Sunday, 1 October 2017

Liburan ke Tempat Wisata Alam dan Edukasi

Happy weekend teman-teman! ๐Ÿ™† 

Pada jalan-jalan kemana hari ini? Ke mall, ke kebun binatang, ke tempat-tempat seru di kota kalian, atau ke mana? Wah seru yaa.  Atau jangan-jangan lagi di rumah aja? Nggak apa-apa juga kok. Kalian bisa memanfaatkannya dengan baca postingan blog saya hehehe ๐Ÿ˜

Yang bingung mau ngapain lagi kalau weekend, baca aja postingan Mak Utie tentang Weekend Bersama Keluarga. Emang sih nggak ada yang bisa menandingi bahagianya liburan bareng keluarga. Mau kemana aja, asal sama keluarga kayaknya asyik aja *tsah. 
Emir dan ayah naik gajah ๐Ÿ˜
Saya sendiri hari Sabtu minggu kemarin liburan ke Kebun Binatang sama suami dan anak-anak. Hitung-hitung sekalian mengenalkan binatang-binatang ke Emir. Secara memang di rumah, kami sudah sering ngajarin nama-nama binatang ke dia. Dan kebetulan saya pun belum pernah ke Kebun Binatang Surabaya hehe. 

Saya memang lebih seneng jalan-jalan di tempat terbuka gini. Selain murah, suasananya lebih alami. Plus nambah pengetahuan karena biasanya di tempat hiburan semacam kebun binatang gitu dipasang plang yang menjelaskan asal usul atau perkembangbiakan hewan-hewan. Yaa meskipun seusia Emir dan adiknya belum ngerti. Tapi minimal dengan mengajak mereka ke tempat terbuka, mereka jadi punya pemandangan baru.


Liburan alam dan edukasi, perluas pandangan dan pengetahuan

Selain kebun binatang, wisata yang bisa nambah pengetahuan biasanya museum, tempat-tempat bersejarah, atau wisata alam seperti kebun buah, air terjun, taman-taman yang mana biasanya mereka juga menyediakan plang berisi tulisan yang bisa nambah pengetahuan kita. 

Dengan begitu, liburan jadi nggak sekedar hiburan. Tapi kita juga bisa mengajarkan anak-anak terutama untuk mengenalkan mereka untuk menambah pengetahuan baru. Nah dengan cara bermainlah biasanya pengetahuan itu lebih mudah masuk untuk anak-anak. 

Ini saya pelajari dari orang tua saya. Nggak sekali dua kali mereka sering ngajak saya, kakak-kakak dan adik ke tempat-tempat yang emang cocok buat wisata anak-anak. Biasanya kami dibawa ke museum, tempat-tempat terbuka, atau pun tempat bersejarah. Bahkan waktu zaman SMK saya dan teman-teman juga suka main ke Kota Tua di Jakarta ๐Ÿ˜

Makanya, nggak heran kalau sampai dewasa sekarang, saya jadi kebawa suka sama tempat-tempat yang berbau edukasi dan alam ๐Ÿ˜ Alhasil, saya juga pengen menurunkan itu ke anak-anak saya ๐Ÿ˜

Bersyukurnya, semakin ke sini semakin banyak wisata yang berbau edukasi dan alam gitu. Kayak di Surabaya aja, selain Kebun Binatang misalnya ada Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, Taman Mangrove, Kebun Bibit, dan masih banyak lainnya ๐Ÿ˜Š 

Jadi deh, kita nggak perlu bingung lagi mau kemana. Karena tempat wisata sekarang sudah menjamur di setiap kota ๐Ÿ˜

Nah kalau teman-teman, sukanya liburan kemana nih? 

13 comments:

  1. Kalau anak2 sy sukanya ke kebun binatang atau ke pantai. Kalau saya sukanya ke tempat2 yg ada wisata belanjanya hihi.... tp seringnya saya ngalah sama anak sih. Alhamdulillah, dompet jadi terselamatkan๐Ÿ˜ƒ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi saya juga suka belanja kok. Cuma ga sering aja :)))

      Delete
  2. Aku jarang ajak anak ke mal kecuali ada arena permainan baru dan menarik. Taman kalau di jakarta juga banyak yg bagus skrng, lumayan jd ngak keluar bnyk duit

    ReplyDelete
  3. Aku sukanya liburannya pas lagi ga ramai *haha,mentang-mentang ga ngantor dan anak2 blm pada sekolah :D. Trus kalau bisa sih cari lokasi liburan yang jaraknya ga jauh-jauh amat..biar ga kecapean duluan, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku malah pengennya yang jauhan hahaha :))

      Delete
  4. Saya paling suka liburan bersama keluarga. Tapi jarang banget ke pantai. Suami paling malas panas-panasan :D

    ReplyDelete
  5. Stay at home hbsin bareng kelg setiap sabtu minggu bisa d hitung2 jari klo liburan mba,, plng sering kita k rmh neneknya atau k cirebon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyik yaa. Ibu saya jauh banget di Bekasi :v

      Delete
  6. Di dekat rumah kebetulan ada beberapa tempat wisata yang murah bahkan gratis, anak-anak paling sering berenang di Blue Lagoon tiap akhir pekan :)

    ReplyDelete
  7. Anak2 demen banget kalau main outdorr. Memang benar sih bisa mengedukasi perngetahuan mereka, apalagi yang masih balita

    ReplyDelete

Komentar yang hanya berbunyi "artikelnya bagus", "artikelnya keren", dan sejenisnya, akan saya anggap spam. Dan mohon untuk tidak meninggalkan link hidup.
Setiap spam akan dihapus.
So, Thank you for not comment out of topic.