Setelah menikah – mungkin karena kebiasaan di rumah kali ya – jadi bawaannya kalau keluar rumah itu bahagia aja. Bukan ke depan rumah doang ya. Tapi minimal ke minimarket naik motorlah sama suami. Haha jadi inget video emak-emak yang lagi viral 😂 Tapi ya saya juga merasakan sih kadang ibu rumah tangga (terutama) memang butuh hiburan. Makanya wisata murah bisa jadi alternatif hehe.

via Pixabay
Wisata murah tuh kayak gimana sih?

Ini nih wisata murah ala saya:

  • Jalan kaki atau bawa kendaraan sendiri

Jalan kaki berlaku untuk tempat-tempat wisata di dekat rumah. Ya kali di belakang rumah ada taman, ada pantai, ada sawah or anything yang berbau pemandangan. Atau mungkin rumahnya dekat museum, bisa jadi kan. Kalau begini sih cukup jalan kaki aja hehe. Selain sehat, juga murah 😁
Atau misal mau ke tempat agak jauhan dikit, bisa bawa motor atau mobil sendiri. Intinya dengan membawa kendaraan sendiri juga bisa menghemat biaya 😊

  • Bawa bekal sendiri

Next kita bisa bawa bekal sendiri dari rumah. Kalau niat masak sih ya lebih baik dan lebih enak memang bekal sendiri. Karena makanan di tempat umum itu kadang bisa jadi nggak cocok dengan lidah kita. 
Atau kita bisa beli makanan di tempat langganan yang terkenal murah misalnya untuk dibawa ke tempat liburan. Yang ini pernah saya lakukan pas liburan di Batu, Agustus tahun kemarin 😁
  • Wisata di taman-taman umum atau di tempat yang masuknya tidak perlu membayar mahal.

Banyak kan ya sekarang tempat-tempat wisata yang masuknya nggak perlu bayar. Biasanya kita hanya disuruh bayar parkir aja. Nah ini juga bisa jadi alternatif wisata yang murah meriah lho. Kayak taman atau alun-alun dekat rumah misalnya. 
Atau bolehlah kita ke tempat wisata yang untuk masuknya nggak perlu bayar mahal. Biasanya kisaran 10 sampai 20 ribu. Seperti museum, atau tempat wisata alam kayak pantai atau bukit-bukit. 
Piknik di tempat-tempat kayak tadi juga seru kok. Apalagi kalau bareng keluarga, bawa bekal sendiri, gelar tikar deh. Uh cakep. Wisata nggak perlu mahal kan yang penting kebersamaannya 😁

  • Tidak perlu naik wahana yang ada di tempat wisata tersebut.

Ini juga bisa jadi pertimbangan. Tunda dulu ya keinginan untuk naik wahana-wahana berbayar yang ada di dalam tempat wisata. Kan kita mau wisata murah, ya harus minim biaya dong. Kecuali kalau wahananya nggak bayar 😁 Sebagai gantinya kita bisa keliling dengan jalan kaki atau santai aja di tempat sembari menikmati pemandangan sambil makan makanan yang sudah kita bawa 😁
  • Berlibur dengan banyak orang. 

Sekarang banyak kayaknya yang model paket-paketan gitu. Jadi misal kita mau liburan, kalau bawa minimal 5 orang harganya bisa jadi murah. Ada juga yang minimal 10, 15, 20 orang, dan seterusnya. Ya tergantung tempat liburannya ya.
Biasanya semakin banyak orang yang kita bawa, harganya semakin murah.
Nah caranya bisa dengan kita ajak keluarga, sahabat, atau orang-orang terdekat. Atau bisa juga ajak mereka patungan 😁
  • Cari tiket promo

Sekarang bertebaran nih promo dimana-mana. Bolehlah kita merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Karena biasanya tiket-tiket promo bisa dipesan untuk 3 bulan berikutnya *CMIIW. Atau mungkin ada juga yang memang lagi masanya promo. Ya pintar-pintar saja cari tiket promo biar bisa liburan murah meriah 😁
Wah ternyata wisata murah itu bisa ya. Tinggal kitanya aja bisa melihat peluang. Kadang nggak perlu jauh-jauh atau mahal, tapi yang murah pun kalau mau, ada kok di sekeliling kita 😊
So, mau wisata murah kemana nih? 

16 thoughts on “Ini Nih Wisata Murah ala Saya”

  1. 1. Ke taman sama anak-anak
    2. Ke pasar, beli aneka jajanan pasar.
    3. Ke toko buku sama anak-anak naik angkot. Tapi jatuhnya jadi mahal kala anak-anak dah bawa buku pilihan masing-masing ke meja kasir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *