Friday, 26 August 2016

Kemudahan Mencari Teman Sekamar

Sejak lulus sekolah, saya ingin sekali merasakan yang namanya merantau. Tapi ibu pasti tidak mengizinkan. Motto ibu adalah, makan tidak makan asal kumpul. Yap. Bagi ibu, anak-anak yang berkumpul adalah sebuah kebahagiaan. Karenanya, tidak ada satu pun dari kakak-kakak atau adik saya yang merantau. Berbeda jika kami sudah menikah, justru diharuskan untuk mandiri dan tinggal di rumah sendiri bersama pasangan. Jadi Alhamdulillah kini semua anak-anak ibu yang sudah menikah, sudah pisah dari rumah orang tua dan tinggal di rumah kami sendiri.

Baca: Merantau

Seiring waktu dulu, saya menyadari bahwa tidak merantaunya kami semua mungkin hal yang harus disyukuri. Terbayang teman-teman saya yang harus merasakan kuliah jauh dari rumah. Mereka harus rela berpisah dari orang tua juga keluarga. Juga merasakan sulitnya mencari kos-kosan atau pun rumah sewa hingga mencari teman sekamar atau serumah dengan alasan agar membayar sewanya lebih murah.

Sedang saya di rumah? Saya tidak perlu khawatir itu semua. Saya bisa bertemu orang tua dan keluarga setiap kali saya pulang kuliah dan kerja. Saya tidak perlu kesulitan mencari kos-kosan atau pun rumah sewa untuk tempat singgah. Ya, karena saya juga bekerja dan kuliah yang tidak jauh dari rumah. Lagi-lagi karena ibu tidak mengizinkan kami untuk merantau jauh.

Ah tapi itu dulu, tahun 2011 hingga tahun 2015. Kini sudah tahun 2016, zaman sudah pasti semakin canggih. Maka semakin canggihlah bahkan dalam hal sekedar mencari kos-kosan atau pun rumah sewa. Ialah Serumah.com sebuah platform yang telah menyediakan semuanya.
logo serumah.com


Apa itu Serumah.com?

http://serumah.com/2016/06/17/kost-kostan-asrama-hingga-flatsharing-mencari-tempat-tinggal-freshman/
Serumah.com merupakan sebuah platform yang memfasilitasi penggunanya untuk mencari teman sekamar atau dengan kata lain roommate, juga mencari kamar sewa. Sebenarnya, di Indonesia sendiri sudah banyak situs sosial seperti Facebook, Kaskus, dan OLX yang digunakan sebagai pencarian tempat tingal sewa. Namun ketiganya, tidak menyediakan pencarian kamar sewa. Inilah yang menjadi kelebihan Serumah.com.


Lantas apa saja fitur yang ada di Serumah.com?

Serumah.com memiliki tiga fitur utama di dalamnya, yakni:
a. Pemilik properti (kost, apartemen, rumah sewa) dapat mengiklankan gratis di website Serumah.com. Teman-teman bisa melihat linknya di sini http://serumah.com/en/submit-room-ad/. Namun sebelum itu, teman-teman harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai user di: http://serumah.com/register/.

b. Pencari properti (kost, apartemen, rumah sewa) dapat mencari properti yang mereka butuhkan sesuai dengan budget (Price Range) dan juga lokasi (Map Function). Dapat dilihat di link berikut: http://serumah.com/en/find-room/.

c. Pencari Roommate. Inilah fitur yang terpenting. Yaitu mereka yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama dan berbagi biaya tempat tinggal bersama dengan orang lain (mungkin teman-teman bisa menyebutnya housemate, roommate, kostmate atau pun flatmate). Untuk fitur ini dapat dilihat di link berikut: http://serumah.com/search-people/, kemudian pilih "orang yang mencari teman sekamar/people looking for a room".

Pada halaman http://serumah.com/search-people/, teman-teman juga akan menemukan opsi "orang yang mencari penyewa/people looking for a tenant". Pada menu tersebut teman-teman akan menemukan profil pemilik properti yang mengiklankan properti mereka (kost, apartemen, rumah sewa). 
http://serumah.com/2016/03/22/berbagi-tempat-tinggal-jakarta-apa-sebenarnya-kita-bagi-bersama-2/
Sebab, khususnya di kota besar seperti Jakarta, saat ini trend berbagi kamar (room sharing) semakin hype. Oleh sebab itu Serumah.com ingin memfasilitasi mahasiswa juga profesional muda yang sedang mencari roommate (teman sekamar) untuk dapat menggunakan fitur dari website Serumah.com.

Mengapa harus Serumah.com?

Semakin ke sini orang-orang semakin mencari kemudahan. Bagi mahasiswa dan profesional muda yang merantau dari kota asal yang mencari tempat tinggal berdasarkan preferensi mereka, tentu saja situs Serumah.com mampu menjadi jawaban dari kemudahan tersebut. Dan lagi, mayoritas masyarakat kita di Indonesia sebagian besar merupakan pengguna mobile phone. Sehingga Serumah.com telah memastikan bahwa websitenya sangat mobile friendly tanpa mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa Serumah.com akan membuat aplikasi. Ah tetapi bukankah lebih mudah jika kita sebagai pengguna tidak perlu harus mengunduh dulu?

Apakah Serumah.com melibatkan pihak tertentu?

Serumah.com tidak memiliki fokus golongan/kelompok tertentu karena Serumah.com ingin melibatkan semua. Yakni penyewa dan pemilik properti. Serumah.com ingin membantu teman-teman yang di kelas menengah maupun ke bawah atau pun "middle income" dan "low income" group. Khususnya mahasiswa dan profesional muda yang baru memulai pekerjaan di kota besar dengan adanya fitur berbagi ruangan (roomshare/kost-share/flatshare).

Bagaimana dengan harganya?

http://serumah.com/2016/04/13/serumah-com-mahasiswa/
Range harga yang ditawarkan di menu Serumah.com berkisar Rp 0 hingga Rp 10 juta. Karena Serumah.com selalu percaya, bahwa bagi golongan seperti mahasiswa dan profesional muda yang tidak dapat mengelola keuangan dengan baik, range tersebut dapat memudahkan mereka untuk memilih harga yang sesuai dengan budget mereka. Dan menyewa kamar adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan dengan baik.

Yap. Bagi yang sedang mencari teman sekamar maupun kamar atau rumah sewa, barangkali informasi ini dapat bermanfaat :) Akhirnya kita harus berterima kasih pada kemajuan teknologi, karena semakin maju, semakin kita dimudahkan :)

8 comments:

  1. Zamanku ga ada yang begini kalau pindah kost pun suka deg2an ntar gimana y penghuninya hahaha keren y ni baru tau loh mba *kampungan pisan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya Mbak. Zaman saya juga ga ada. Ini baru rilis 2016 ini kok :D

      Delete
  2. Wah bisa kngntrak bareng2 ma tmn2 enak ya mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan sama temen-temen, sama orang baru pun bisa hihi

      Delete
  3. teknologi jadi semakin memudahkan ya mba, untuk urusan mencari roomates pun difasilitais.

    ReplyDelete
  4. Wah, jadi tertarik juga nih. Eh tapi saya masih betah dengan kost yang sekarang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi barangkali buat referensi nanti-nanti mbak :D

      Delete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...