akun instagram

10 Akun Instagram Favorit Saya yang Punya Manfaat Lebih

Kalau sebelumnya saya lebih menyukai Facebook, sekarang saya lebih sering buka akun Instagram. Sehari itu entah nggak terhitung berapa kali buka Instagram. Mungkin karena di sana lebih fokus di foto aja kali ya. Dan apa ya, nggak sehingar bingar di Facebook gitu. Kalau di Facebook kan rasanya semua tersaji barengan ya. Ya status orang, artikel-artikel, berita, foto, info di grup yang sekarang muncul juga di timeline, jadi terasa sumpek. Tapi kalau Instagram kita cuma bisa lihat foto dan captionnya. Ini pun sangat ditentukan dari apa yang kita follow dan sering lihat. Jadi kesannya ya tenang aja.

Baca: Belanja di Instagram, Nay or Yay?

Orang sekarang juga kayaknya lebih banyak yang main di Instagram ketimbang media sosial lain. Mungkin karena di akun ini mereka lebih bisa mengaktualisasi diri. Atau sekedar mengabadikan momen-momen. Bisa juga seperti saya, karena merasa Instagram jauh lebih tenang dibanding akun media sosial lain. Entahlah 😄

Kalau saya ditanya siapa saja akun Instagram favorit, so pasti saya bisa jawab. Walaupun sebetulnya juga ya random aja kalau lagi online gitu. Tapi 10 akun di bawah ini, biasanya kalau ngepost story, foto di feed, atau bikin caption, pasti saya lihat dan baca captionnya sampai habis. Siapa saja dia?

1. @annisast

Bukan cuma blognya, tapi akun Instagram Mbak @annisast pun saya suka. Terutama story-storynya yang sering berfaedah. Apalagi kalau ngomongin parenting, beliau selalu bisa menghibur hati saya haha. Karena emang pembicaraannya tuh selalu realistis dan mudah dimengerti.

Dari segi feed Instagramnya juga full colour banget saya suka 😍 Nggak terlalu kaku kata saya. Meskipun random tapi enak aja dilihat 😄

2. @kurniawan_gunadi

Kalau Mas Gun ini feednya memang cenderung biasa. Tapi yang saya suka adalah setiap tulisan di captionnya yang sering punya makna yang dalam.

Post-post di story dengan model pertanyaannya juga sering saya ikuti. Dan biasanya kalau sudah menyangkut permasalahan hidup saya suka sedih sendiri. Karena ternyata masalah saya tidak seberat masalah orang lain 😔

3. @adjiesantosoputro

Saya kenal Mas Adjie awalnya dari buku Sadar Penuh Hadir Utuh dengan nama Adjie Silarus. Sejak itu saya tahu kalau beliau adalah pakar mindfulness. Beliau selalu menekankan bagaimana kita bisa hidup dengan sadar. Maksudnya adalah menyadari setiap langkah apa yang kita lakukan.

Makanya, pas tahu beliau punya Instagram sudah pasti saya follow. Walaupun saya bingung juga kenapa beliau ganti nama. Mungkin yang sebelumnya cuma nama pena kali ya 😄 Saya selalu suka tentang tulisan-tulisannya tentang emosi, healing, dan mindfulness. Saya kepengen banget suatu saat bisa ikut sesi dengan beliau. Aamiin.

4. @fufuelmart

Kalau Teh Fufu ini awalnya saya kenal di Twitter. Zaman msaih galau jodoh dulu, beliaulah penghibur saya. Maksudnya dari postingan-postingannya hehe. Saya bahkan rela bayar ratusan ribu buat ikut seminar beliau dan suaminya. Alhamdulillah seminarnya bermanfaat banget bagi saya setelah menikah sekarang.

Postingan-postingan Instagramnya juga selalu bermanfaat. Tentang pernikahan, parenting yang mudah dimengerti dan diaplikasikan. Satu yang paling saya ingat dari beliau adalah, beliau pencinta warna ungu seperti saya 😍

5. @cahyadi_takariawan

Bahasan pernikahan buat saya penting banget. Sebab pernikahan itu landasan awal untuk membangun rumah tangga dan menjadi orang tua. Kalau pernikahannya baik, maka insya Allah rumah tangga dan mendidik anaknya pun baik.

Nah Pak Cahyadi ini adalah pakar pernikahan. Saya selalu suka dengan tulisan-tulisan beliau. Bagaimana beliau bisa rukun dengan istrinya sampai tua. Dan nasihat-nasihatnya tuh selalu ngena buat saya. Jadi untuk yang mau belajar pernikahan, bisa kepoin akun beliau. Beliau sudah lama berumah tangga. Jadi insya Allah nasihatnya lebih relevan untuk kita yang masih muda ini. Saya juga sudah punya bukunya yang Wonderful Family. Baguuus!

6. @latihati

Saya tahu akun ini dari dua orang teman komunitas saya. Walaupun saya belum pernah ikut seminarnya, tapi akun ini memberikan banyak manfaat terutama masalah pengasuhan anak. Latih Hati selalu lebih menekankan bagaimana orang tua bisa mengerti anak dari segi emosi dan perasaannya. Itu sebabnya sering tulisan-tulisannya cukup menohok saya sebagai orang tua.

Salah satu nasihat yang paling saya ingat dari Latih Hati adalah untuk mengajarkan anak empati. Misalnya dengan cara kita merasakan emosi anak ketika dia sedang menangis. Jadi kalau anak nangis itu bukan ditertawakan, tapi dirasakan sedihnya. Dengan begitu, kelak anak bisa berlatih empati pada sekitarnya.

7. @islamicmontessori

Walaupun saya belum sepenuhnya mendalami montessori, tapi saya bisa kenal montessori lebih dalam karena berkat akun Instagram @islamicmontessori. Awalnya saya memang sudah baca-baca tentang montessori sih, tapi mengaitkannya dengan Islam, baru Islamic Montessorilah penggagasnya.

Sampai sekarang saya masih suka lihat-lihat akun @islamicmontessori. Sebab terkadang ada nasihat-nasihat tentang pengasuhan juga di dalamnya. Yang tentu saja sangat bermanfaat. Ditambah saya sering mendapat ide mainan untuk anak-anak.

8. @bincangbuku

Awalnya saya kira @bincangbuku itu ngobrolin semua genre buku. Ternyata @bincangbuku lebih fokus pada buku-buku non fiksi. Wah kategori favorit saya nih. Walaupun hanya dari terbitan Gramedia Pustaka Utama, buku-buku yang sering dibincangkan dalam akun @bincangbuku selalu menarik minat saya untuk beli. Salah satunya buku Reasons to Stay Alive karya Matt Haig. Eh Alhamdulillah malah dikasih teman duluan hehe.

Akun ini selalu aktif di storynya untuk membahas berbagai buku non fiksi terbitan GPU. Kadang juga suka ngadain jajak pendapat bahasa baku dan non baku. Dan setiap bulannya sering ngadain survey berhadiah. Sayangnya, untuk kuis dan giveawaynya saya belum pernah menang nih huhu. Semoga di tantangan baca non fiksi bulan Desember nanti saya bisa menang. Aamiin 😁

9. @gentakiswara

Awalnya sih saya nggak terlalu ngepoin akun beliau. Karena saya pikir ‘hanya’ penulis fiksi biasa saja. Tapi ternyata saat iseng kepo, saya jatuh cinta pada setiap kata-kata di captionnya. Yap, selalu mendayu-dayu dan tersirat makna yang dalam.

Makanya, saya pengen banget deh punya satu bukunya minimal. Untuk tahu lebih banyak tulisan-tulisan beliau seperti apa. Soalnya saya memang suka dengan prosa yang mendayu-dayu gitu hehe.

10. @fitriamayrani.reads

Saya jatuh cinta bangeeeet sama foto-foto books flat lay nya. Dan memang inilah awal mula saya suka dengan akunnya. Jujur, kalau akun-akun lain yang pertama saya lihat adalah captionnya, akun Mbak Fitri ini adalah fotonya 😍 Soalnya selalu keren banget! Sampai sekarang saya belum bisa tuh foto ala flat lay begitu 😞 Pernah nyoba hasilnya malah berantakan. Kayak nggak pas aja kelihatannya. Padahal kalau lihat foto flat lay kesannya kan propertinya diberantakin aja gitu ya 😂

Ditambah kesamaan hobi kami yang baca buku, menambah suka saya dengan akunnya. Psst, katanya sih beliau hanya mengandalkan cahaya matahari aja fotonya. Pengen banget ah bisa foto kayak gitu!

Selain 10 akun di atas, tentu saja masih ada akun-akun lain yang saya sukai. Dan bagaimana caranya saya suka, sepertinya saya cenderung suka dengan akun-akun yang memberi manfaat lebih. Bahkan termasuk pula akun Instagram kalau bisa diikuti bukan hanya dari segi foto, kerapian feed, tapi yang lebih penting adalah karena memang ada manfaatnya.

Maka pantas saja kalau followers ke 10 akun favorit saya di atas sudah mencapai ribuan bahkan puluh ribuan. Karena akun mereka memang sangat bermanfaat. Baik itu dari segi foto, feed, caption, bahkan juga postingan-postingan di storynya.

Nah kalau akun-akun Instagram favoritmu, siapa aja nih, Guys? 😍

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

2 comments to “10 Akun Instagram Favorit Saya yang Punya Manfaat Lebih”

You can leave a reply or Trackback this post.
  1. Ovi - Desember 4, 2018 Balas

    Betul banget dan sepakat
    Go follow mereka juga lah nambah keilmuan.
    Punya ovi akan segera meluncur

    • Ade Delina Putri - Desember 4, 2018 Balas

      Yes 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.