangin :D

      Blogmu lebih rajin dari punyaku kayaknya Mak. hihihi

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...