Desain Cafe Zaman Now dan Kriteria yang Tak Boleh Dilupakan

Hai, teman-teman Sohibunnisa pada suka nongkrong di cafe gitu nggak sih? Kalau saya dulu pas masih single suka banget hehe. Biasanya reunian kecil-kecilan sama temen-temen sekolah, komunitas, atau sama keluarga. Ya sekedar makan dan seneng-senenglah 😋 Tapi zaman dulu dengan zaman sekarang dari segi cafe pun sudah beda ya. Dulu sih desain cafe sederhana banget. Ada meja, kursi, tempat nyaman, sudah. Kalau sekarang lebih banyak lagi gayanya. Yang pasti desainnya dibikin instagaramable. Ini nomor wahid banget deh.

Keeksisan orang-orang sekarang dengan media sosial memang nggak bisa dipungkiri. Orang lebih memperhatikan feed instagramnya menjadi lebih rapi. Jadi wajar kalau sekarang orang lebih senang dengan tempat yang nggak hanya sekedar bisa nongkrong, makan, atau minum aja. Tapi juga mencari tempat yang layak untuk diupload. Haha kesannya ribet ya. But, this is ‘zaman’ now.

Instagramable dan homey

desain cafe sederhana
via https://www.mldspot.com/
  • Adanya lukisan, mural, lettering di dinding

Biasanya instagramable ini ditandai dengan adanya lukisan, mural, atau lettering di dinding-dinding. Dengan warna-warna yang menarik mata.

  • Pernak-pernik lucu

Lalu bisa juga dengan adanya pernak-pernik lucu yang memang sengaja disediakan pemilik untuk jadi properti bagi pengunjung yang ingin ambil foto.

  • Perabotan dari kayu

Nggak sampai situ, kebanyakan cafe sekarang menggunakan perabotan dari kayu. Kalau ini mungkin untuk membuat kesan natural ya. Kayak cafe dekat rumah saya yang semua perabotannya dari kayu. Ya meja, kursi, sampai lantai pun dibikin motif kayu.

  • Homey dan WIFI gratis
Hal-hal kayak gini bikin cafe sekarang jadi lebih unik sih. Apalagi kalau didesain dengan homey dan ada WIFI gratis, dijamin bakal banyak yang betah haha. Bisa ngapain aja serasa di rumah sendiri 😆

Kriteria lain yang tak boleh dilupakan

Tapi menurut saya, sebaiknya cafe juga nggak melupakan ini nih:

via Pixabay
  • ‌Ramah anak
Okelah, mungkin cafe memang didesain anak muda banget. Tapi nggak ada salahnya kan, kalau cafe juga dibikin ramah anak. Zaman sekarang kan banyak yang nikah muda, jadi ketika mereka punya anak dan masih mau makan di cafe, seenggaknya mereka masih dapat kenyamanan gitu 😜 Ya bisa aja dengan bikin playground kecil-kecilan. Dan yang paling penting adalah menyediakan kursi bayi. Karena yakinlah kursi bayi ini akan bikin orang tua lebih nyaman dan tenang untuk makan.
  • Toilet yang bersih
Cafe sudah kece, pas ke toilet whuaaa mau lari rasanya. Jangan ya! Dimana pun toilet ini adalah hal yang juga pertama dinilai. Seperti kata orang Jepang, kalau toilet bersih, biasanya seluruhnya akan bersih. So, toilet bersih adalah hal yang sama sekali tidak boleh dilupakan!
  • Mushola yang bersih dan nyaman
Dulu saya pernah ke cafe, musholanya nggak nyaman banget. Sempit dan kumuh. Sayang sekali dengan desain cafe yang sudah “wah” dari luar. Kadang kita ke cafe pada jam-jam dekat sholat, atau buka bersama di bulan puasa misalnya, nah tempat ibadah ini otomatis juga nggak boleh ketinggalan. Mushola yang bersih dan nyaman sangat bisa jadi nilai plus di mata pengunjung kan. Siapa tahu dengan adanya mushola nyaman, malah banyak orang yang tertarik ke cafe untuk sholat, sekalian nongkrong sebentar 😜
Nah sekiranya itu deh desain yang saya perhatikan dari cafe ‘zaman’ now dan kriteria yang tidak boleh dilupakan. Dari semuanya sebetulnya garis besarnya hanya satu, yaitu kenyamanan. Sudah pastilah orang mencari tempat apapun yang penting nyaman. Nyaman dari segi tempat, maupun pelayanannya. Dan yang nggak kalah penting adalah rasa makanan dan minuman yang enak di tempat tersebut. Jujur saya punya pengalaman kecewa banget dengan salah satu cafe yang pernah saya datangi. Padahal desainnya beneran oke deh. Tapi sayang, rasa makanannya hambar blas 😭 Saya pun memutuskan untuk nggak ke sana lagi. Kan sayang banget kalau begitu ya.
Kalau teman-teman sendiri, suka desain dan kriteria cafe yang gimana nih?😊

Ade Delina Putri

Blogger, Stay at Home Mom, Bookish,

Leave a Reply

Your email address will not be published.