8 Kue Tradisional Favorit

Saya ini hobi sekali ngemil. Mungkin bawaan dari zaman single juga. Apalagi ibu saya dulu suka sekali belikan anak-anaknya jajanan. Dan biasanya jajanan tradisional kayak kue-kue basah gitu. Jadi deh sampai sekarang masih kebawa suka jajanan tradisional 😁
Sebenarnya nyaris semua saya suka. Tapi ada yang paling favorit buat saya. Dan saya susah nolak kalau ada kue-kue ini 😂

8 kue tradisional favorit

Kue apa sajakah itu? 
1. Putu

sumber: https://alchetron.com/Kue-putu
Itu lho yang biasa dijual di sepeda. Lalu di sepedanya ada bunyi “ngiuuuuung…” Biasanya lewat di depan rumah setiap sore atau habis maghrib hehe. Mungkin depan rumahmu ada juga. Bentuknya bulat, panjang, warna hijau muda. Isinya gula merah. Paling enak dimakan pas hangat-hangat dengan taburan parutan kelapa. Hmm yummy 😋
2. Klepon

sumber: http://resephariini.com/resep-kue-klepon/
Biasanya tukang kue putu juga jual ini. Namanya klepon. Bentuknya bulat-bulat seperti bola. Isinya gula merah juga, cuma lebih lumer dan kadang sampai muncrat kalau makannya nggak hati-hati 😂 Masih sama, taburannya juga kelapa parut. Enaaak 😋
3. Pukis atau kue cubit

sumber: http://resepcaramemasak.info/cara-membuat-resep-kue-pukis-enak-dan-sederhana/resep-kue-pukis/
Kue ini biasanya ada di pasar. Ibu saya soalnya gitu, sering pulang dari pasar bawa kue ini 😁 Pas sudah nikah pun, dulu masih sering ke pasar, saya juga suka beli hehe. Bentuknya lonjong, rasanya manis, dengan toping meses atau kacang atau tanpa toping apapun. Tapi kalau sekarang sih topingnya sudah beragam banget. Bahkan sampai ada yang red velvet atau green tea. Whuu jadi ekslusif 😍

sumber: https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-kue-cubit-nutella-yang-sedap-mudah-dan-praktis
Lain lagi dengan kue cubit. Biasanya bentuknya macam-macam. Ada yang bulat, kayak laba-laba, ada yang bentuk boneka, dan lain-lain. Kue cubit juga bertoping macam-macam. Ada yang hanya meses, tanpa toping, dan toping dengan banyak rasa.
4. Putu ayu

sumber: http://www.puanpertiwi.com/kue-putu-ayu/
Bedanya dengan kue putu di atas, yang ini di namanya ada ayunya jadi putu ayu hehe. Rasanya masih manis juga. Dengan warna hijau dan di atasnya warna putih dari kelapa. Jadi manis-manis gurih gitu deh kayak ngurus dua anak 😂
5. Cucur

sumber: https://resepmedia.com/cara-membuat-kue-cucur-yang-enak.html
“Kalau bohong nanti jadi kue cucur.” Buat generasi yang lahir 90an pasti hafal deh dengan kalimat tadi. Duh kasihan banget ya kue cucur jadi korban. Padahal kue cucur itu enak lho 😍 Rasa gula merahnya duh enak. Buat saya kue ini penunda lapar banget deh. Makan dua aja sudah cukup mengenyangkan buat saya. 
6. Kue ape

sumber: http://www.masakankoki.com/resep-cara-membuat-kue-ape-enak-praktis-renyah/
Atau bisa disebut juga serabi Jakarta. Bentuknya mirip seperti cucur. Cuma bedanya yang ini bukan dari gula merah. Warnanya hijau (entah dari apa 🙈) Pinggirannya tipis, bagian tengahnya tebal. Nah saya paling suka bagian tengahnya. Biasanya kalau makan bagian pinggirnya dulu, baru tengahnya belakangan. Biasalah yang enak selalu belakangan haha. 
7. Pancong

sumber: https://beritagar.id/artikel/piknik/kue-pancong-populer-di-new-york
Selain pukis yang sudah jadi trend, ada juga pancong. Sudah banyak varianlah kue pancong ini. Cuma buat saya sih, pancong asli tetap yang dibuat dari adonan kelapa. Dengan cetakan lonjong. Lalu ditabur pakai gula pasir. Duuuh enak banget. Gurih-gurih manis 😍
8. Sosis Solo

sumber: http://www.diahdidi.com/2017/07/sosis-solo-goreng-dengan-resep-kulit.html#.WmserTcxXcc
Hehe ini satu-satunya kue yang gurih. Awalnya saya nggak tahu sosis solo itu apa. Eh pas menu catering ada nama sosis solo, saya langsung penasaran seperti apa bentuknya. Eh ternyata mirip risol. Tapi yang ini isinya ayam. Entah kenapa juga harus dinamain sosis solo 😂 Tapi ini enak banget. Saya sudah sering makan dulu di Bekasi. Cuma nyebutnya aja yang masih risol haha. Sekalinya makan ini, bisa habis 5 saya kalau nggak direm haha 🙈
Itu dia 8 kue tradisional favorit saya. Sampai sekarang masih jadi favorit bangetlah. Misalkan ada acara trus ada kue ini, pasti saya nggak nolak kalau disuruh ngambil 😂
Kalau kamu, kue tradisional favoritnya, apa nih? 

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

8 comments to “8 Kue Tradisional Favorit”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Anisa - Februari 3, 2018 Balas

    Aku suka banget sama pukis Mbak 😀 Dari dulu sampai sekarang tetap suka, hehe.

    • adedelina - Februari 3, 2018 Balas

      Samaa. Pukis makanan sepanjang hayat deh hihi

  2. Angela Vembri - Februari 3, 2018 Balas

    Aku juga sama Mbak, jajanan tradisonal favorit tuh sosis solo 😀

  3. Haeriah - Februari 3, 2018 Balas

    Enaknya….yg belum pernah saya coba adalah kue ape dan sosis solo…

  4. HM Zwan - Februari 5, 2018 Balas

    Semuanya kok aku juga suka ya,hehehe..lukis kl dimakan anget2,duh…..sedap. pancong juga,tp aku lebih suka yg g pake taburan gula…

    • adedelina - Februari 7, 2018 Balas

      Dimakan tanpa gula juga enak sih pancong itu hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.