Sarapan Pagi? Wajib Hukumnya

Jam segini, masih jamnya makan siang nggak ya? Kalo buat saya sih iya 😀 Semenjak kerja, jam makan siang saya bisa dibilang kurang teratur. Kadang jam 11, jam 12, jam 1 atau bahkan sampe jam setengah 3. Kenapa? Banyak hal. Tapi hal terbesar biasanya karena saya belum nafsu makan. Mungkin ini juga bisa disebabkan karena setiap hari saya sarapan. Sarapan inilah yang membuat efek ‘masih kenyang’.
Dari kecil saya memang sudah dibiasakan untuk sarapan. Harus kudu wajib. Nggak pake enggak! Nah kan. Siapa lagi kalo bukan karena didikan ibu. Sampe-sampe saat saya masih sekolah dulu, kalo lagi nggak nafsu sarapan, ibu bela-belain merelakan tangannya untuk menyuapi saya. Huhu. Thank you Mom :’) Anehnya, kalo mulut saya udah kena tangan ibu, biasanya saya bisa berkali-kali nambah. Entahlah, mungkin karena tangan ibu itu selalu ajaib :’)
Kebiasaan itulah yang pada akhirnya terbawa sampai sekarang. Jadi buat saya sarapan itu penting banget. Kalo sekali saya nggak sarapan, seringnya saya lemes. Dah gitu jadi kurang semangat. Sarapan pakai apapun, mau makanan berat seperti nasi dengan lauk pauk, bubur ayam atau hanya dengan roti dan susu, yang jelas saya harus sarapan. 
Tapi sayang, sampai sekarang masih ada beberapa orang yang melewatkan sarapan pagi. Kebanyakan mengaku, kalau sarapan itu membuat perutnya sakit. Alhasil sering diabaikan. Padahal menurut banyak penelitian, sarapan itu banyak manfaatnya lho. Dan nggak bisa diremehkan. Ini di antaranya:
1. Memberikan energi lebih
Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

2. Menyegarkan otak
Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat. Selain itu sarapan pagi juga meningkatkan konsentrasi.

3. Mencegah penyakit Maag
Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.

4. Membantu perkembangan anak
Bagi seusia anak sekolah, konsentrasi belajar, kemampuan berpikir, daya ingat, akan meningkat jika sudah mengonsumsi sarapan. Anak pun jadi lebih mudah menyerap pelajaran yang didapatnya dan kebutuhan nutrisi untuk perkembangan anak turut terpenuhi.

5. Menyehatkan tubuh
Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. Selain itu, sarapan secara rutin juga bisa mengecilkan lingkar pinggang hingga 5cm. Satu hal yang perlu diperhatikan, porsi sarapan hendaknya tidak terlalu banyak, karena dapat mengganggu aktivitas.

6. Menghindari makan tak terkontrol
Sarapan pagi menghindarkan kita dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak cemilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan. 

sumber: Resep Kita
Nah kan. Selain menyehatkan, kurang apalagi coba manfaat sarapan. Sarapan pagi itu penting, jadi mulai sekarang yuk biasakan sarapan secara rutin ^_^

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

10 comments to “Sarapan Pagi? Wajib Hukumnya”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Anonymous - April 1, 2014 Balas

    blognya manis euy, saya harus memermak blog saya lagi.. 🙂

  2. Rina Rinz - April 1, 2014 Balas

    Asyik… memang mau gak mau sarapan kudu Wajib hukumnya.
    Artikel yang apik mbak.

    Makasih sudah ikut berpartisipasi… Tunggu pengumumannya ya 🙂

  3. Ichsan Afriadi - April 1, 2014 Balas

    Setuju, mba. Sarapan juga sangat berperan untuk asupan energi kita. 🙂

  4. Santi Dewi - April 2, 2014 Balas

    sarapan memang wajib ya… dan memang penting 🙂

  5. Blogger Selembe - April 7, 2014 Balas

    Semangat sarapan…. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.