Bisa dibilang, saya ini orangnya jarang sakit. Atau mungkin lebih tepatnya jarang mau sakit >_< Kalau sakit pun, selama masih bisa ditahan ya obat manjurnya cuma istirahat alias tidur hehe. Jadi baru mau ke dokter dan minum obat itu, memang kalau benar-benar parah dan tidak bisa ditahan O_O Bukan kenapa sih, tapi karena saya memang tidak terlalu suka ke dokter apalagi harus minum obat. Buat saya, obat itu bisa jadi ketergantungan. Misal sakit dikit, minum obat. Kalau tidak minum obat, tidak sembuh rasanya. Please, don’t judge me ya. Itu hanya pendapat saya pribadi saja kok :))

Lantas, apa yang bisa membuat saya jarang (mau) sakit?

https://pixabay.com/id/wanita-blow-hembusan-hidung-698943/

Perbanyak makan sayur, buah dan minum air putih

Saya suka makan sayuran dan buah-buahan. Iya, itu kuncinya hehe. Pasti semua sudah pahamlah kalau sayur dan buah itu memang makanan yang harus – WAJIB – kudu dimakan bagi semua orang. Manfaatnya bukan hanya membuat kulit bagus dan pencernaan menjadi sehat. Tapi sayur dan buah juga membuat daya tahan tubuh menjadi kuat sehingga tidak mudah sakit.

https://image.shutterstock.com/display_pic_with_logo/588721/227550832/stock-photo-composition-with-assorted-raw-organic-vegetables-227550832.jpg

Manfaat buah dan sayur bagi tubuh memiliki banyak sekali manfaat. Hal tersebut karena kandungan didalam buah dan sayur yang beragam seperti vitamin dan mineral yang tinggi, kemudian serat yang tinggi akan melancarkan pencernaan, mampu menurunkan obesitas serta bisa menurunkan kadar kolesterol yang cukup tinggi, tekanan darah yang lebih stabil bahkan mampu mencegah terjadinya penyakit kanker. – manfaat-buah.com

Saat saya sakit, saya tidak perlu minum obat. Tapi cukup saya kejar dengan makan sayur dan buah. Misalnya, saat saya sariawan, ya saya makan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Saat saya kurang darah, saya dibuatkan jus buah bit oleh suami (meskipun awalnya saya tidak suka :v). Saat saya susah BAB, saya makan pepaya atau sayur yang hijau-hijau seperti bayam dan kangkung. Dan sebagainya. Hmm saya tidak tahu deh kalau dulu waktu kecil saya tidak dicekoki sayuran sama ibu. Mungkin bisa-bisa sampai sekarang saya tidak suka makan sayur.

Selain itu, saya juga suka minum air putih. Tepatnya semenjak hamil sih. Saat mual-mual dan tidak ada makanan yang masuk, saya justru lebih suka minum air putih. Jadi terbawa deh sampai sekarang. Di samping saya pokoknya harus ada air putih hehe.
Manfaat air putih ini juga banyak banget. Salah satunya menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal (alodokter.com)
Bagaimana dengan olahraga? Nah ini yang saya masih agak malas sih hehe. Ya paling olahraganya saya itu ya mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah saja 😛 Lumayan lho, ya setidaknya cukup berkeringat dan membakar kalori 😛

Minum multivitamin

Daripada minum obat, saya lebih prefer minum multivitamin. Lagi-lagi saat saya kecil. Saat susah makan, orang tua membelikan saya vitamin minyak ikan. Hasilnya, ya Alhamdulillah nafsu makan bertambah. 
Belum lagi saat flu baru-baru kemarin yang menyerang saya. Hidung mampet, kepala pusing, suara bindeng. Duh tidak enak rasanya. Memang benar, kalau sudah jadi ibu itu harus sehat. Karena sakit bisa mengganggu aktivitas. Apalagi anak saya juga masih bayi, jadi akan mudah sekali dia bisa tertular hiks. Karena tidak mau minum obat, ya saya siasati dengan minum air hangat. 
Selain itu, saya dapat rekomendasi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Namanya Theragran-M Multivitamin – Mineral
Kegunaan
Di belakang kemasan tertulis kegunaannya untuk Membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit. Pas banget kan, buat saya yang baru sembuh dari flu. Jelas saja, supaya daya tahan tubuh semakin kuat. Karena di dalamnya juga mengandung vitamin C.
Isi
Satu strip ada 4 tablet. Modelnya bentuk kapsul gitu. Di kemasan ada tulisannya salut gula. Memang, saat diminum agak manis gitu rasanya. Tapi jangan bayangkan kayak vitamin anak-anak yang manis banget juga sih :v Dosis untuk dewasa, diminum 1 tablet sehari atau sesuai anjuran dokter.
Kelebihan
Disitu tertulis, vitamin yang terkandung di dalamnya ada vitamin A, D, B1, B2, B6, B12, Niasinamida, Kalsium Pantotenat, C, dan E. Juga mineral Iodium, Besi, Tembaga II, Mangan II, Magnesium, dan Seng. Kelebihan lainnya, vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan ini sudah jelas HALAL. Bisa dilihat ya di foto atas ada logo dari MUI nya. Jadi tidak perlu khawatir lagi. Sebab sudah otomatis tidak ada kandungan yang berbahaya atau haram di dalamnya.

Berbahagia dan berpikir positif

Nah ini sih yang menurut saya paling penting. Sakit itu terkadang berasal dari pikiran juga. Kalau pikiran stres, daya tahan tubuh bisa melemah, akhirnya bisa jatuh sakit deh. Maka, selama masih diberi kesehatan, banyak-banyaklah bersyukur. Dengan syukurlah hati kita akan bahagia dan jauh dari pikiran negatif. 
https://pixabay.com/id/smiley-emoji-pura-pura-simbol-1041796/
So, agar tubuh tidak mudah sakit, kuncinya perbanyak makan sayur dan buah, banyak minum air putih, dan mulai berolahraga atau melakukan sesuatu yang bisa mengeluarkan keringat. Serta tidak ada salahnya minum multivitamin agar daya tahan tubuh semakin kuat.
Yang terakhir, ya itu tadi. Jangan lupa untuk selalu bersyukur agar bahagia dan pikiran menjadi positif 🙂
Stay healty, guys! ^_^
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.

45 thoughts on “Agar Tidak Mudah Sakit, Lakukan 3 Hal Ini Yuk!”

  1. UUN…ujung-ujungnya iklan hahaha
    Kemaren ini saya juga lagi sibuk nulis tesis dan karena setiap hari begadang, kondisi jadi ngedrop. Sebenernya menjaga kondisi abdan itu ga susah, yg penting tidur teratur, makan teratur, banyak minum air dan banyak minum vitamin. Kalo perlu, setiap pagi sebelum beraktivitas minum madu atau tolak angin =)

  2. Saya pun pantang minum obat kalau sekadar sakit-sakit biasa soalnya dari kecil dicekoki obat melulu. Hal inipun saya berlakukan ke anak2. Sepakat, buah dan sayur memang yang utama

  3. Minum air putih dan makan buah sayuran insya Allah sy lakukan setiap hari. Tapi olahraga? Hmm… hihihi. Kok malees banget. Baiklah, saya akan mencoba kembali berolahraga. Thanks for sharing mba Ade. Semoga selalu sehat. Oh iya, saya juga konsumsi Theragran-M, lho 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *